Powered By Blogger

Minggu, 20 November 2011

Kamis, 10 November 2011: oke! ready changers?! hahaha enggak puas nii kita hehe :p

Akhirnya hari ini datang juga! Walau sebenarnya masih kurang yakin kalau gw bisa. Tapi enggak ada waktu lagi untuk leha-leha lebih lama. Jujur pada pagi hari ini harusnya kalau sesuai dengan alarm yang sudah gw set itu.. Gw bangun pukul lima pagi. Tapi pada kenyataannya gw bangun pada pukul setengah lima kurang. Sama sekali enggak ada di dalam perkiraan gw kalau gw bisa bangun pagi. Lebih pagi dari apa yang direncanakan. Jadinya yaa karena gw bangun pagi. Langsung ingat pelatihan, gw sama sekali enggak bisa lakukan banyak hal. Hanya bisa di dalam hati ucapkan selamat pagi untuk Virgine. Setelah itu gw langsung sibuk dengan urusan persiapan diri untuk field pelatihan hari ini.

Jadi fasilitator. Oleh karena itu gw rasa gw perlu persiapan untuk bisa membawakan dan membuat hentakkan agar semua rangkian program pelatihan yang dilakukan bisa tetap berjalan dengan baik, lancar dan syukur-syukur membuahkan insight yang baik pula bagi para pesertanya. Jujur gw gugup pada pagi hari ini hehehe.. Begitu bangun dan selesai ucap salam, gw langsung keluar dari kamar. Masuk ke dalam kamar mandi dan langsung gebyar gebyur selama kurang lebih lima belas menit. Setelah itu gw langsung selesai dan masuk ke kamar untuk berganti pakaian. Sesuai dengan kesepakatan yang sudah ada kemarin.. Pada hari ini semua anggota kelompok akan mengenakan kemeja kotak-kotak. Masing-masing dari kami akan dipanggil dengan sebutan changers hahaha karena kami menggunakan biro pelatihan change sebagai nama panggung kami semua hehe.. Tapi jujur gw masih panik. Secara pribadi masih gugup. Takut kalau enggak bisa membuka pelatihan dengan baik. Sumpah takut banget. Pada akhirnya gw hanya bisa masuk ke dalam aneka persiapan perkuliahan pada hari ini hehehe..

Ganti pakaian, mempersiapkan semua yang harus dibawa, dan akhirnya enggak lupa untuk mencukur jenggot dan kumis. Sempat ucapkan selamat pagi sama dek Hana. Tapi enggak lama gw langsung keluar dari kamar. Gw langsung berdoa pagi. Masih tetap dengan perasaan yang sangat deg-deg-an. Gw masuk ke dalam keheningan. Besyukur untuk hari yang baru. Berdoa untuk Virgine semoga di sana dia baik-baik saja. Semoga dia juga dapatkan hari yang baik dan juga menyenangkan tak lupa juga doakan dek Hana best wishes untuk semuanya. Tapi semua itu gw lakukan dengan cepat. Karena pikir gw gw masih harus lakukan banyak persiapan. Masih harus lakukan banyak hal. Beruntung dengan bantuan nyokap, persiapan pagi ini bisa terlaksana dengan cepat hehehe.. Selesai doa, gw pamit dan dengan segera kenakan perlengkapan berkendara. Gw keluarkan motut dari rumah dan langsung saja tancap gas-nya hehe..

Beruntung banget karena hari ini gw bisa jalan dari pagi. Di pertangahn pukul enam saja gw sudah sampai separuh jalan hehehe dan yang ingin gw bagikan adalah keindahan suasana lalu lintas Jakarta pada pagi hari ini hahaha sangat-sangat sejuk dan lengang. Berkendara dengan cepat membuat angin yang bertiup mengenai badan dan itu terasa sangat dingin. Enggak tahu kenapa yang ada di dalam pikiran gw saat itu adalah Virgine. Apakah ada hubungannya kondisi dingin dengan Virgine hehehe yaa kalau mau dijelaskan mungkin ada. Karena mungkin saja dingin itu membuat gw ingat akan cuaca Korea dan Korea membuat gw ingat sama Virgine yang dicinta hehehe.. Yaah boleh dong yaa seingan dikala berkendara. Lagi pula memang cuma dia yang ada di pikiran gw. Sebenarnya kalau boleh meminta apa pun yaa gw ingin sekali bertemu Virgine. Agak sedikit obsesif sih.. Tapi yaa mau gimana lagi? Rindunya juga udah enggak mau diajak kompromi yaa sudah deh hehehe.. :p

Ahh sudah sudah! Ini lagi panik. Jangan menggalau dulu yaa Nas hehehe.. Iyaa iyaa itu juga cuma seklias kok Nas *monolog* hehe dan akhirnya dengan segera gw bisa sampai di kampus. Puji Tuhan bisa sampai di kampus dengan selamat. Langsung masuk ke dalam parkiran dan huahahaha surga! Sangat surga! Parkiran yang biasanya gw harus kelilingi dulu itu.. Pada pagi hari ini masih sangat lengang. Motor yang parkir di sana bisa dihitung dengan jari hahaha jadinya gw mau parkir dimana pun juga jadi. Sama sekali enggak masalah. Maka dari itu dengan segera gw langsung masuk ke dalam tetek bengek parkir memarkir. Selesai dan dengan segera gw langsung bergegas masuk ke dalam bangunan utama kampus. Yang ingin gw capai adalah dengan segera masuk ke dalam kelas memulai segala bentuk persiapan. Tapi saat sampai di depan ruang kelas. Saat itu sangat enggak disangka kalau pada kenyataannya kelasnya masih ada di dalam keadaan terkunci hahaha padahal gw harus siapkan segala sesuatunya.

Maka dari itu enggak pakai lama, gw langsung mencoba mencari OB yang bertugas. Setengah mati gw keliling gedung BKS. Mencari di mana gerangan OB berada. Setelah ketemu dengan nada meminta dengan sangat, gw harap OB ini membuka ruang kelas yang akan dipakai sebagai ruangan pelatihan pada pagi hari ini hehehe.. Dengan segera, begitu ruang kelas dibuka. Ibarat kata nara pidana yang sangat menginginkan kebebasan dan diberikan.. Gw kira-kira seperti itu. Langsung dengan liar memulai persiapan segala macam instrumen pelatihan. Gw mulai dari perubahan tata letak kursi dan pada akhirnya gw langsung masuk ke dalam tahap persiapan seorang diri. Yang lain belum ada yang datang. Sama sekali belum ada yang muncul gw enggak lantas menunggu lebih lama. Lebih baik gw masuk ke dalam persiapan ini seorang diri. Enggak lama berselang Dewi pun datang. Kami bersiap berdua. Setelah itu enggak lama berselang lagi semua anggota kelompok datang. Memulai semua persiapan sampai akhirnya beberapa detik menjelang pelatihan dimulai, gw jujur masih gugup. Di dalam hati gw hanya bisa katakan, "aduuh sayang aku gugup banget ini.. Aku mohon dukungan semangat yaa". Ajaib seperti kekuatan magis, gw menjadi tenang seketika setelah ucapkan kalimat tadi hehehe..

Akhirnya setelah gw siap, baru gw yakin untuk katakan mulai pada semua teman. Katakan untuk dengan segera mempersilakan para peserta masuk ke dalam ruang pelatihan. Dengan iringan musik jadinya gw mencoba membuat pembukaan dan penyambutan ini semarak. Untuk pertama kalinya. Selama gw kuliah, gw lantas berjoget di dalam kelas hahaha gw sendiri sudah tekankan diri sama gw supaya gw all out. Hahaha pada akhirnya dengan sapaan yang ramah dan meriah gw sapa semuanya. Gw coba berkomunikasi sebaik mungkin. Gw mulai dengan perkenalan tentang change, penjelasan tema pelatihan, masuk ke dalam sesi hope & worries, setelah itu bagian gw berakhir di bagian games perkenalan hahahaha sangat menyenangkan. Juju sekali lega. Karena gw bisa dengan cukup baik bangkitkan euphoria dalam pelatihan ini. Ternyata gw bisa untuk jadi fasilitator hahaha sangat menyenangkan dan jujur bangga sama diri sendiri. Sekarang tiba giliran bagi changers yang lain untuk menunjukkan kemampuannya menjadi fasilitator di setiap sesi yang berbeda hahaha.. Huuufftt lega sangat. Rasanya itu begitu huaaaah seperti tadi kalau mau dikatakan gw membawa banyak beban yang berat dan sekarang beban itu sudah tidak ada. Karena selesai membawakan sesi jatah gw itu rasanya seperti membuang semua beban berat tadi itu dari puncak tebing ke dalam laut hahaha plong! Sumpah sangat plong!

Semua kegugupan dan ketidak yakinan yang ada di dalam diri itu kini sudah sirna hehehe.. Pada akhirnya sekarang mungkin teman-teman yang lain yang ingin rasakan semua ini hehe.. Karena kan sudah gantian hehe :p sekarang gw hanya berperan sebagai pembangkit suasana dengan jadi seorang DJ hahaha jadinya gw masuk ke dalam agenda pemutaran musik. Memutar di saat yang tepat dan mengakhiri juga dengan tepat hehehe.. Enggak sangka kalau semua pengalaman di YPB bisa gw terapkan secara nyata di sini hehehe.. Terima kasih untuk YPB hehe.. Dengan segera pelatihan pun berjalan dengan lancar. Semua sesinya. Sampai pada akhirnya di penhujung sesi. Dnegan sangat terpaksa semua pelatihan ini harus diakhiri. Karena keterbatasan waktu yang ada. Masalahnya ruangan kelas yang sedang dipakai ini bukanlah ruangan kelas yang ekslusif. Banyak kegiatan kuliah lain yang harus dilakukan di kelas ini juga. Ini saja sudah memotong beberapa puluh menit jam kuliah mahasiswa yang lain. Yaa sudah deh.. Jadinya mau enggak mau kami harus akhiri semua pelatihan ini dan di akhir semua tampak terkesan terburu-buru. Begitu juga dengan saat membereskan ruangan. Padahal dari awal berlangsung dengan baik. Tapi pada akhirnya kami malah dapatkan penutup pelatihan macam ini. Jujur kami semua kecewa. Semoga saja semua ini tidak berujung pada buruknya nilai kami. Karena hitungannya kan ini akan jadi nilai bagi mata kuliah pelatihan.

Tapi bukan hanya masalah nilai saja sih. Kepuasan diri secara pribadi pun jadi berkurang. Lantas kami utarakan ketidak puasan kami kepada dosen. Beruntung dosennya mengerti. Yaa kami juga enggak lantas salahkan dosen sih. Karena memang pelatihan kami ini didesain untuk waktu yang lama. Tapi karena keterbatasan waktu penggunaan ruang, pelatihan tidak dapat berlangsung secara efektif. Gw hanya bisa mencoba terima semua fakta ini dengan lapang dada. Karena pada akhirnya yaa sudah selesai saja sudah beruntung sih. Tapi yaa tetap saja kurang puas. Tapi pada akhirnya kami semua rasakan lelah yang sama hehehe.. Kerja keras kami selesai sudah hehehe.. Siang ini kami masuk ke dalam sesi break. Kami putuskan untuk santap siang dan akhirnya gw langsung santap siang bersama dengan seluruh teman satu perjuangan hahaha dan sambil makan, kami sambil menunggu dimulainya lanjutan perkulihan hari ini, kami langsung share perasaan masing-masing. Benar memang kami kecewa. Kurang lega. Tapi kami puas sudah bisa konsepkan yang terbaik. Sudah bisa menjadi permulaan rangkaian pelatihan. Semoga bisa menjadi contoh yang baik bagi kelompok yang lainnya. Kami berbincang dan akhirnya sekitar pukul setengah 12, kami lanjutkan kuliah dengan kelas kedua. Karena tadi praktek pelatihan itu hitungannya yaa kelas pelatihan. Maka dari itu waktunya terbatas hehe..

Menunggu sebentar, sambil makan siang dan akhirnya kelas kedua pada siang hari ini pun dimulai. Walau harus agak dimulai dengan terlambat, untuk saat ini rasanya gw mensyukuri adanya konsep terlambat di dalam kehidupan. Karena dosennya datang telat.. Jadinya gw masih punya lebih banyak waktu untuk bisa berkutat dengan diri sendiri. Beristirahat dari lelahnya praktek pelatihan yang belum lama usai tadi hehe.. Dosen datang dan kami semua juga masuk ke dalam kelas. Duduk di bagian belakang dan akhirnya gw langsung masuk ke dalam permulaan kelas hari ini. Kelas awal bagi permulaan langkah akademis gw di bidang peminatan industri dan organisasi. Kelas PIO dan pada pertemuan kali ini dibuka dengan pembagian nilai UTS hahaha UTS yang gw pelajari semalam suntuk sama dek Hana dan teman-teman, sampai pindah lokasi dari foodcourt ke Mc. D hahaha dan hasil berlelah-lelah itu sama sekali tidak mengecewakan. Gw sendiri tahu kalau persiapannya kurang optimal. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan. Jadi gw rasa nilai 67 untuk UTS PIO adalah permulaan yang baik. Buat gw enggak apa. Karena sebagai orang yang tidak terlampau terikat dengan urusan akademik, gw enggak punya standard nilai pribadi. Samain ajalah yaa sama fakultas punya hahaha :p setelah itu kelas PIO pun mulai masuk ke dalam agenda utama perkuliahannya hehehe.. Tadinya sih gw pikir akan kembali diskusi seperti macam minggu lalu.

Tapi kenyataannya tidak hahaha hari ini ada materi yang baru. Senang sekali gw setiap kali dapat materi yang baru, niat untuk mengikuti perkuliahan itu pun sangat baik. Karena merasa perlu tahu hal yang baru maka dari itu gw eager untuk involve dengan baik hehe.. Sebenarnya kuliah PIO itu terhitung lama. Karena terkena dampak perubahan kurikulum. Jadinya yaa gw mau enggak mau harus tetap stay di kelas sekali pun lama hehehe.. Tapi untuk hari ini kuliah yang lama ternyata bisa berlalu dengan cepat. Karena gw sangat senang dengan materi kuliah hari ini, jadinya gw sangat interest dan waktu kelas yang seharusnya lama itu berlalu dengan cepat. Jadinya gw juga bisa dengan segera lanjutkan hari dengan kegiatan yang lain hehehe.. Tapi karena ini kelas yang panjang maka didapatlah break dalam kelas PIO hari ini. Maka enggak pakai lama gw manfaatkan break untuk urus peminjaman ruang hahaha orang lain kalo break mah makan, santai-santai. Yaah gitu-gitu deh. Tapi gw? Hahaha kerja terus. Gw break itu cuma kalo di rumah. Itu juga jadinya denial dengan tugas kuliah hehe :p

Akhirnya sekitar pukul tiga sore hari ini kelas pun selesai. Itu tandanya adalah gw sudah enggak punya kepentingan lagi di kampus. Tadinya gw berpikir ingin langsung pulang, karena memang sudah enggak punya kerjaan jadinya yaa sudah. Gw langsung masuk ke dalam parkiran. Dengan segera bersiap untuk pulang. Saat ingin tancap gas, tiba-tiba saja Ds teman ngontes gw itu mendatangi gw. Dia meminta gw supaya hari senin mendatang sebisa mungkin gw ready untuk kerja rodi kontes hahaha aduuuh bilang di hari minggu aja please!! Tapi karena gw bukan orang yang terlalu permasalahkan masalah macam ini, jadinya yaa gw iya iya saja hehe.. Pada akhirnya gw tetap lanjut pulang. Langsung ngebut dan enggak pakai lama langsung jalan pulang ke rumah. Jalanan enggak macet, jadinya bisa dengan segera sampai di rumah. Begitu sampai di rumah gw langsung masuk ke dalam rumah dan langsung masuk ke dalam kamar berganti pakaian dan kemudian rebahkan diri di atas ranjang.

Dengan segera gw lanjutkan me time yang sydah terhutang semenjak kemarin. Langsung saja ketak ketik dan akhirnya gw masuk ke dalam me time. Tadinya sih gw fokus. Sampai suatu saat, saat sedang asyik-asyiknya gw me time. Tiba-tiba saja ada sms masuk ke dalam smartphone gw. Saat gw buka arrgghh mau teriak rasanya. Saat sedang asyik me time. Reminder tentang tugas kuliah pun mengusik hahaha sumpah kalau gw ini orang kaya sudah langsung gw banting smartphone gw hahaha tapi enggak gw lakukan karena gw sadar kenyataan hehe.. Dengan segera gw langsung bersiap untuk kerja tugas. Tapi sebelum mulai kerja tugas, gw coba untuk buang uneg-uneg ini. Gw chat dek Hana. Hanya katakan kalau gw kesal. Enggak meminta banyak tanggapan. Pada akhirnya gw langsung lanjut dengan kerja tugas karena sekarang gw juga sudah merasa lebih lega hehe.. Terkadang memang gw enggak butuh tanggapan. Hanya ingin didengarkan dengan baik dan itu bisa jadi lebih melegakan.

Pada akhirnya gw pun langsung kerja tugas. Tapi enggak tahu kenapa.. Tampaknya untuk kerjakan tugas yang satu ini gw itu rasanya sangat malas. Sumpah! Malas semalas-malasnya. Enggak tahu kenapa. Apa mungkin karena hari ini gw sudah terlampau lelah yaa? Enggak tahu juga. Adanya yang gw lakukan di awal itu malah lakukan random browsing. Googling dan malah mencari-cari selingan. Niatnya mau selesaikan dan kerjakan. Tapi apa mau dikata? Niat itu ternyata datang belakangan. Saat hari sudah malam dan hampir larut malam, gw baru niat untuk kerja tugas. Alhasil yaa gw kerja dengan agak terkantuk-kantuk. Tapi itu gw akui gw tetap semangat hehe walau ngantuk :p akhirnya sampai kurang lebih pukul setengah sepuluh kurang pada malam ini, tugas gw selesai.

Sebenarnya ini tugas kelompok tapi masing-masing anggota sudah dapat jatahnya. Jadi gw kerjakan tugas bagian gw. Selesai dan langsung gw kirim via e-mail ke teman gw yang dapat tugas untuk resume dan compile. pada akhirnya gw langsung selesai dengan agenda nugas pada malam hari ini. Sekarang sudah pukul sepuluh kurang. Gw sama sekali enggak tahu harus lakukan apa lagi. Karena sudah enggak ada kegiatan lagi. Dari pada jadi mikir yang macem-macem. Dari pada gw tertekan oleh perasaan. Gw juga udah lumayan capek. Pada akhirnya gw putuskan untuk langsung akhiri hari. Gw putuskan untuk segera tidur. Biarlah hutang me time yang ada gw cicil besok hehehe.. Dengan segera di dalam hati ucapkan selamat malam untuk Virgine. Iseng sumpah ini iseng. Gw cium foto Virgine yang ada di dalam slide show layar netbook. Baru setelah itu gw shut down Hani dan enggak lama berselang gw pun segera tidur hehehe selesai sudah perjalanan hidup gw untuk hari ini hehehe :)

Hehe hari yang sangat sangat melelahkan. Tapi enggak apa. Dari pengalaman ini gw kembali dapatkan kesempatan untuk kembali lakukan kerja keras guna mencapai hasil yang bisa dibilang secara pribadi sampai pada tahap puas. Senang sekali rasanya hari ini. Walau jujur agak kecewa karena pelatihan yang sudah direnacanakan dengan matang. Dengan sangat terpaksa harus diakhiri dengan cepat dan yakin dengan pasti peserta enggak akan dapatkan apa-apa. Padahal gw sudah bertekad. Pelatihan ini harus tepat guna bukan hanya untuk kejar nilai semata hehe.. Yaa sudahlah.. Di balik satu kekecewaan ada seribu keceriaan yang terjadi di sepanjang hari ini kok. Jadi yaa tak apa. Dengan adanya kecewa, seseorang belajar untuk bisa lebih hargai bahagia. Walau pun bentuk bahagia itu sederhana hehe.. Terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk keselamatan diri. Untuk rasa ragu dan gugup yang sirna dalam sekejap. Untuk pengalaman menjadi seorang fasilitator. Untuk kekecewaan yang membuat hidup ini seimbang. Untuk kesadaran mengenai bahaya terkait dengan perasaan dan uneg-uneg yang dipendam. Untuk niat dan upaya yang kuat untuk sukseskan praktek pelatihan amatir ini. Banyak yaa? Hehe.. Terima kasih juga untuk semua orang, keluarga, teman-teman, sahabat, dan adek-adek angkat gw. Enggak ada yang hadir secara spesifik pada hari ini. Tapi kalian semua yang membuat hari gw jadi seperti ini. Tanpa kalian.. Mungkin hari ini enggak akan seperti ini adanya hehehe makasi yaa makasi makasi makasi hehehe :)

Dan buat Virgine... Enggak tahu harus bilang apa. Aku rasa terima kasih saja enggak cukup untuk gambarkan betapa aku bersyukur bisa tetap jatuh cinta dan sayang sama kamu sampai dengan hari ini. Ucapan random yang aku nyatakan di dalam hati. Katakan pada kamu kalau aku gugup dan pada akhirnya hilang dalam sekejap itu terjadi dengan proses yang tidak bisa dinalar secara logis. Sepertinya kamu berikan semangat. Karena di dalam hati aku merasa demikian. Makasi banget untuk sugesti positif ini. Sehingga pengalaman pertama menjadi fasilitator di hari menjadi sebuah pengalaman yang kaya akan makna. Terima kasih sekali lagi terima kasih. Aku harap kamu baik-baik saja. Semoga kamu dapatkan hari yang menyenangkan dan juga penuh dengan kebaikkan. Atas apa yang aku alami pada hari ini. Sebuah keyakinan tetap aku tegakkan dan aku pegang dengan sungguh: tetap sayang kamu. Sampai kita bertemu akan selalu merindu. Ayang take care yaa! tetap ceria dan tetaplah bahagia kamu di sana. Aku di sini akan terus dukung upaya mu menggapai mimpi dengan doa. Sepertinya besok aku akan lakukan hal yang sudah lama tak aku lakukan hehe.. Sampai jumpa lagi si suatu saat nanti. Saat yang tepat. Hehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar