Powered By Blogger

Selasa, 08 November 2011

Jumat, 28 Oktober 2011: puncak dag dig dug-nya itu yaa hari ini hahaha cuacanya bermain! (>.<)

Kemarin sudah tidur malam yaa.. Gw enggk punya cukup waktu juga untuk tidur. Tapi pagi ini tugas untuk dikerjakan sudah menanti. Sekitar pukul setengah lima pagi hari ini, Gilbert yang bertugas sebagai seorang cofas siswa pada pelatihan batch ini mempunyai jobdesc untuk membangunkan semua peserta beserta panitia, agar pelatihan bisa berjalan sesuai dengan jadwal. Oleh karena itu gw kena imbasnya. Dengan segera gw pun enggak luput dari agenda kerjanya. Gw dibangunkan. Walau hanya panggil nama, sontak gw kaget dan bertanya. Ternyata memang saat ini pelatihan kedua sudah harus dimulai. Maka dari itu gw putuskan untuk segera sadar. Memaksa diri untuk sadar dan akhirnya membuat gw bergerak sendiri pada pagi ini. Ada pun agenda pelatihan pagi yang harus gw siapkan hari ini adalah semua peralatan yang mendukung acara senam pagi.

Dengan segera gw bangun dan mengambil semua peralatan yang telah gw siapkan malam sebelumnya. Tinggal ambil sepaket dan dengan segera gw menuju ke lokasi pemasangan peralatan. Ada peralatan penunjang tambahan yang harus gw ambil dari ruang pelatihan guru, maka dari itu gw ambil juga perlengkapan penunjang itu. Segera setelah itu gw mencoba merangkai semia perlengkapan itu menjadi sebuah alat pemutar musik dengan suara yang lumayan membahana. Amplifier sederhana yang disediakan oleh pihak YPB membantu pemutar musik untuk mengeluarkan musik dengan volume yang lebih keras lagi. Karena volume musik utama hanya bersumber dari daya laptop, gw pikir ini enggak akan cukup. Jadi yaa gw perlu tambahan daya pengeras suara. Yaa singkay kata... Gw sih mencoba membuat DJ corner pemutar musik pengiring senam. Setelah siap, peserta pelatihan pun senam. Siapa operatornya? Yaa gw juga. Karena para pendamping kelompok harus mendampingi kelompoknya senam. Begitu juga yang lain. Masing-masing sudah punya tugasnya masing-masing dan gw rasa kalau tugas ini adalah tugas gw yang memang harus gw tunaikan hehehe.. Sebagai seorang koordinator SS memang terkadang gw enggak lantas bisa gerakkan semua anggota. Gw tahu itu enggak mudah. Jauh lebih mudah untuk gerakkan diri sendiri. Maka dari itu enggak apa pagi ini gw kerja sendiri hehe..

Lagi pula hari ini enggak akan ada yang enggak kerja kok. Semuanya akan kerja. Karena buat SS hari kedia pelatihan SD ini adalah hari puncak persiapan. Dimana selain ada aktivitas pelatihan luar ruangan, juga akan diadakan aktivitas pentas karya seni daur ulang. Kalau melihat di modul... Perlatan yang harus disiapkan itu enggak sedikit. Maka dari itu selesai senam, gw langsung cabut balik ke rumah SS. Dengan segera gw bangunkan semua anggota SS yang lain. Eto dan Aloi, gw bangun kan dengan yaa enggak terlampau buru-buru. Bangunkan dengan cara yang biasa. Mengingatkan sama mereka kalau yang harus dikerjakan hari ini itu banyak. Gw coba jelaskan satu demi satu dan akhirnya gw langsung melihat tampaknya mereka pun merasa mempunyai tanggung jawab. Jadinya dengan segera, setelah gw lihat mereka bangun gw langsung cabut ke luar. Gw coba untuk lihat semua perlengkapan yang harus disiapkan. Target pencapaian pada pagi hari ini adalah untuk mempersiapkan semua perlengkapan permaianan outdoor dengan tepat waktu. Beruntung sangat semua perlengkapan sudah disiapkan. tinggal menuju lokasoi membuat set-nya sesuai dengan apa yang tertera di dalam modul. Maka dari itu, dengan segera kami gerak cepat. Kami coba untuk memulai menempatkan semua perlangkapan permainan sesuai denwgan lokasinya masing-masing. Setelah itu membuat set-nya. Tadinya sih diperkirakan kalai permaianan outdoor ini akan dimulai pada pertengahan pagi. Tapi dugaan kami salah. Karena hari ini mayoritas peserta harus ikuti shalat jumat jadinya waktu mulai aktivitas pelatihan luar ruangan dimajukan menjadi lebih pagi.

Ketar ketir? Yaa mungkin saja iyaa karena gw merasa kalau sebagai koordinator itu kepanikkan memang meningkat lebih dari biasanya. Tapi melihat kinerja semua anggota SS yang membantu gw, gw sama sekali enggak takut kalau nanti akan menjadi keteteran atau malah enggak selesai. Karena kerja mereka begitu cepat. Lantas secara instan gw mencoba mengimitasi perilaku mereka. Gw juga kerja dengan cepat. Tapi gw sama sekali enggak menambah tempo. Hanya mencoba menyamakan. Sebenarnya kalau mau bekerja dengan lebih cepat itu yaa gw sih sanggup-sanggup saja hahahaha *sombong banget lu! Hahahaha :p* hahaha akhirnya karena kinerja yang cepat dari SS, pelatihan hari kedua ini tetap bisa berjalan sesuai dengan jadwal dan rundown yang sudah ditetapkan. Ada perasaan lega dan juga bangga karena semua ini bisa berjalan dengan lancar. Enggak ada hambatan yang berati. Sekarang hanya tinggal pasrahkan semua pelaksaan pelatihan sama Yang Empunya kehidupan. Semoga saja diberkati hehehe.. Selesai dengan pemasangan semua perlatan sesuai dengan set yang telah ditetapkan, kami lantas break ambil nafas selama beberapa saat. Kembali kumpulkan tenaga untuk bisa kembali berkativitas dan involve dengan performa terbaik yang bisa dimiliki oleh seorang SS hehehe.. Hanya sebentar kami break. Setelah itu harus dengan segera involve dalam jalannya aktivitas pelatihan di luar ruangan.

Selain mempersiapkan semua perlengkapan untuk permainan outdoor, SS juga dimintai bantuan untuk menjaga pos-pos permainan tersebut. Setiap pos dijaga oleh satu orang SS dan satu orang panitia lain. Untungnya.. Yang bertugas untuk membawakan instruksi permainan bukanlah SS. Tapi penjaga pos yang primer. Tugas SS selama permainan outdoor berlangsung adalah membantu seseorang penjaga pos utama. Terlebih lagi sih membantu menjaga kelangkapan dan kondisi peralatan yang digunakan. Kebetulan gw dapat bagian jaga di pos pramida makanan. Jadinya dengan segera gw bisa langsung memutuskan peran apa yang bisa gw ambil sebagai seorang penjaga pos sekunder. Gw berperan sebagai seorang penjaga bola. Berada di luar lapangan. Karena perhitungan gw... Anak-anak yang akan bermain games ini akan cenderung heboh dan melempar dengan sangat tidak beraturan; dan ternyata memang benar. Anak-anak perserta pelatihan itu melempar dengan sangat tidak beraturan dengan segera gw yaa agak dibuat kelabakkan. Beruntung bola yang digunakan untuk melempar adalah bola ringan sejenis ping pong. Jadinya yaa enggak gitu membuat gw kewalahan. Setiap ada yang keluar gw masikkan. Begitu teris gw lakukan sampai kurang lebih siang hari. Intinya sih setiap pos hanya akan dimainkan selama empat kali. Tapi itu juga kan yaa makan waktu. Jadi... Capek hehehe :p

Tapi ada satu kendala yang terjadi di luar kendali gw pada saat pelatihan luar ruangan hari ini berlangsung. Seperti yang sudah gw katakan di caption hari ini di bagian atas entri ini, gw mencoba untuk perhatikan dengan seksama pergerakan dan perubahan cuaca yang terjadi. Bukan karena gw ini takut akan terjadi perubahan cuaca yang ekstrim. Tapi lebih karena gw takut kalau nanti properti yang gw gunakan dalam pos piramida makanan ini rusak. Mengingat material penyusunnya tidak tahan dengan air. Jadinya yaa sudah dengan segera gw mencoba untuk memperhatikan dengan seksama, dan hal yang gw takutkan terjadi. Mendadak apa langit menjadi mendung. Enggak ada tanda tambahan apa pun dan gerimis pun turun. Jujur gw panik. Gw merasa kalau semua ini harus ditanganui dengan cepat. Padahal pada saat memasang tadi gw hati-hati. Tapi pada saat ini gw panik. Yang bisa gw lakukan adalah dengan cara apa pun bisa dengan segera membongkar semua perlengkapan yang digunakan untuk membuat piramida makanan di pos ini. Menyelamatkan semua materi yang tidak tahan air terlebih dahulu dan akhirnya memutuskan untuk mencopot susunan pramida dengan cepat. Bukan hanya gw yang panik. Tapi seluruh panitia kecuali pendamping kelompok pun tampak panik, karena gerimis terus aja turun.

Sampai pada akhirnya PIC pelatihan batch ini mengumumkan bahwa permainan akan tetap berlanjut hanya saja dengan menggunakan plan B. Menjadikan lingkup permainan yang tadinya luar ruangan menjadi lingkup dalam ruangan. Tadinya mau begitu. Tapi pada kenyataannya enggak jadi, karena di luar dugaan yaaa... Gerimisnya berhenti seketika. Enggak ada sama sekali penurunan volume. Beetts! Langsung berhenti dan jadinya plan B batal untuk dilakukan. Tapi untuk memasang tiga set piramida ke dalam tempat yang semestinya itu butuh waktu. Jadi gw putuskan untuk membuat piramida datar dengan meletakkannya di permukaan lapangan. Tapi tidak mengikatnya di pagar lapangan. Beruntung karena keputusan gw itu tepat. Permainan bisa tetap berlanjut sesuai dengan jadwal dan akhirnya secara keseluruhan permainan bisa selesai dengan tepat waktu hehehe.. Juga sudah sempat disela dengan adanya waktu break untuk santap snack. Tapi semua itu tetap on schedule hehehehe senangnya karena puncak hectic untuk SS itu sudah lewat hehehe sekarang tiba saatnya bagi gw untuk bisa sedikit leha-leha. Tapi gw enggak lantas leha-leha. Gw langsung masuk ke saat untuk merenungkan perjalanan sepanjang pelatihan berlangsung. Karena gw ingat sebagai koordinator gw dapat tugas untuk membuat laporan jalannya pelatihan per hari. Bukan hal yang sulit bagi gw. Karena sudah terbiasa me time dan akhirnya yaa bisa dikatakan gw drafting deh hehehe tapi bukan me time. Ini beda konteks hehehe

Bagus banget karena breaknya lebih lama dari yang gw perkirakan. Gw sendiri sih sudah enggak lakukan apa-apa lagi. Karena gw sendiri juga kan merasa mulai capek tuh. Jadinya gw pikir rebahan di atas kasur itu akan sangat nyaman. Tapi enggak semua SS sepaham dengan gw. Ada juga yang memutuskan untuk lanjut kerja. Setiap anggota SS pada batch ini tampaknya punya mastery-nya masing-masing. Jadi gw pikir yaa kalau mastery itu dilarang kayaknya enggak etis banget yaa hehehe.. Jadinya yaa akhirnya gw langsung diamkan saja. Gw tetap rebahkan diri. Sementara satu rekan sudah sibuk dengan urusan arsip data siswa guna membuat sertifikat yang kelak akan diberikan pada hari akhir pelatihan hehehe yaa sudah gw enggak ambil pusing. Gw malah terima kasih karena inisiatif semua orang di dalam jabatan SS ini adalah tinggi adanya hehehe dengan segera gw rebahkan. Tapi kayaknya enggak lama setelah itu gw tertidur deh hehehe.. Ingat banget gw soalnya begitu bangun gw melihat perubahan dengan kondisi sekitar hehehe.. Begitu bangun sudah ada beberapa sertifikat yang sudah selesai dan akhirnya gw langsung membungkusnya dengan plastik pembungkus. Hanya lakukan itu secara perlahan namun pasti dan akhirnya gw sama sekali enggak terganggu gugat. Sudah macamnya me time. Tapi ini menyampul sertifikat hahahaha rasanya gw itu asyik sendiri. Menyampul menyegel kemudian menyusun sertifikat yang ada hahahaha sampai akhirnya sekitar pukul setengah empat sore gw selesai dengan urusan sertifikat.

Sekarang gw dapati break dan tiba giliran bagi Eto untuk bayar hutang dengan partisipasi kerjanya di dalam acara pesta raya. Dengan segera gw dan Aloi bersantai di bungalow (rumah SS) dalam hitungan menit kami berdua bercanda dan berbagi cerita. Pada akhirnya gw langsung kembali rebahkan diri di atas kasur. Di susul dengan Aloi di kasur yang lain. Gw sendiri sekarang bermain Angry bird di dalam McBookAir-nya Aloi hahaha heboh sendiri gitu. Panitia lain yang lalu lalang enggak gw pedulikan. Karena kegiatan inilah waktu pada sore hari ini pun berlalu dengan cepat. Sampai akhirnya sekitar pukul setengah 7 hujan deras pun turun. Jahat sih memang. Tapi saat mengetahui hujan turun, gw berdoa semoga hujan ini adalah hujan yang awet. Karena kalau hujan otomatis enggak ada acara api unggun. Jadinya bisa lebih dengan segera tutup agenda kerja pada hari ini. Dan benar enggak tahu Yang Di atas itu sejalan sama gw atau enggak tapi yang jelas hujannya memang awet hahaha.. Mau makan malam saja harus melipir di koridor jalan pelan-pelan dan baru bisa sampai di ruang makan hahaha lucunya adalah di saat hujan ini air rumah SS mendadak mati. Gw enggak tahu pasti kenapa. Tapi nanti pasti akan gw cek. Karena jujur untuk urusan teknis crucial macam ini gw itu super kepo hahahaha gw makan sama rekan-rekan SS yang lain dan akhirnya bisa dengan segera selesai dan kembali singgah di dalam rumah SS.

Masih hujan. Tapi gw gregetan karena air mendadak mati. Akhirnya di dalam hujan yang lumayan deras. Ditemani oleh Aloi gw mencoba mencari sumber masalah yang menyebabkan air mati. Setelah berkeliling sekitar rumah, gw dapati sebuah keran yang gw duga adalah sumber dari aliran air di rumah SS. Karena gw kepo, gw putuskan untuk melihat dam membuka tutup keran tersebut. Benar saja.. Ternyata pada akhirnya gw dapati aliran air yang tidak mengalir. Meteran air yang harusnya berputar tertahan dan tidak bergerak. Simple sih. Gw coba untuk putar kerannya dan dengan segera gw langsung dapati air mengalir. Meteran yang dengan segera berputar. Kembali pada fungsi semula hahahaha senang banget gw bisa membuat air kembali mengalir. Akhirnya gw kembali ke dalam rumah SS dan hehe sedari tadi sudah nahan boker. Jadinya gw langsung lari ke dalam kamar mandi dan setoran hahaha.. Enggak lama gw boker, gw selesai dan sekarang tinggal menunggu datangnya waktu evaluasi. Sambil menunggu yaa gw coba cek lagi semua sertifikat yang tadi sudah tercetak. Takut kalau sampai ada yang salah hehehe.. Untungnya tidak. Yaah puji Tuhan deh kalau begitu hehe :p

Menunggu beberapa puluh menit sambil bercakap-cakap dengan semua panitia yang lalu lalang keluar masuk ke rumah SS. Sampai akhirnya kami selesai dengan perbincangan di dalam rumah. Saat PIC memutuskan untuk dengan segera pindah lokasi ke dalam aula. Kami lakukan evaluasi bersama untuk menutup jalannya pelatihan hari kedua ini. Puji Tuhan enggak seperti kemarin yaa, gw sama sekali enggak dapat serangan yang berarti. Gw malah bisa dengan leluasa berbangga hati karena kerja SS pada hari ini sangat baik. Selain itu semua persiapan untuk pelatihan hari ketiga juga sudah disiapkan. Jadinya gw bisa dengan segera berleha-leha untuk besok. Paling tidak gw hanya perlu untuk membuat set-nya saja. Tidak lantas memulai persiapannya dari nol hahahaha.. Karena hari ini baik dari segi jalannya pelatihan... Jadi sama sekali enggak memakan waktu yang banyak untuk lakukan proses evaluasi. Sekitar jam sebelas malam evaluasi selesai. Dengan segera masih tetap di dalam aula, gw dan rekan SS yang lain langsung melakukan loading container kelompok untuk perlengkapan pelatihan esok hari. Setelah itu gw kembali ke dalam rumah. Langsung masuk kamar. Bruuughhh! Banting diri di atas ranjang dan tidur hahahaha hujan yang awet hari ini membuat gw sesaat ingat Virgine hehe.. :p

Hari kedua yang tadinya ditakutkan akan membuahkan hasil yang buruk ternyata tidak terbukti yaa hahaha banyak sekali anugerah Yang Kuasa melalui hal-hal yang sederhana. Ada juga sih candaan dari Sang Mahacuaca yang pada akhirnya membuat gw sempat kalang kabut selama beberapa saat hehehe.. Tapi semuanya hanya bersifat sementara dan enggak berlangsung lama. Pelatihan hari kedua sukses! Bukan hanya karena gw. Tapi juga karena memang semua panitia pelaksaan batch ini punya will yang besar untuk bisa membuat pelatihan ini sukses hehehe.. Terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk bangun pagi. Untuk skema yang ada di otak sehingga bisa dengan segera set laptop dan sound saat senam pagi. Untuk kelancaran pelatihan hari ini. Untuk hujan yang tertahan untuk mengalir dengan deras pada saat sesi outdoor. Untuk hujan deras yang mengalir di malam hari sehingga enggak ada api unggun, itu meringankan kerja gw hahahaha.. Terima kasih juga untuk semua orang, teman-teman, sahabat, dan adek-adek angkat gw yang hadir pada hari ini. Terima kasih untuk rekan-rekan kerja gw. Karena kalian pelatihan dari segi SS sukses besar! Hahaha kerja kalian memang luar biasa. Walau kadang kalian malas. Tapi saat sudah diajukan dengan komitmen.. Gw bisa berikan empat jempol deh sama kalian hahaha tambah dua jempol kaki. Tetap menghargai itu walau agak-agak bau cumi hahahaha :p makasi yaa hehe..

Dan buat Virgine... Mungkin hari ini aku memang sibuk. Mungkin aku enggak sempat untuk doakan kamu. Tapi aku makasi karena saat hujan sore hingga malam hari ini itu, aku bisa sampai pada saat dimana aku hanyut dengan suasana dan akhirnya yang ada di dalam pikiran aku itu yaa kamu. Aku merenung apa yang mungkin kamu kerjakan hari ini. Bagaimana jalannya hari ini. Bagaimana kamu hari ini. Akunya memang enggak tahu pasti. Tapi aku berharap semoga kamu baik-baik saja. Semoga hari kamu menyenangkan dan juga penuh dengan kebaikkan. Di sini aku tetap sayang, tetap rindu sama kamu. Jujur aku penasaran sangat sih sama kabar kamu. Tapi aku tahu mungkin sekarang aku harus sabar. Berat sih... Tapi aku yakin aku bisa ini tentang kamu.. Take care yaa yaang kamu di sana. Tetap ceria dan tetaplah bahagia kamu di sana. Terima kasih untuk secuput rasa cinta yang mempunyai daya kapilaritas yang tinggi. Jatuh setitik, tapi kanvas hidup aku hari ini penuh oleh rasa itu hehe makasi yaa~ suatu saat nanti aku percaya kita pasti bisa bertemu lagi hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar