Powered By Blogger

Minggu, 15 April 2012

Selasa, 10 April 2012: Seru juga roleplay konseling di lab ehehehe

Hari ini hari Selasa. Hari selasa yang baru. Untuk sebuah warna dan lembaran hidup yang boleh gw katakan baru juga ehehe gw mulai hari dengan seperti biasa bangun pagi. Tidak berselang lama, setelah gw bangun.. Gw pun mencoba mencari tahu pukul berapa sekarang. Gw cari dimana Noega berada dan dari sana gw dapati waktu untuk saat ini sudah pukul setengah tujuh. Agak siang juga ya ehehehe..

Ya mungkin gw memang bangun siang. Tapi itu tidak berarti gw akan terburu-buru untuk ngampus. Gw kuliah pada pukul sembilan. Masih punya cukup waktu bagi gw untuk leha-leha sejenak. Sepertinya juga pada saat bangun tadi gw ingat Virgine ahahahaha masalah? Enggak apa juga sih ehehehe.. Segera setelah gw bangun dan tahu soal waktu, gw mencoba ngulet selama beberapa menit. Guling sana guling sini membantu gw untuk bisa dengan lebih cepat mendapatkan kesadaran. Asumsi sih, tapi gw merasa sepertinya semua ini sudah gw yakini berfungsi. Maka berfungsilah! Ahahaha

Tidak lama. Hanya dalam kisaran menit dan akhirnya gw dapati bahwa masih cukup banyak waktu yang bisa gw gunakan untuk nikmati pagi hari ini. Gw pun dengan segera adakan kontak dengan Noega. Gw pakai itu untuk membuat ucapan selamat pagi pada dunia micro blogging twitter hehehehe setelah itu sempat juga ucapkan selamat pagi via chat ke dek Hana. Setelah kemarin tidak sengaja berbincang, kini sepertinya tanpa ada kepentingan apa-apa lagi, ucapan selamat pagi itu terucap. Layaknya seorang kakak memberi salam pada adiknya. Semangat yang tersirat di pagi hari hehehe tapi tidak cuma itu sih, kami sesekali berbincang singkat perihal kuliah.

Kuliah masing-masing karena kami beda peminatan. Hanya berada dalam satu rumpun fakultas. Rasanya sih tidak lama, tapi sepertinya display jam pada layar Noega hendak katakan fakta yang berbeda. Sekarang sudah hampir pukul delapan. Mau enggak mau gw harus sudahi dulu semua ini. Akhirnya gw pun bergegas keluar dari kamar dan memulai rangkaian persiapan untuk ngampus ehehehe gw mulai dengan mandi pagi. Gw langsung masuk ke dalam kamar mandi. Tidak pakai lama, langsung saja gw gebyar gebyur du dalam kamar mandi. Membersihkan diri selama kurang lebih lima belas menit dan kemudian mengeringkan badan dengan handuk dan kembali ke dalam kamar. Masuk ke dalam kamar dan langsung saja menlanjutkan persiapan ngampus ke tahap berikutnya hehehe

Di dalam kamar gw pun langsung saja berganti pakaian. Mencoba mencari pakaian yang sekiranya nyaman, tetapi juga tidak terlalu santai. Seperti biasa.. Dipilihlah celana jeans panjang, sepatu cats putih dan kaos atau t-shirt hehehe.. Ya itulah yang biasa menjadi dresscode gw untuk ngampus. Males juga kalau dandan ribet-ribet. Toh bukan kondangan atau sidang skripsi hehehe.. Selain itu, gw juga enggak lupa untuk persiapkan barang bawaan. Gw coba untuk masukkan semua ke dalam ransel. Berat memang biasanya. Tapi semua itu pada akhirnya memang gw butuhkan. Tidak berselang lama, persiapan diri di dalam kamar pun berakhir dengan pengecekkan ulang semua barang bawaan di dalam ransel. Segera setelah itu, gw langsung cabut keluar dari kamar. Menyelesaikan sisa bentuk kegiatan persiapan untuk ngampus pada pagi hari ini.

Dengan segera gw keluar dari kamar. Sempatkan diri untuk berdoa pagi di ruang depan. Tapi tampaknya untuk hari ini adalah terakhir kalinya gw berdoa pagi pada hari ini. Di dalam ruang depan. Kenapa? Karena pada akhirnya gw merasa bisa melakukan doa dengan cara yang lain ehehehe.. Tidak pakai lama gw berdoa. Gw ucap syukur untuk hari yang baru. Gw berharap semoga hari ini baik. Tidak lupa doakan semua teman. Baik yang dekat mau pun jauh maksud gw (Virgine maksud gw). Berharap semoga pada hari ini mereka baik-baik saja. Berharap semoga mereka dapatkan hari yang terbaik ehehe.. Begitu juga dengan doa untuk semua adek angkat gw. Segera setelah gw selesai dengan doa, gw pun pamit sama bokap nyokap. Gw kenakan perlengkapan berkendara dan segera setelah itu langsung cabut tancap gas motut menuju ke kampus. Karena ya semua persiapan sudah selesai.

Langsung saja gw turun ke dalam jalan dan memulai perjalanan. Untuk pagi ini gw luangkan waktu untuk berikan motut makan. Gw sempatkan diri mampir di pom bensin. Baru setelah itu gw lanjut lagi cabut ke kampus. Hanya saja saat menuju ke pom bensin itu gw agak terjebak macet. Tapi lepas itu puji Tuhan biasa saja. Tidak lengang, tapi tidak macet juga. Ya waktu yang habis di perjalanan memang agak lama. Tapi puji Tuhan karena bisa sampai di kampus dengan selamat. Bisa langsung selesaikan urusan parkir dan tidak pakai lama gw bisa langsung begerak masuk ke dalam bangunan utama kampus. Tapi hanya untuk titip helm di senat. Segera setelah itu, gw bergerak kelaur kampus.

Ngapain? Karena gw sebetulnya dari rumah sudah di sms sama Amink. Dia sudah lebih dulu datang di kampus dan nongkrong di gurun. Agak kasian sih kalau gw diemin. Pada akhirnya gw enggak tega. Jadinya gw sekarang bergerak menuju ke gurun. Kebetulan untuk kelas pagi ini gw sekelas sama Amink jadi ya enggak masalah. Akhirnya gw ke gurun dan enggak pakai lama ke gurun. Gw sampai di gurun dan dengan segera nongkrong sama Amink ahahaha.. Tidak pakai lama, gw langsung masuk ke saat kosong. Tidak pakai lama gw membakar beberapa batang rokok. Setelah itu sempatkan diri berbincang sampai akhirnya waktu kelas hendak dimulai. Segera setelah itu, gw langsung cabut dari gurun sama Amink. Dengan segera, gw langsung balik masuk ke dalam area kampus ehehehe

Dengan segera gw masuk ke dalam kampus. Berjalan menuju ke dalam kelas dan enggak tahu kenapa rasanya malas banget untuk ikut kelas pada hari ini. Dengan segera begitu masuk di dalam kelas, gw memilih tempat duduk di barisan belakang. Enggak biasanya gw begini. Tapi memang rasanya sedang malas banget untuk mengikuti kelas. Kelas kasab pada hari ini. Dengan segera tidak lama setelah duduk.. Dosen pun masuk ke dalam kelas dan kelas pada pagi hari ini dimulai ehehehe.. Dengan segera kelas dimulai. Tidak pakai lama materi demi materi pun diberikan. Ada beberapa point penting yang gw catat. Tapi atensi tidak penuh.

Dengan seiring materi berjalan, dosen memberikan penjelasan.. Kelas pun berjalan. Tidak terasa sebentar. Rasanya sangat lama. Tidak secepat biasanya. Tapi tetap saja materi baru gw dapatkan. Tidak banyak memang. Tapi tetap tidak bisa membuat gw lebih niat untuk fokus dengan kelas. Pada akhirnya setelah ikuti kelas selama beberapa puluh menit, selama beberapa jam.. Pada akhirnya gw dapati waktu untuk break. Akhirnya gw, Amink, Baptis dan Ds langsung saja cabut keluar dari dalam kelas. Kembali ke dalam gurun. Tapi hanya sampai di depannya saja. Tidak masuk ke dalam hehehe merokok beberapa batang sambil berbincang. Dengan perbincangan seputar otomotif dan produksi mobil. Tapi tidak lama. Hanya dalam hitungan beberapa menit, gw langsung masuk ke dalam area kampus dan kembali ke dalam kelas. Lanjutkan kelas kasab pada siang ini ahahaha lama ya kuliahnya! Dari pagi sampai siang ahahaha lebay! Akhirnya gw langsung ikuti kelas sampai selesai. Untungnya sudah lebih fokus. Jadi bisa dapatkan banyak hal lebih dari pada sesi kelas pertama tadi.

Karena lebih bisa dinikmati, akhirnya gw tidak mersakan bahwa kelas kasab sesi kedua ini berlangsung lama. Terasa berlalu dengan begitu cepat. Setelah selesai dengan kelas, gw langsung lanjut lagi ke dalam kelas yang berikutnya. Kelas konseling, tapi ada yang berbeda dengan kelas konseling pada hari-hari sebelumnya. Hari ini akan diadakan praktek di dalam lab. Jujur gw excited banget untuk lakukan ini. Tapi gugup ehehehe.. Akhirnya langsung saja gw cabut dari kelas kasab setelah copy materi yang harus gw share via milis. Tapi gw lupa-lupa ingat dimana letak labnya. Kalau enggak salah itu di c5. Karena gw sama sekali enggak ingat. Sama sekali enggak ada clue untuk itu ahahaha tapi akhirnya gw yakin kalau ada di c5. Ruang prakteknya ada di sana. Tapi akhirnya gw enggak dapati keberadaan dan tanda-tanda kehidupan kalau ada kelas ahahaha

Tapi pada akhirnya gw enggak sia-sia ada di c5. Gw malah merasa sepertinya gw punya urusan lain di ruangan dosen ini. Terkait dengan urusan lustrum, gw coba untuk masuk ke dalam cubicle seorang dosen yang kalau boleh jujur gw katakan.. Sangat sukar untuk ditemui. Tapi tadi gw lihat di cubliclenya, dosen terkait itu ada. Jadinya tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Tidak ada rencana memang. Tapi ini adalah hal yang penting. Akhirnya gw masuk ke dalam cubicle dosen itu dan langsung masuk ke dalam perbincangan lustrum dengan agenda utama adalah membahas perkara perlengkapan dan akomodasi. Tapi gw enggak bisa berbincang dengan cara gw. Tapi pada akhirnya gw coba mengikuti ritme bicara dosen ini. Tidak mudah memang. Karena gw terbiasa ingin langsung to the point. Tapi dosen ini suka sekali berputar-putar dalam perbincangan yang kalau boleh gw katakan enggak ada hubungannya dengan bidang atau divisi yang gw pegang. Tapi it's okay, gw bisa mendapatkan info juga seputar kinerja para dosen dari sana. Ya sekedar tahu aja ehehehe

Jadinya untuk siang ini gw luangkan beberapa puluh menit waktu yang gw miliki untuk urus urusan lustrum. Tapi pada akhirnya gw merasa ini bukan hal yang sia-sia. Gw dapatkan titik terang yang baru dari sini ehehehe.. Setidaknya kejelasan tentang siapa yang bertanggung jawab atas perlengkapan dari pihak dosen gw dapati list namanya ehehehe.. Baru setelah selesai dengan urusan sama dosen ini, gw pun mulai ingat kalau gw harus ke lab konseling. Karena gw merasa sepertinya sebentar lagi waktunya untuk praktek akan dimulai ehehehe.. Tidak berselang lama, gw keluar dari ruang dosen. Gw dapati ada sms masuk ke dalam Noega dan ternyata itu pemberitahuan bahwa kelas diadakan di c6. Gw pun segera menuju ke sana. Hanya beda satu lantai. Gw gunakan tangga darurat dan bisa dengan segera sampai di c6 ehehehe

Dengan segera begitu setelah masuk ke dalam ruang komputer di c6. Tidak pakai lama, gw langsung cabut ke dalam ruang praktek konseling. Enggak tahu apa nama ruangannya. Tapi di pintu ruangan tersebut terdapat tulisan "ruang interaksi". Langsung saja masuk setelah dosennya mempersilakan. Setelah itu, gw langsung masuk ke dalam ruang di seberang ruang interaksi. Karena pada akhirnya gw langsung masuk kedalam ruangan tak bernama itu bersama dengan teman-teman satu kelompok. Sistem roleplay-nya adalah bergantian dengan peran tiga orang sebagai konselor danm peran berikutnya sebagai seorang klien. Gw dapatkan peran sebagai dua-duanya ahahaha sebenarnya gw sama sekali enggak ada ide untuk menjadi seorang klien. Tapi teman gw yang dapat bagian undian untuk menjadi seorang klien itu tidak mau. Dari pada susah dan membuat lama.. Jadi ya sudahlah gw saja. Karena gw pikir klien tidak hanya datang dengan masalah ehehe

Gw maju duluan sebagai klien untuk kelompok konselor yang lain. Awalnya bingung mau cerita apa. Karena sepertinya gw sama sekali tidak punya kisah yang menarik. Kalau untuk diceritakan sepertinya tidak menarik. Gw lebih suka untuk menulis. Dari pada bercerita. Dengan tulisan, sepertinya gw bisa menjadi orang yang tidak mempunyai batasan apa pun ehehehe *enggak juga sih. Lebay aja biar bagus ahahaha* akhirnya gw mencoba untuk membuang beberapa beban yang ingin gw buang. Ingin ada orang yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk berbagi. Itu sudah cukup hehehe.. Akhirnya gw ceritakan soal kakak gw dan suaminya yang sempat membuat gw sangat kesal pada beberapa momen sebelum hari ini. Pada beberapa minggu, beberapa bulan? Lupa. Tapi semuanya sudah terabadikan di dalam entri me time gw hahahaha ada gunanya juga kan gw setia untuk me time. Apa yang sudah lupa tidak lantas hilang.

Bercerita dan sepertinya memang jadi klien yang sangat luar biasa. Karena pada akhirnya gw merasa lega. Dengan kesempatan ini gw sudah bisa bercerita dan itu cukup melegakan dan membuat sepertinya lebih ringan ehehehe.. Dengan segera, gw langsung masuk ke dalam peran yang lain. Berganti sebagai seorang konselor dan ahahaha di bagian ini jujur gw merasa sangat bingung harus menjadi konselor macam apa. Harus seperti apa. Karena gw terlampau fokus dengan apa yang hendak gw tanyakan sehabis klien mengeluarkan pernyataan. Jadinya terkesan agak kaku dan akhirnya gw menjadi seperti bukan sedang konseling melainkan wawancara ahahaha ketahuan banget ya amatir. Enggak tahu harus bersikap seperti apa. Karena pada akhirnya gw memang menjadi seperti seorang pewancara. Tidak hanya itu. Gw juga lakukan korupsi waktu karena ada distraksi terkait dengan ketokan kaca sebagai tanda pergantian giliran peran sebagai seorang konselor ahahaha

Ya memang untuk menjadi seorang konselor tidak bisa serta merta hanya dalam sekejap bisa. Butuh latihan dan mungkin banyak pengalaman di lapangan. Malah kalau gw boleh katakan ya itu yang bisa menjadi kunci kesuksesan. Pengalaman. Tidak ada yang bisa menggantikan itu. Bisa dinilai, tapi tidak berarti dapat dibeli ahahaha.. Setelah selesai dengan kedua peran tersebut, kami semua kembali berkumpul di satu ruangan. Dengan segera saling share dan evaluasi. Evaluasi general dan beberapa berpendapat. Begitu juga dengan gw. Gw berpendapat dan mengutarakan apa yang selama praktek tadi gw rasakan. Entah lama atau tidak. Tapi kelas konseling pada saat ini begitu menyenangkan dan juga menarik. Setelah selesai kelas, barulah gw mengetahui bahwa kelas konseling hari ini berlangsung jauh lebih lama dari biasanya. Tapi semua itu tidak terasa. Sepertinya memang benar ungkapan itu. Waktu yang menyenangkan memang tidak pernah bisa cukup untuk dirasakan. Sepertinya baru tadi. Sepertinya baru kemarin. Tapi pada kenyataannya sudah lama hahaha luar biasa ya waktu dan kesenangan itu.

Selesai dengan kelas sebenarnya gw ingin pulang. Tapi begitu gw ingin pulang, gw ingat dek Hana. Sudah lama kami tidak berbincang. Ingin rasanya gw kembali berbincang. Maka dari itu gw sempatkan diri untuk chat dengan dek Hana. Tanya dia dimana, tapi ternyata chat gw pending. Sepertinya tidak dizinkan untuk bisa kembali habiskan waktu bersama. Ya sudah gw pulang saja. Gw bergegas kembali ke senat untuk ambil helm dan jaket. Setelah itu, gw langsung kembali ke dalam parkirkan motor. Tidak pakai lama, gw langsung cabut tancap gas motut memulai perjalanan pulang hehehe ya pulang.. Karena sudah tidak ada kepentingan lagi di kampus untuk hari ini. Maka dari itu gw putuskan untuk pulang dan pulang lah gw ke rumah ehehehe kangen juga sama kasur rupanya. Sekitar pukul tiga sore gw mulai perjalanan pulang.

Gw memulai perjalanan untuk bisa sampai di rumah ehehehe beruntung pulang pada jam segini belum macet. Gw kembali dapatkan perjalanan yang bebas hambatan. Dari segi lalu lintas lengang. Dari segi motut sendiri tidak ada masalah. Dari segi cuaca juga hanya mendung. Beruntung enggak hujan. Beruntung bangetlah gw untuk perjalanan pulang hari ini. Dengan begitu, gw langsung sampai di rumah. Puji Tuhan banget ya karena tadi bebas hambatan. Tapi yang paling harus gw syukuri adalah begitu gw masuk ke dalam rumah.. Selesai gw parkirkan motut di teras, gw langsung dapati hujan deras turun. Sangat deras, derunya sampai terdengar dari dalam rumah. Seketika itu juga gw berkata, "untung udah sampai rumah" kemudian gw bergegas untuk masuk ke dalam kamar hehehehe

Di dalam kamar gw dengan segera meletakkan ransel. Melepas sepatu dan gw pun dengan segera berganti pakaian. Berganti dengan pakaian rumah. Celana pendek santai dan kaos seadanya. Enggak sama sekali punya gaya kalau sedang ada di rumah ahahaha sebenarnya dimana-mana juga enggak sih. Tapi ya merasanya kayak memang bukan tipikal orang yang mengedepankan gaya sebagai kualitias pribadi yang utama hehehe gw punya kualitas yang lain. Setiap orang juga punya kualitas yang berbeda-beda. Maka dari itu dengan banyaknya perbedaan itu membuat banyak keindahan yang kadang terjadi namun jarang disadari karena satu dan lain hal ahahaha ngomong apa gw ini wkwkwk.. Segera setelah berganti pakaian, gw pun sempatkan diri untuk keluar dari kamar menuju ke ruang makan. Mumpung belum jam enam sore, gw sempatkan diri untuk makan dulu. Kata nyokap.. Kalau enggak mau gendut makanlah di bawah jam enam sore. Ya gw nurut hahaha

Gw makan selama kurang lebih satu jam. Sambil makan, sambil nonton tv. Asyik sekali rasanya. Setelah selesai makan, gw langsung mencuci semua perlengkapan makan yang gw gunakan. Tidak pakai lama, gw pun segera masuk ke dalam kamar. Niatnya sih mau habiskan sisa waktu pada sore hari ini dengan me time. Tapi, begitu gw masuk ke dalam kamar.. Entah kenapa Hani terasa lebih menarik untuk dikulik terlebih dahulu. Maka jadilah begitu gw sudah masuk ke dalam kamar, gw pun langsung tengkurap di atas ranjang dan langsung saja nyalakan Hani. Gw nyalakan dan gw hubungkan dengan koneksi internet. Segera setelah itu, gw mulai habiskan sore hari ini dengan berkelana di dalam dunia maya. Tidak ada niat untuk terlampau lama singgah di dalam sana. Gw hanya cek sebentar dan akhirnya gw pindah ke dalam twitter ehehe

Tapi ternyata itu gw rasakan juga tidak lama. Sekitar pukul setengah tujuh, gw coba untuk ganti dengan kegiatan lain. Ternyata gw dapat sms dari seorang dosen yang mengatakan bahwa gw sudah dikirimi draft tugas. Bisa langsung gw sebarkan ke teman-teman. Kenapa gw? Karena gw ketua kelasnya ahahaha simple kan? Akhirnya sebelum Hani gw matikan ya gw sempat kirim e-mail tugas dulu ke teman-teman. Sebenarnya sudah gw coba kirim pada saat kelas kasab pagi tadi. Tapi enggak ada koneksi yang support. Modem juga lagi ble'e pada akhirnya baru benar-benar bisa mengirim pada hari ini ahahaha gw yakin biar kata gw kirim sekarang juga pasti teman-teman tidak akan langsung mengerjakan. Mereka bukan tipikal mahasiswa yang kalau ada tugas langsung dikerjakan. Gw juga maka dari itu gw mengerti ehehehe.. Selesai dengan Hani, gw pun beralih ke Noega. Enggak tahu mau lakukan apa lagi ahahaha

Sepertinya sudah habis borongan semua kegiatan pembunuh waktunya. Hanya tinggal sisa satu yaitu, me time. Belum me time. Atau sudah? Gw lupa? Tapi yang pasti tetap ada hutang entri. Untuk hari ini. Sudah masuk kuliah jadi kayaknya kurang waktu untuk bisa mengeksplorasi diri sendiri. Ya jadinya kayak merasa kurang dan enggak bisa terpenuhi. Maka dari itu malam ini gw coba untuk penuhi. Tapi apa mau dikata ya ahahaha ternyata gw tidak bisa bertahan terlampau lama di kala me time. Sesekali sambi dengan chat sama dek Hana. Tapi entah kenapa gw malah merasa ngantuk banget. Pada akhirnya gw paksakan untuk tetap terjaga tapi ujung-ujungnya gw malah ketiduran ahahaha tidur lebih awal deh jadinya ahahaha

Ahahahaha selesai juga ya untuk hari ini. Walau akhirnya sangat enggak banget. Enggak seperti gimana gw harus akhiri hari dengan baik dan layak ahahaha (kesannya akhir hari ini itu enggak layak gitu wkwkwk). Tapi gw senang karena setidaknya hari ini gw mendapatkan kesempatan untuk bisa merasakan sebuah pengalaman yang baru. Berpura-pura menjadi seorang konselor. Mencoba merasakan setiap alur dan proses bermain peran ini. Tapi tidak hanya itu. Untuk hari ini juga gw merasakan ada sebuah kelegaan yang tidak bisa gw katakan seperti apa. Tapi tampaknya dari pengalaman hari ini gw merasa konseling adalah sebuah hal positif yang dapat dilakukan guna mempertahankan kewarasan dalam diri ahahaha kayak apa ya.. Hmm mungkin kalau mau dikatakan ya hampir mirip dengan berbagi beban. Tapi konseling memiliki tehnik dan ini adalah bagian dari keilmuan ehehehe terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untik segalanya. Untuk cerita, canda, tawa, duka, suka, danm mungkin juga air mata ehehehe semua itu berharga. Sungguh! Ehehehe.. Terima kasih juga untuk semua orang. Untuk keluarga, teman-teman yang jauh dan yang dekat, sahabat, dan adek-adek angkat gw yang mungkin hadir pada hari ini terima kasih. Untuk teman gw Virgine, semoga lu dapatkan hari yang baik di sana! Baik-baik ya lu ahahaha terima kasih untuk segalanya. Terima kasih untuk kalian semua. Yaah memang tak ada lagi cinta. Semuanya hanya teman. Mungkin kesepian. Tapi semua ini jauh lebih baik. Bukan untuk saat ini. Tapi untuk nanti. Karena adanya pengalaman macam ini adalah sarana peningkatan kedewasaan pribadi hehehe yup! Enggak ada yang perlu disesali. Terima saja dan menjadi realistis. Adalah hal terbaik yang bisa gw lakukan ehehehehe makasi! Terima kasih sekali lagi hehehe kebaikan hari ini sama sekali tak lepas dari kalian semua. Gw yang sekarang ini juga merupakan gw yang adalah bentukan dari kalian semua. Semoga menjadi pribadi yang kian baik dari hari ke hari ya hehehe.. Pertemanan kan menyempurnakan. Walau sempurna itu enggak ada ahahaha ngomong apa gw ini wkwkwkwk :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar