Powered By Blogger

Rabu, 11 Mei 2011

Senin, 9 Mei 2010: this is the day hahaha mari bereksperimen dan setelah itu melepas penat hahaha :D

Hahahaha ini adalah harinya. Hari dimana dulu dari banyak senior gw mendengar kalau yang namanya mata kuliah psikologi eksperimen itu melelahkan dan menguras begitu banyak tenaga dan biaya hahaha apa iya segitunya? Tampaknya hari ini gw bisa membuktikannya, karena sesuai dengan kesepakatan bersama semua anggota kelompok eksperimen gw. Hari ini adalah hari pengambilan data eksperimen dimana uji coba pemberian treatment akan diberikan kepada subjek. Maka dari itu begitu bangun dari tidur yang gw ucapkan hanyalah selamat pagi kepada ayang dan kepada dunia. Sebentar kok hehe itu juga gw lakukan dalam hati bersamaan dengan kegiatan kumpul nyawa :p

Enggak sempat me time, karena persiapan terakhir yang dilakukan kemarin itu menurut gw masih jauh dari kata siap. Jadinya ya udah begitu bangun dan selesai kumpul nyawa, gw langsung keluar kamar dan masuk ke kamar mandi. Di kamar mandi gw mandi sambil membayangkan langkah apa saja yang harus gw lakukan sesudah mandi agar gw enggak buang waktu dan syukur bisa sekalian menyebarkan informasi status kesiapan masing-masing anggota. Semua itu gw coba pikirkan selama mandi hehehehe

Begitu selesai mandi gw langsung masuk ke dalam kamar untuk berganti pakaian. Tadinya mau sempatkan diri untuk menyetrika pakaian. Tapi pada kenyataannya udah lebih dahulu dapat bantuan dari nyokap hehehe puji Tuhan makin cepat persiapan ngampus yang bisa gw lakukan di rumah hehehe sambil berpakaian, gw pun mencoba untuk multi tasking dengan menghubungi teman-teman kelompok field eksperimen hari ini hahahaha setelah siap gw pun pamit sama orang rumah dan hoopla gw siap untuk berangkat ke kampus.

Enggak lupa untuk berdoa sebentar berharap agar hari ini baik. Agar hari ayang juga baik. Tapi gw udah enggak akan online lagi. Sesuai dengan janji gw kemarin. Jadinya memang dari bangun sampai gw hendak berangkat kampus juga gw enggak online. Sekitar jam 7 kurang gw mulai tancap gas motut dan menuju ke kampus. Perjalanan hari ini bisa gw bilang lumayan lengang hehe karena gw juga berangkatnya pagi :)

Puji Tuhan setelah 20 menit-an berjalan dengan motut, gw sampai di kampus dengan selamat. Sampai di kampus, gw langsung parkirkan motut dan enggak lupa juga untuk kunci-kunci. Setelah itu gw tinggalkan parkiran dan dengan segera masuk ke dalam gedung C, karena sesuai dengan kesepakatan kami akan mulai berkumpul memasuki tahap finishing persiapan hehehehe begitu sampai di hall C gw sempat bingung mau duduk dimana. Akhirnya gw pilih bangku kosong yang terletak di ujung hehehe hingga jadilah gw menunggu teman-teman yang lain di sana seorang diri hahahaha gw bingung kenapa gw menunggu sendirian. Setelah gw coba sms ternyata semua teman kelompok sedang ada kelas wawancara hahahaha

Hahaha gw aja sampai nyaris lupa bilang, kalau hari ini agenda gw bukan cuma field eksperiment. Tapi juga ikut jelas reguler. Karena ujian yang kemarin gw ikuti adalah ujian tengah semester (UTS) jadinya yaa enggak ada libur hahahaha begitu habis lalui masa ujian langsung masuk ke dalam masa kuliah reguler wkwkwk kejam sekali ya dunia ini hahahaha tapi sebelum cerita tentang kelas yang reguler ada baiknya gw ceritakan tentang gw yang menunggu seorang diri yaa hahahaha awalnya sendiri. Tapi ada seorang teman yang datang. Teman di luar kelompok. Riri yang tiba-tiba menghampiri dan join meja dengan gw untuk kemudian kerjakan tugas hahaha sekalian saja gw minta bantuannya untuk copy hasil wawancara CBI gw dari Hp ke flashdisk hehehehe :p

Enggak lama sih, sekitar setengah jam Riri sama gw, setelah itu dia dengan segera berbaur bersama kelompok kerjanya dan gw kembali menjadi sebatang kara hahaha (lebay!) menunggu sambil dengar musik dari Hp vis handsfree, enggak lama satu orang teman kelompok datang. Dora datang karena dia sudah telat untuk kelas hahaha kelas jam 7 tapi jam 8 kurang dia baru datang wkwkwk Dora... Dora... Akhirnya jadi deh gw mulai cek persiapan akhir dengan Dora. Gw mulai sibuk untuk fotocopy materi eksperimen dan yaah sebentar sih hehe puji Tuhan banget fotocopy-an-nya sedang sepi jadi bisa dengan segera memberi order dan meminta hasilnya hehehe gw kebagian untuk copy word search dan inform concent hahahahaha kerjaan sederhana tapi gw menikmatinya dengan sungguh hehehe

Setelah fotocopy, tiba-tiba Dora diajak untuk kelas oleh seorang teman yang kebetulan juga sudah telat hahaha tapi bergerombol gitu hahaha gw enggak habis pikir gimana ekspresi dosennya melihat yang telat segerombol macam ini wkwkwkwk ya sudah Dora kelas, dan gw kembali sendiri di bangku ujung hall C hahaha sampai akhirnya gw menunggu menunggu dan menunggu... Akhirnya tiga teman kelompok datang termasuk Dora, karena kelas mereka sudah usai hehehehe kami berempat berkumpul. Harusnya berlima, tapi yang satu lagi tampak punya urusan yang juga penting terkait dengan teknis field hari ini jadi ya pada penghujung pagi ini gw dan ketiga teman sekelompok duduk dan segera melakukan follow-up pada subjek.

Karena gw baru tahu kalau ternyata subjek yang sebelumnya sudah didapatkan dari jauh-jauh hari sebelum hari H berjumlah sangat banyak. Adal lebih dari 25 subjek. Tapi pagi ini gw diberi kabar bahwa subjek yang bisa hadir hanya 11 orang hahahaha siapa yang enggak panik coba kalo kaya gitu adanya. Maka dari itu tadi gw putuskan untuk segera ngampus begitu bangun dari tidur hehehehe sebenarnya bukan tanpa sebab sih subjek menurun dengan derastis. Bencana ini terjadi karena adanya kelalaian teman yang bertugas mem-follow-up subjek secara berkala hahahaha yaah gw sih enggak apa, namanya manusia enggak luput dari kesalahan. Toh ini kerja kelompok. Jadi kalau ada satu yang lalai diperbaiki bersama pasti bisa hahahaha

Jadilah kami berempat sibuk mencari subjek baru. Banyak anak 2010 yang kebetulan lalu lalang di hall C, enggak pakai pilih-pilih lagi mereka langsung kami tarik. Kami minta kesediaan mereka untuk membantu mensukseskan field eksperimen hari ini hahahaha dan benar kalau kata senior terdahulu bahwa mencari subjek dalam elsperimen bukanlah hal yang mudah hehehe ya sudah mungkin karma kembali berulang. Tapi itu enggak membuat kami menyerah. Masih ada waktu maka kami dengan gencar mencoba menarik subjek paling enggak bisa memenuhi kuota minimal syarat perhitungan dengan tehnik statistik hahahaha tapi memang sepertinya ini adalah kesalahan yang fatal. Ya sudah pada akhirnya gw cuma bisa berserah sama Yang Kuasa. Sampai dengan saat sebelum gw kelas subjek yang diperoleh berjumlah 15 orang. Masih ada di bawah kuota minimal. Semua anggota juga sudah tampak sangat angkat tangan. Tapi kami enggak stuck. Rencana selanjutnya adalah pemberian reward untuk subjek. Walau jumlah subjeknya sedikit, harapan kami keajaiban akan terjadi.

Maka kami sepakat untuk membeli reward sebanyak 25 buah dengan harapan adanya peluang akan keajaiban hahahaha sungguh udah enggak tahu lagi deh harus berkata apa, kami semua sudah pasrah dengan masalah subjek yang sunggug di luar kendali dan kuasa kami para eksperimenter hahahah bener deh ini benar-benar maslah utama yang pasti akan dihadapi saat ingin lakukan eksperimen. Karena subjek yang lalai untuk di follow up hahaha tapi pada akhirny kami semua berusaha untuk tenang. Gw harus tenang, karena sebentar lagi jam 11 dan gw harus ikut kelas psipend. Jadinya gw coba tenangkan dirri lebih dulu dan beruntung ketemu dengan Visi, yang tampak lebih linglung pada siang ini. Jadi lebih tenang hahaha peace Vis wkwkwk dia juga sedang kelabakan urus surat menyurat di UKM hahaha gw udah lama banget enggak involve di UKM. Beda sama Visi yang eksis huahahaha :p

Akhirnya siang ini gw ke kelas bareng Visi. Sesampainya di kelas gw masih enggak bisa bohong. Gw masih uring-uringan karena masalah eksperimen saat sedang uring-uringan, bisa-bisanya otak ini ingat ayang hahaha karena ada subjek yg gw mintai bantuan itu teman ayang. Dia enggak bisa ikut karena mau pacaran hiahahaha aduuh pening dan bad mood, gw udah enggak tahu deh harus ngapain kalo udah kaya gini hahahah jadinya pada kelas psipend ini, gw yang harusnya ikut presentasi cuma jadi operator slide dan penjawab pertanyaan hahaha sumpah udah enggak mood banget gw. Selesai dengan kelas psipend, langsung lanjut dengan kelas kedua yaitu pengantar psikodiagnostika. Sebelu, kelas mulai. Untung dosen yang mengajar sudah lebih dulu datang jadinya bisa excuse untuk enggak ikut kelas sampai usai, karena jam 2 gw udah harus persiapakan eksper hehehehe untungnya dosennya memberikan izin. Tapi sebagai gantinya gw dijadikan bulan-bulanan hahaha untuk membacakan pengantar sebuah alat tes yang alahualam panjangnya minta ampun hahahaha

Tapi di kelas ini gw belajar sesuatu. Untungnya dosen untuk kelas ini yang saat ini begitu memliki pemikiran yang reflekttif. Sebuah perkataan sederhana yang dia lontarkan membuat gw beryukur karena hidup ini penuh dengan masalah hahaha karena memang masalah gw itu banyak. Ayang itu selalu jadi masalah tersendiri yang enggak akan pernah usai hahaha ditambah dengan berbagai macam masalah yang lain hahaha untung Tuhan menganugerahkan kesabaran yang ekstra sama gw hehehe thank you God! :D hehehe selama kelas juga enggak ada henti-hentinya buat kontrol Amink, teman kelompok eksper yang bertugas untuk follow up subjek. Gw pantau terus. Puji Tuhan, saat gw selesai duluan dari kelas pengantar psikodiagnostika didapati jumlah subjek sebanyak 22 orang.

Heeee secercah senyum tampak dalam wajah gw, dan dengan segera gw langsung persiapkan ruangan eksperimen hahaha dan akhrinya gw coba keluarkan semua kemampuan seksi perlengkapan hahaha dengan segera gw siapkan kedua ruangan sesuai dengan desain yang telah dirancang dalam proposal pengajuan field hahahaha saat sedang asyik mempersiapkan ruangan, satu persatu teman kelompok datang dan dengan segera kami semua berkumpul kini semua siap untuk menunjukkan usaha yang terbaik. Lima orang eksperimenter mencoba lakukan yang terbaik dan menyerahkan hasilnya ke tangan Sang Pencipta. Dalam hati gw berdoa. Semoga field ini lancar. Segera setelah itu semua bekerja sama melakukan persiapan dan membagi tugas dalam jalannya eksperimen sesuai dengan kesepakatan bersama yang sebelumnya sudah diperbincangkan jauh-jauh hari sebelum hari ini.

Sembari bersiap, gw dan Amink bertugas untuk mendata subjek yang datang dan dengan segera mengisi daftar hadir. Awalnya kami enggak yakin nih kalau daftar hadir yang kami buat sebanyak 30 baris akan penuh dengan nama subjek. Tapi puji Tuhan lho ada keajaiban yang pada akhirnya membuat subjek yang datang berjumlah 25 orang. 28 sebetulnya karena pada saat eksperimen sudah mulai berjalan gw dan Amink yang mengatur regulasi subjek pindah ruang sampai mendepak 3 orang subjek yang telat. Dengan alasan sudah mulai. Tapi tetap saja gw ucapkan terima kasih atas kesediaan mereka untuk membantu hehehe karena mereka mungkin enggak tahu kalau eksperimen gw punya batasan kuota hehehehe maka dari itu gw sama Amink sepakat buat depak hahahaha maaf yaa adik-adik junior ku hehehe

Jam setengah 4 tepat eksperimen dimulai. Gw dari awal berjaga di luar kedua ruang untuk mengatur flow subjek dan confedarates hahaha awalnya gw sendiri. Tapi sesuai dengan rencana gw akhirnya berdua sama Amink. Amink yang mengundi anak dalam ruangan dan gw yang lakukan undi bohongan hehehe dan akhirnya selama kurang lebih 90 menit gw mondar mandir BKS 205-206 mengatur flow 25 subjek dan 5 orang confiderates akhirnya semua subjek sudah mengalami pre dan post test. Jadinya pada jam 5 eksperimen kami selesai dan akhirnya waktunya membongkar kebohongan hahaha kami semua masuk ke dalam ruang pre dan mencoba untuk katakan yang sebenarnya tentang eskperimen ini hahaha terus gw enggak lupa menghimbau para subjek kalau enggak semua eksperimen akan membosankan macam ini. Jadi harapan gw mereka enggak kapok untuk ikut eksperimen kelompok yang lain hehe

Selesai dengan field, yang kelompok lakukan adalah lakukan evaluasi bersama dengan para asisten dosen. Dosennya sendiri hanya hadir di awal, karena beliau ada acara yang lebih urgent. Jadinya hanya sebentar untuk melihat eksperimen kami hehehe kami evaluasi dan diberikan banyak masukan juga pujian hahaha lega rasanya sudah field dan tugas yang tersisa hanyalah tinggal melaporkan hasil field ini ke dalam bentuk laporam tertulis selesai denga eksperimen tibalah saatnya membagi rata biaya yang sudah keluar hahaha dan sesudah itu kami semua berpencar. Satu orang teman sudah lebih dulu pulang karena ada acara.

Gw, Amink, dan Dora. Bukan peer yang biasa hahaha bisa gw bilang ini peer baru hahaha selesai eksperimen, gw berencana langusng pulang. Tapi kalau langsung pulang gw bingung mau buat apa nanti di rumah hahaha beruntung banget Dora dan Amink nawarin gw buat nongkrong bareng lepas penat di foodcourt plangi hahaha ya sudah jadinya kami bertiga dengan segera menuju ke plangi, dengan bantuan lift menuju ke foodcourt yang terletak di lantai 3A hahaha laper gw belom makan dari pagi kan. Jadinya gw di foodcourt order makanan hehehe begitu juga dengan Amink dan Dora. Di foodcourt kami tidak hanya bertiga. Kami berlima hahaha bersama dengan Tasya dan Quinto, sua orang senior yang gw kenal dengan cukup baik hehehe

Akhirnya kami berlima menghabiskan waktu pada sore hari ini dengan bercengkrama, ngobrol-ngobrol di foodcourt sambil makan. Semntara Tasya dan Quinto sedang sibuk mengolah data assessment YPB yang baru mereka lakukan pada hari ini hahaha tapi sambil sesekali kami bercanda hahaha ngelawak tepatnya karena ada Quinto wkwkwk enggak hany di foodcourt. Selesai makan, kami pindah lokasi ke sky dining hahaha gila pemandangan malam hari di sana dahsyat punya hahaha dapet banget feelnya dan dengan segera kami berpindah lokasi ke for us cafe di sana kami kembali duduk dan ngobrol panjang lebar, bercanda, dan sempat juga ayang dibahas sekilas di sana hahaha mereka cuma bisa mendoakan dan meminta supaya gw bersabar hahaha iyaa terima kasih yaa teman-teman hehehe

Ngobrol ngobrol ngobrol... Enggak terasa tahu-tahu sudah larut malam hahaha kami banyak berbincang dan tertawa hahaha intinya sih lepas penat. Sampai akhirnya sekitar jam setengah 10 kami berlima merasa kalau semua ini harus disudahi, karena kalau enggak sudah pasti enggak akan pulang ke rumah hahaha karena cafe itu 24 jam wkwkwk untung masih pada inget pulang yaa kalau gw pribadi sih udah ikut aja gitu sama flow-nya hahaha udah asyik banget deh ngobrol sama mereka berempat. Sebenarnya kami semua juga merasa enggan untuk pulang hahaha namanya juga udah ngobrol asyik sama teman-teman yang satu pikiran. Pakai bercanda pula hahaha kurang asyik gimana lagi coba hahahaha manteplah pokoknya malem ini.

Tapi tetap saja harus pulang. Kami punya orang tua. Enggak mau buat orang tua khawatir. Jadi ya udah deh kami dengan segera bergegas tinggalkan plangi hahaha saat hendak balik ke kampus, gw sempat dimintai bantuan oleh Quinto untuk antar dia ke kost-an salah seorang senior gw untuk ambil kunci senat. Karena peralatan berkendara Quinto ada di dalam senat. Tapi di kampus sudah enggak ada orang jadinya ya sudah deh hahaha gw dengan senang hati antarkan Quinto hahaha gw juga enggak diburu-buru waktu juga, lagian juga enggak ada yang nyariin ini hahaha ayang juga kan lagi enggak di Indo. Jalan dengan motut ke bilangan karet, ambil kunci dan antarkan Quinto lagi ke kampus. Baru setelah itu gw pulang. Bener-bener jalan pulang ke rumah hehehe enggak pakai mampir-mampir lagi hehehe :p

Senang banget gw bisa pulang di hari senin tapi enggak kena macet hahaha anugerah banget. Setelah lelah dengan proses persiapan eksperimen dan eskekusi eksperimen... Pulang dengan jalanan yang amat sangat lengang itu menjadi energizer tersendiri untuk manjadikan hari ini sempurna hahahaha karena itu dengan segera gw bisa sampai di rumah hahaha kalau biasanya gw pulang itu makan waktu antara 30 menit sampai satu jam, untuk malam ini hanya memakan waktu 15 sampai 20 menit hahaha setelah itu, begitu sampai di rumah gw lihat jam di tangan dan jam menunjukkan pukul 10 malam hahaha untung enggak dibiarin lebih lama stay di for us kalau enggak bisa midnite baru gw sampai rumah hahaha

Segera setelah masuk ke dalam rumah gw langsung masuk ke kamar mandi. Puji Tuhan gw udah dimasakkin air panas buat mandi hehe jadinya enggak menggigil pas mandi hehe gw mandi sebentar banget, enggak pakai nyanyi-nyanyi solanya hahaha setelah mandi gw langsung masuk ke dalam kamar, ganti pakaian dan ha? Tidur? Enggak lah gw menyempatkan diri untuk me time. Karena gw pikir gw masih sadar, jadi bisa lah me timw haha toh kayaknya me time malam bisa jadi alternatif baru yang lumayan menarik unruk dicoba dan dilakukan hehehe akhirnya sekitar jam 11 gw selesai dengan me time. Saat gw bersiap untuk tidur, enggak tahu kenapa rasanya ingin banget cek keadaan ayang. Akhirnya gw coba buka facebook, dan gw dapati update ayang yang menurut gw enggak penting hahaha bunyinya itu cuma, "siapa yang punya mentega?" hahaha ya udah cukup tahu aja gw dan enggak lama setelah itu gw tumbang hahaha (baca: tidur) enggak lupa ucapkan terima kasih dalam hati untuk hari ini dan selamat malam sama ayang di awang-awang hahahaha karena gw juga udah terlampau ngantuk hehehe :p

Seneng gila gw hari ini hahaha sering-sering aja kayak gini wkwkwk bersusah-susah waktu jam kuliah dan berujung dengan lepas lelah sampai lupa waktu hahaha enak banget deh rasanya enggak perlu pusing dengan pikiran yang enggak karuan juga hahaha enjoy parah lah pokoknya hahaha terima kasih Tuhan untuk hari ini, terima kasih untuk hidup, terima kasih untuk segalanya hahaha hari ini sungguh luar biasa. Enggak gw sangka bisa segila itu saat gw berbaur dan masuk dengan perbincangan senior wkwkwkw menyenangkanlah pokoknya hahaha kalau bagi banyak orang mungkin ini biasa, buat gw ini luar biasa hehehe terima kasih juga buat teman-teman dan orang lain yang sudah membantu menyempurnakan hari ini. Terutama teman-teman eskperimen dan kalian mahasiswa angkatan 2010 yang sudah bersedia meluangkan waktu membantu kesusksesan kuliah 5 orang mahasiswa angkatan 2009 hehe terima kasih sungguh. Kalian amat sangat membantu. Untuk hari ini kalian semua adalah keajaiban hehehehe :D

Dan untuk ayang, hari ini sesuai janji aku sama diri aku sendiri aku enggak konek sama sekali ke jejaring sosial. Enggak interact lama. Aku cuma sempat bula untuk ucap ulang tahun ke Dikka, adekmu. Habis itu sebelum tidur. Cuma buat tahu aja keadaan kamu. Selebihnya aku enggak buka twitter apalagi Skype. Enggak akan buka sampai batas waktu yang belum aku tentukan hehehe hari ini aku senang. Sangat senang! Kalau kamu baca hari ini aku begitu dinamis. Tetap juga ingat sama kamu. Tapi enggak terlampau gimana gitu. Aku berharap semoga hari kamu di sana juga menyenangkan yaa. Terus satu lagi yang aku lihat dari status kamu, itu kalau aku tangkap ada indikasi kalau kamu mungkin sedang alami sesuatu. Karena enggak biasanya kmu update status yang mungkin menurut aku enggak penting. Tapi kalau kamu enggak mau cerita sama aku sih ya udah enggak apa, enggak aku paksa juga kok. Semua ini aku lakukan supaya aku juga enggak terlalu depend sama kamu. Aku tetep sayang kok, kangen apa lagi. Tapi yaa kayak yang aku bilang kemarin enggak mau yang terlampau kaya gimana gitu. Jadi yaa mungkin aku enggak akan kontak sebelum kamu mulai untuk kontak lebih dulu. Karena aku juga enggak mau ganggu kamu. Karena selama ini aku online tapi sign kamu menandakan kalau kamu enggak bisa aku aja chat jadi ya mending aku off. Enggak ada bedanya kan buat kamu? Aku lihat juga kayaknya kamu enjoy-enjoy aja tuh hehe bener kan? Kalau enggak ya tolong bilang, karena aku bukan seorang pembaca pikiran. Hari ini intinya buat kamu yaa aku tetap berikan dukungan doa. Semoga hari kamu di sana menyenangkan selalu mendapatkan segala-galanya yang terbaik, semoga esok lebih baik dan yang paling penting yaa kamu baik-baik yaa di sana hehe love you yaang :) dan cepatlah pulang hehehe :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar