Powered By Blogger

Rabu, 25 April 2012

Senin, 23 April 2012: Mulai menulis dan... Sulit untuk dihentikan. Sekali pun ingin ahahaha :p

Hari ini enggak kayak hari Senin yang biasanya. Akhirnya enggak perlu ngampus. Ahahaha harusnya sih ngampus. Karena hari ini kan sudah masuk ke dalam masa ujian tengah semester. Tapi karena hari ini gw enggak ada jadwal ujian ya otomatis gw dapatkan hari libur ahahaha lagi-lagi libur. Semoga karena lama tidak lantas membuat gw jenuh ya ahahaha stuck juga rasanya kalau setiap kali libur bawaannya bosan. Tapi memang selama ini membosankan sih. Enggak pernah bisa bertahan dalam mood yang baik jika liburan itu berlangsung lebih dari tiga hari. Ada apa dengan nominal tiga? Itu kan seharusnya sudah tidak ada lagi pengaruhnya untuk gw. Masa lalu, enggak seharusnya diungkit-ungkit lagi.

Hari ini gw kembali bangun pagi. Enggak pagi-pagi banget sih, sekitar pukul enam pagi gw bangun. Bangun dengan sendirinya tanpa bantuan alarm atau pun hal lain yang serupa. Begitu bangun entah kenapa kembali sosok Virgine yang terlintas di dalam pikiran. Padahal sepertinya gw masih punya banyak kegiatan lain yang lebih penting untuk gw pikirkan dan lakukan. Tapi kenapa harus Virgine yang pertama muncul? Padahal selama ini gw tahu kalau jauh di sana dia selalu baik-baik saja. Lantas apa yang harus gw pikirkan? Cinta? Bahkan untuk saat ini gw enggak merasakan bahwa itu nyata. Dulu mungkin memang ada. Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak perubahan terjadi. Sepertinya tak perlu dipaksakan pun cinta itu sudah lama mati. Sudah hilang dengan sendirinya, seiring dengan salah satu pihak yang terlibat dengan itu terbang jauh ke seberang samudera sana.

Hhhh.. Sudahlah.. Diperpanjang pun tidak ada gunanya. Bagimana mungkin masih ada cinta? Bicara saja sudah tidak. Akhirnya ya sudah, gw cuma bisa biarkan saja ingatan itu muncul. Gw enggak terlalu mau ambil pusing dengan semua itu. Beberapa saat setelah gw bangun pun akhirnya gw hanya ucapkan selamat pagi via twitter. Selain itu, enggak lupa gw ucapkan selamat pagi via sms ke teman gw, Dinda. Walau gw enggak yakin sih dia sudah bangun atau belum. Tapi ya seingat gw sih dia ujian. Sekalian saja gw sertakan dukungan dan ucapan selamat mengikuti ujian. Anak baru, masih belum tahu asam garamnya kuliah di fakultas psikologi kampus gw ahahaha harus diberi semangat jadinya ahahahaha dan sms pun gw kirimkan setelah gw ucapkan selamat pagi di dalam twitter.

Segera setelah sms dikirim, gw pun enggak tahu harus berbuat apa lagi. Sepertinya ingin selesaikan semuanya saja. Kembali tertidur dan langsung dapati hari esok. Tapi pada kenyataannya tidak seperti itu. Daya hidup yang ada harus gw habiskan dulu. Dengan apa? Entahlah.. Tapi pastinya dengan melakukan sesuatu hehehe.. Oleh karena adanya pemahaman itulah.. Akhirnya gw putuskan untuk memulai kegiatan di hari ini dengan menyempatkan diri, luangkan waktu yang ada untuk nonton tv. Pagi ini gw coba untuk saksikan kartun pagi ehehehe.. Tidak pakai lama, gw langsung saja masuk ke dalam saat dimana hanya ada gw dan tv. Tidak lama sih, hanya sampai sekitar pukul sembilan. Gw pun selesai dengan kartun pagi hehehehe.. Sampai saat ini gw enggak rasakan adanya perubahan tetap saja terasa biasa. Tapi enggak bisa gw bilang flat juga sih.

Setelah itu, gw merasa bosan dengan kegiatan di dalam kamar. Gw pun memutuskan untuk keluar dari dalam kamar. Gw bergerak keluar menuju ke ruang tengah yang adalah ruang makan dan ruang keluarga. Satu ruangan dengan dua fungsi. Pada pagi ini, gw sempatkan diri untuk sarapan dan nonton tv. Ya begitulah gw, di saat tidak ada kegiatan, gw sama sekali tidak mempunyai perbedaan signifikan dengan seorang pengangguran. Bahkan kadang gw merasa pengangguran pun jauh lebih baik dari gw. Gw itu sudah seperti orang yang total terluntang lantung tidak mempunyai tujuan. Beruntung gw diputuskan oleh Virgine. Karena gw yang seperti ini sepertinya tidak akan bisa membuat dia bahagia. Jadi untuk apa dipaksakan untuk terus cinta. Kalau sudah enggak ada ya sudah.. Enggak ada. Pagi ini gw makan tidak lama. Hanya sekitar satu jam. Hal yang membuat gw lama, jadinya gw merasa kalau cuma makan.. Tanpa adanya kegiatan lain, tentu itu akan terasa luar biasa membosankan. Pada akhirnya gw putuskan untuk nyalakan tv sebagai teman di kala sarapan. Tapi apa mau dikata.. Tayangan dari tv cable membuat gw enggak bisa beranjak. Sangat menarik dari segi acara. Sampai-sampai tidak terasa sudah tiga jam lamanya fokus diri ini tertuju pada layar kaca di ruang keluarga ahahahaha

Setelah selesai. Bosan lebih tepatnya dengan semua itu, gw pun langsung menyempatkan diri untuk pindah lokasi. Lakukan hal lain, setidaknya apa yang bisa membuat gw tidak bosan. Gw putuskan untuk lebih dulu ke dapur. Mencuci semua perlengkapan makan yang tadi gw gunakan. Setelah itu, gw masuk ke dalam kamar mandi dan langsung saja menyempatkan diri untuk gebyar gebyur membersihkan diri. Selama kurang lebih lima belas menit, gw habiskan waktu yang ada di siang hari ini untuk mandi. Sesekali menyanyi dan bersenandung. Tetapi semua itu gw lakukan dengan random. Biar enggak sepi aja kamar mandinya. Tidak hanya diisi dengan gemericik air. Setelah selesai dengan mandi, gw pun menyempatkan diri untuk mengeringkan badan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah gw balut badan gw dengan handuk. Gw pun berjalan keluar dari dalam kamar mandi, kembali masuk ke dalam kamar dan segera saja gw berganti pakaian. Habis berapa menit ya untuk semua itu? Ahahaha entahlah.. Gw juga enggak ingin perhitungkan semuanya biarkan saja berlalu. Toh kalau berlalu dengan cepat, itu akan menjadi benefit tersendiri buat gw ehehehe secara gw enggak tahu harus habiskan waktu yang ada di hari ini dengan lakukan apa. Buat gw, liburan itu selalu membosankan. Bukan karena enggak suka libur. Karena pada saat libur, gw merasa sangat kurang dari segi aktivitas. Jadinya suntuk sendiri ehehe enggak ada kaitannya sama Virgine lho ini. Dia enggak gw bawa ke masalah ini.

Selesai dengan berganti pakaian, gw pun langsung saja rebahkan diri di atas ranjang. Segera setelah itu, gw coba untuk lihat Noega. Apakah ada sms atau chat yang masuk atau tidak. Gw cek sebentar dan ternyata ada. Siapa yang tahu soal itu. Gw cek, ingin gw lihat dari siapa. Ternyata dari Dinda. Responnya begitu positif dengan sms gw sebelumnya. Dukungan dan ucapan semangat dalam menempuh ujian. Gw balas, tapi gw tahu Dinda pasti masih ujian. Jadi gw hanya balas, tanpa harus meminta balasan lagi. Ya lihat saja nanti bagaimana jadinya ehehehe.. Tidak lama sih, setelah itu gw beralih ke dalam dunia maya. Dengan bantuan Hani, gw mencoba masuk ke dalam dunia maya. Mengecek e-mail dan sekilas melihat facebook. Tidak ada e-mail penting yang masuk. Hanya saja dari facebook, gw dapati bahwa Virgine sedang online. Ingin sekali gw sapa. Tapi sepertinya untuk saat ini hal itu tidak ada guna. Lagi pula gw enggak mau disakiti lagi. Maka dengan segera gw abaikan saja. Tidak gw otak-atik. Setelah sempat mengecek ada apa, segera saja facebook dan e-mail gw tutup. Ya tidak chat. Karena gw pikir di sana dia sudah punya dunia dia sendiri. Gw pun di sini juga sama. Jadi tidak usahlah diadakan pertemuan antara dunia yang sangat berbeda. Yaa dari pada nanti enggak nyambung kan yaa.. Sudahlah... enggak apa. Lagi pula memang dari awal tujuan gw online bukan untuk itu. Hanya sekedar cek saja. Dia online ya sudah. Terus kenapa? Selama dia masih ada di dalam friendlist gw ya hal macam ini akan sering terjadi.

Akhirnya gw putuskan kontak dengan dunia maya. Segera saja setelah itu gw mencoba untuk mengerjakan tugas ujian yang sifatnya take home. Tugas ujian konseling. Intinya hanya membuat refleksi atas beberapa pengalaman yang terkait dengan konseling. Peran sebagai klien dan juga sebagai konselor. Kedua babak kehidupan itulah yang kemudian harus direfleksikan. Tidak berbeda jauh dengan me time. Akhirnya langsung saja gw mulai kerjakan itu. Awalnya sih bingung harus memulai dari mana. Tapi gw tidak lantas membuang waktu untuk fokus dalam kebingungan tak beralasan tersebut. Enggak ada gunanya juga buat gw. Kalau terus bingung bagaimana mungkin tugas ini dapat rampung? Jadi gw pikir lebih baik gw mencoba saja untuk mulai menuliskan satu kata, frase, atau kalimat pembuka tugas ini. Karena kalau tidak dicoba, gw sendiri tidak akan pernah tahu bagaimana kelak hasilnya ehehehehe

Akhirnya gw coba untuk ketik dan mengerjakan tugas ahahaha.. Gw coba dengan satu kata. Satu kata terketik, masih saja gw bingung. Gw mulai dengan frase, sudah bisa lebih menjadi terarah. Sampai akhirnya gw lanjut dengan kalimat ahahahaha di luar dugaan gw sama sekali tidak tahu bahwa semua ini pada akhirnya akan berjalan dengan lancar. Sekali mengetik susah untuk berhenti, setiap kali membuat satu paragraf permenungan.. Gw lanjut lagi dengan paragraf permenungan yang lain. Tak ayal, dengan begitu gw jadi keasyikkan sendiri. Karena pada akhirnya gw dihadapkan dengan tulisan yang formatnya tanpa batasan. Kalau sudah seperti ini, sepertinya seharian pun gw akan betah untuk terus stay di depan layar Hani dan terus mengetik ahahaha karena pada dasarnya gw senang sekali menulis permenungan. Apa lagi permenungan dan refeleksi itu untuk gw, berdasarkan pengalaman yang gw dapatkan sendiri di dalam kehidupan ini ehehehe jadi jangan ditanya seberapa betahnya gw pada hari ini untuk mengerjakan tugas. Segala macam mood buruk yang tadi muncul, seakan-akan sirna dan hilang dengan sendirinya. Padahal gw sama sekali tidak melakukan apa-apa lagi. Hanya menulis. Tapi dengan tulisan ini gw merasa semua keburukkan dan energi negatif itu tersalurkan dan dengan proses yang gw sendiri tidak bisa jelaskan.. Gw dapati energi positif dan mood yang baik ehehehehe

Enggak tahu gw kerjakan tugas ini sudah berapa lama. Tapi pada saat itulah gw dapati bahwa hari sudah sore. Sempat cek jam dari Noega. Ternyata sudah pukul dua ahahaha.. Enggak pukul dua tepat sih. Tapi bukan itu yang hendak gw bahas. Hal yang ingin gw bahas adalah pada saat sedang asyik mengerjakan semua itu, gw dapati fakta bahwa ada sms masuk ke dalam Nogea. Tadinya gw pikir itu dari Dinda. Tapi ternyata bukan. Gw dapati fakta bahwa sms itu dikirim oleh salah seorang teman yang merupakan anggota tim inti YPB tahun ini. Aming; dia sms gw, karena memang tim gw mendapatkan berapa masalah terkait dengan kuota sekolah yang harus dikunjungi. Dengan kata lain, sms tersebut pada akhirnya menjadi berubah format dalam panggilan telepon. Tidak lama berselang memang akhirnya Aming nelpon gw. Gw angkat dan segera tugas gw tinggalkan untuk sejenak. Gw pindah ke dalam kegiatan untuk masuk ke pencatatan yang baru hehehehe jadinya gw ada jatah beberapa sekolah lagi yang harus gw kunjungi ahahaha bukan tugas gw sih.. Tapi itu akan jadi bagian Dinda dan William. Ya nanti kalau bertemu mereka lagi akan gw sampaikan hal ini. Panggilan telepon ini tidak berlangsung lama. Hanya memberikan penjelasan singkat soal itu, setelah itu gw pun melakukan pencatatan singkat. Tidak pakai lama, gw langsung selesai dengan acara telpon-telponan ini ahahaha nasib amat yaa, bukan dapat telpon dari pacar, tapi malah urusan kerjaan yang kadang gw ingin sekali-sekali lepas dari sana ehehehe haaah ya sudahlah...

Akhirnya gw lanjut lagi dengan tugas konseling. Masih tetap dengan ketak ketik. Tapi siapa sangka kalau ternyata banyak waktu sudah gw habiskan untuk hal ini ahahaha tanpa gw sadari gw terus saja ketak ketik. Pada awalnya tulisan refleksi ini selesai dalam enam belas halaman penuh. Tetapi gw merasa sepertinya kebanyakan. Gw enggak mau dibilang niat untuk nilai bagus oleh banyak orang, gw menulis semata-mata bukan karena nilai. Gw menulis banyak, karena memang gw suka menulis. Menulis apa pun. Satu jenis penulisan yang belum pernah gw rasakan susah dan serunya adalah skripsi ehehehe ya lihat saja nanti bagaimana rasa dan sensasinya yaa ehehehe ya karena kebanyakan itu, akhirnya gw putuskan untuk memperpendek tulisan yang sudah gw buat. Susah memang memotong, membuang kalimat atau pernyataan yang tidak penting. Intinya adalah membuatnya menjadi lebih singkat, tetapi tidak lantas mengurangi kualitasnya ehehehe sama sekali bukan hal yang mudah, terlebih itu adalah tulisan gw sendiri ehehehe tapi hal ini penting untuk gw lakukan, karena sepertinya memang siapa pula yang mau membuat permenungan atas beberapa poin panduan yang sederhana dan berkembang menjadi belasan halaman penuh tulisan? Ahahaha ya kayaknya memang gw saja yang agak gila. Jadinya perlu di edit ulang dan gw lakukan itu, begitu gw selesai dengan penulisan keseluruhan refleksi hehehehe

Pada akhirnya gw selesai dengan tugas yang sudah diringkas ini pada sekitar pukul setengah lima sore ahahahaha selama itukah gw menghabiskan waktu hanya untuk tugas ujian take home ini? Ahahaha tapi paling tidak satu tugas sudah selesai ehehehe akhirnya setelah selesai dengan tugas, gw enggak tahu harus melakukan apa. Pada akhirnya gw langsung tercetus ide untuk sms Dinda. Karena dari siang tadi, sms gw enggak dibalas. Enggak tahu kenapa, tapi gw merasanya cemas ya ehehehe bukan karena mungkin gw mengganggu. Tapi lebih pada apa yang sedang terjadi dengan Dinda pada hari ini. Lelah ujian kemudian tidur panjang kah? Atau BlackBerry-nya mati? Ahahaha yaa memang sudah banyak melakukan tukar info tentang plus minus diri dan juga gadget. Jadinya kurang lebih gw tahu ehehehe tapi karena tidak kunjung dibalas... Jadinya gw pikir lebih baik gw lakukan hal yang lain. Beberapa hari belakangan ini konseksi internet Noega itu sucks. Jadinya gw putuskan untuk memperbaiki koneksi internet yang ada. Jadinya gw hilangkan semua koneksinya dan ahahaha langsung saja gw install ulang ehehehe dan gw tes dengan twitter. Akhirnya gw dapati performa Noega dari segi internet menjadi kembali baik ahahaha menyenangkan sekali rasanya di saat bisa kembali bermain di dalam dunia maya. Jadinya seperti kembali dapatkan dunia untuk bisa bebas berekspresi ehehehe

Sejenak larut dengan twitter. Setelah selesai, gw pun kembali dengan dunia nyata. Tanpa gw sadari ternyata semua itu memakan waktu. Sudah setengah enam ehehehe akhirnya gw coba lagi untuk sms Dinda. Barulah pada kesempatan ini sms gw dibalas ehehehe ternyata berdasarkan pernyataan dia, gw dapati info bahwa setelah selesai ujian tadi.. Dia main ke rumah temannya. Di sana dia ketiduran dan baru bangun pada beberapa jam setelah itu. Tapi sekarang dia sudah di rumah. Gw yang mengetahui itu menjadi lega. Karena hal buruk yang gw bayangkan tidak terjadi atas Dinda. Tidak ada hal buruk yang menimpa teman baru gw ini ehehehe calon sahabat lebih tepatnya. Sekarang masih dalam masa pengumpulan data sebelum akhirnya gw membuat keputusan ehehehe mungkin bisa dikatakan ini sebagai sebuah penelitian longitudinal ehehehe akhirnya sisa waktu yang ada pada malam ini gw habiskan dengan kembali adakan perbincangan via sms dengan Dinda. Sebenarnya ingin gw telpon. Tapi beda operator. Jadinya takut boros pulsa ehehehe ya sudah, sms saja yang murah. Toh sensasinya tidak berbeda jauh, walau kadang mendengarkan suara jauh lebih baik dari pada hanya sekedar membaca kata-kata tertulis pada layar ehehehehe

Akhirnya kembali berbincang seru. Kami berbagi cerita. Apa yang sudah kami lakukan masing-masing. Apa yang kami rasakan. Pengalaman apa yang sekiranya menarik dan perlu dibagikan untuk bisa menginspirasi dan menambah banyak tabungan akan nilai-nilai kehidupan yang sesungguhnya tidak akan pernah didapatkan tanpa adanya pencarian dan usaha yang gigih untuk mendapatkannya ehehehehe sebenarnya sudah ada, hanya terkadang perlu ditemukan dengan usaha yang lebih ehehehe ngomong soal apa gw ini. Ya intinya adalah malam ini gw kembali ramai, hadirnya Dinda memberikan sebuah keceriaan tersendiri. Sepertinya memang sudah ditakdirkan untuk bertemu. Dinda mampu membuat gw kembali ceria. Entah kenapa, atau tidak tahu karena apa. Tapi gw merasa memang seperti itulah rasanya. Pada malam ini pun demikian. Terasa sangat menyenangkan. Enggak kebayang sih bagaimana nanti kalau gw punya kesempatan nengajaknya jalan. Habiskan waktu bersama dengan sebuah kegiatan atau aktivitas yang menyenangkan ehehehehe

Akhirnya memang kami berdua berbnincang banyak hal. Bercanda, lalui hari ini dalam canda dan tawa. Tidak lama berselang gw juga ingat kalau pada hari ini gw belum me time. Ini hari libur. Kalau sampai gw menumpuk entri sih ya keterlaluan ahahaha pada akhirnya gw putuskan untuk sambi sms-an ini dengan me time ehehehe.. Tidak pakai lama, gw langsung masuk ke dalam saat untuk me time. Dengan bantuan Noega, gw langsung saja ketak ketik ehehehe dengan segera gw masuk ke dalam saat seru untuk me time ehehehe mulai membuat entri dan tetap sms-an. Dengan dua kegiatan itu gw merasa begitu senang. Rasa-rasanya adalah dengan dua kegiatan ini gw mampu membuat hari ini berlalu dengan cepat ehehehe.. Berlalu dengan sangat baik. Membuat mood ini juga semakin baik ehehehehe akhirnya terus saja ketak ketik. Terus juga sms-an dengan Dinda. Tidak terasa sama sekali. Tapi sepertinya waktu yang gw gunakan untuk lakukan dua kegiatan ini tidaklah sedikit. Berjam-jam waktu pada malam ini sepertinya gw habiskan untuk me time dan sms-an. Sampai pada akhirnya gw enggak ingat dengan pasti pada pukul berapa. Akan tetapi pada saat itulah kantuk mulai menyerang. Gw lantas tidak kuasa untuk mengelak dari serangannya. Pertahanan alam sadar gw jebol pada akhirnya di tengah kesenangan malam ini gw pun ketiduran. Dengan sendirinya tertidur ahahahaha

Selesai sih untuk hari ini. Tapi gw merasanya enggak resmi gitu. Karena enggak ditutup dengan proses tidur yang normal. Kalau ketiduran itu, biasanya gw masuk ke dalam pemahaman bahwa hari ini belum selesai tapi dipotong untuk selesai. Tapi sebenarnya bukan itu sih fokus bahasan gw. Untuk hari ini apa yang hendak gw jadikan caption itu ya itulah yang akan gw jadikan fokus permenungan. Ternyata memang iya gw suka menulis. Menulis dengan format gw, menulis suka-suka gw. Karena kalau diminta menulis dalam ranah ilmiah itu ya gw agak ogah-ogahan sih ahahaha tapi dari pengalaman kerja tugas hari ini, jadinya gw masuk ke dalam pemahaman bahwa memang dengan tulisan gw bisa menjadi orang yang tanpa batasan. Banyak orang berkata membaca itu membuat diri merasa bebas. Gw kebalikannya. Menulis itulah yang membuat gw bisa merasa bebas ehehehe.. Jadinya enggak perlu merasakan bahwa memang waktu yang terjadi pada hari ini lama adanya. Dengan menulis, gw bisa membuat waktu berlalu lebih cepat. Tidak seperti waktu normal yang biasanya ehehehe intinya hari ini dengan menulis, gw mampu menghadirkan keajaiban. Dari segi perasaan mau pun waktu yang mengalir lebih cepat dari biasanya ehehehehe menyenangkan sekali rasanya! Terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk cerita, canda, tawa, duka, suka, dan mungkin juga air mata. Terima kasih juga untuk semua orang. Untuk keluarga, teman-teman, sahabat, adek-adek angkat gw dan Virgine yang mungkin hadir pada hari ini. Dengan cara mereka, dengan media yang mereka gunakan. Entah nyata, entah maya. Entah visual, entah kognitif. Tapi pada akhirnya memang tidak perlu disangkal lagi, orang lain itu pasti hadir. Secara gw tidak tinggal seorang diri di dalam gua atau tengah hutan belantara. Jadinya pasti akan ada interaksi dengan mereka ehehehe menyenangkan sih. Sama sekali tidak ada yang perlu disesali. Jadinya gw hanya ingin berterima kasih untuk semuanya ini. Untuk Dinda juga yang sudah kembali temani gw di hari ini, memberikan keceriaan yang sudah lama tidak gw rasakan. Untuk Virgine yang jauh di sana. Semoga hari ini baik yaa! Baik-baiklah di sana! Kejar dan gapai semua impian yang menjadi alasan utama kenapa lu berguru ke seberang samudera sana ahahahaha terima kasih untuk segalanya. Pernah ada cinta. Sekarang pun masih ada. Hanya saja kurang terasa ehehehe terima kasih semuanya. Terima kasih untuk kalian semua. Kebaikan hari ini tak lepas dari andil dan campur tangan kalian semua. Warna indah dan unik kalian, terpancar dan terpercik begitu indah pada kanvas polos kehidupan gw ehehehe terima kasih, semoga apa yang hari ini belum baik.. Menjadi baik pada esok hari yaa ehehehehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar