Powered By Blogger

Minggu, 01 April 2012

Sabtu, 31 Maret 2012: Ini hari raya lho! Kenapa misanya masih aja enggak berkualitas sih??? (-.-)

Hari ini libur ahahaha teringat dengan apa yang sudah pihak dekanat fakultas beritahukan. Takut akan demonstrasi masa yang kadang anarkis dalam rangka adanya wacana untuk menaikkan bahan bakar minyak. Tapi gw sampai dini hari ini masih terjaga untuk mendapat kepastian mengenai kabar ini. Akhirnya fix libur dan jadilah pada hari ini gw dapatkan hari libur ahahaha Hari ini gw dapatkan libur yang sama sekali gw enggak tahu harus diisi dengan apa.

Pada akhirnya gw langsung bangun. Biar kata libur ya tetap saja gw bangun pagi. Gw sama sekali enggak tahu pukul berapa saat ini. Tapi seperti yang sudah-sudah, begitu bangun, secara otomatis diri ini langsung start-up. Sekelibat teringat sosok Virgine yang begitu ceria. Iya, ingat Virgine lagi. Tapi hanya untuk durasi yang singkat. Setelah itu gw langsung mengambil Noega, melihat display jam pada layarnya dan gw dapati sekarang ini sudah pukul delapan pagi ehehe.. Ternyata tidur pagi pada hari yang sama itu berdampak pada gw yang kesiangan ya ahaha berbanding lurus gitu ya? Ahahaha

Akhirnya gw mulai hari ini dengan doa pagi. Karena gw enggak kuliah, jadinya enggak akan ada persiapan kuliah. Gw sempatkan diri untuk hening. Tak lama berselang gw mulai doa. Mengucap syukur untuk hari yang baru. Berharap semoga hari ini baik. Tak lupa juga untuk doakan Virgine. Berharap semoga hari ini dia baik-baik saja jauh di sana. Berdoa semoga Tuhan berikan hari yang terbaik buat gw. Segera setelah selesai dengan doa pagi yang singkat ini, gw pun bergerak turun dari ranjang dan berjalan keluar dari kamar.

Di luar kamar, gw sempatkan diri untuk sapa Odie. Gw ucapkan selamat pagi. Enggak peduli, asumsi gw dia ngerti ahahaha.. Setelah itu gw masuk ke dalam ruang makan. Noega tetap di tangan, saat gw hendak sarapan, gw dapati chat ucapan selamat pagi dari Jk. Jadi dekat gini sama Jk. Tapi enggak ada rencana sih ehehehe.. Ya gw balas ucapan selamat pagi itu. Kami pun kembali berbincang. Tapi pada saat makan ya gw enggak pegang Noega. Noega ada di atas meja makan, tapi gw enggak adakan kontak untuk sementara waktu ehehehe sarapan ya sarapan, harus fokus ehehe

Sarapan dengan menyantap mie instant rebus hehehe indomie rasa bakso sapi. Rasanya sangat tidak asing. Karena inilah makanan favorit gw semasa kecil ahahaha pernah kecil emangnya Nas? Hahaha selama kurang lebih satu jam habiskan waktu di pagi hari ini dengan makanan dan juga tontonan kartun pagi. Lama karena satu jam itu plus waktu menunggu makanan selesai masuk semua ke lambung. Kalau orang bilang nunggu makanannya turun hehehe.. Setelah selesai makan, gw pun ke dapur. Mencuci semua perlengkapan makan yang gw gunakan. Setelah itu, gw pun berjalan kembali ke dalam kamar ehehehe

Segera setelah sampai di dalam kamar, gw bersiap untuk lanjutkan kegiatan dengan aktivitas kerja tugas. Karena pada akhirnya gw ingat masih ada tugas kuliah yang belum gw kerjakan. Tugas kelompok sih. Tapi gw merasa sepertinya gw harus kerja keras untuk buat back-up tugas ini. Karena feeling mengatakan sebaiknya gw berjaga-jaga. Tapi gw enggak mau kalau semua tugas ini gw yang kerjakan. Kenapa? Karena pada akhirnya gw kan balik sama konteks dan deskripsi tugasnya. Ini tugas kelompok. Lebih dari satu orang. Dengan kata lain bukan gw seorang yang bertanggung jawab atas tugas ini ehehehe yah mumpung hari ini libur, sepertinya baik kalau gw manfaatkan waktu libur ini untuk nugas ehehehe setidaknya gw niat. Kalau tidak ya bisa saja nanti kepending lagi ehehe makannya kerja sekarang saja hehe

Tapi sambil menunggu Hani ready for use ya gw sempatkan diri untuk berbincang dengan Jk. Karena sepertinya memang Jk available untuk diajak berbincang. Karena kampus libur ya otomatis kami pun libur. Bedanya gw nugas di rumah, sementara Jk gaul ke mall. Ya biasalah gimana sih pola perilaku cewek. Trait belanja itu kayaknya sudah bawaan deh. Biar kata tomboy sekali pun, kalau sudah diajak shopping itu pasti cepat sekali responnya ahahaha no offense yaa! Gw hanya berpendapat sebagai manusia yang bebas hehehe.. Ya tapi bukan itu sih inti bahasan gw. Itu opini selingan saja. Pada kenyataannya ya gw hanya sejenak berbincang dengan Jk pada pagi hari ini ehehehe

Setelah dapati Hani ready to use ya Noega gw sisihkan untuk sementara. Langsung saja gw mulai kerjakan tugas yang selama ini terus gw pending. Mind set bahwa kerja kekompok itu harus plek-plek-an kerja kelompok ternyata enggak lagi berlaku. Gw tetap harus asumsikan bahwa itu tugas gw sebagai seorang mahasiswa. Kalau enggak ada yang kerja. Belum ada yang bisa.. Maka tak apa kalau gw kerjakan ini sendiri dulu. Perkara kelompok nanti ya bisa deh dibicarakan ehehehe segera saja gw mulai bekerja. Berkutat dengan tugas review jurnal hehehe tapi sejujurnya gimana tugas ini harus gw mulai buat itu ya masih blank banget ahahaha

Sama sekali enggak punya ide harus dibuat seperti apa. Tapi pada akhirnya gw mencoba untuk membuat tugas ini. Dengan bantuan data power point yang dosen berikan, gw mencoba beranikan diri untuk memulai progress tugas review jurnal ini ehehehe gw coba untuk ketak ketik.. Ajaib! Semuanya berjalan dengan sendirinya. Gw yang tadinya bingung.. Sekarang malah jadi asyik sendiri. Sepertinya sekarang gw sudah tahu jurnal ini harus di review macam apa. Tadinya ada lima jurnal. Gw pikir bisalah gw selesaikan semuanya. Tapi pada kenyataannya biar kata asyik, gw kembali sadari bahwa tugas ini adalah tugas kelompok. Jadi ya mau enggak mau harus menahan diri. Sisakan pekerjaan untuk teman satu kelompok. Untung satu kelompok cuma dua orang ahahaha

Akhirnya gw selesaikan review dengan tiga jurnal. Dua jurnal lagi atau sisanya, gw minta Bekel teman kelompok gw untuk rampungkan. Gw berikan deadline untuk dia hari selasa. Selasa nanti akan bertemu untuk membuat file presentasi dalam bentuk power point. Deadline keseluruhan tugas adalah pada tanggal tujuh April. Jadi ya gw coba kontak dia via chat. Untung banget dibalas. Jadinya gw bisa langsung serahkan semua sisa tugas paper ini ke dia. Ya tinggal sisa sedikit, dia pasti bisa. Dia setuju. Dia sanggupi dan akhirnya tugas yang sudah gw buat ini gw kirim ke Bekel via e-mail. Setelah itu gw selesai dengan tugas. Gw coba mencari keadaan tentang waktu. Ternyata sudah pukul dua sore ahahaha perasaan enggak lama gw ngerjain tugasnya. Tapi fakta menampik dengan tegas persepsi pribadi gw itu ahahaha ternyata hampir lima jam lamanya fokus gw terkunci pada layar Hani. Mencoba merangkai kata dan selesaikan tugas review jurnal bagian gw hehehe..

Sekarang gw punya waktu luang. Gw putuskan untuk break hehehe.. Tapi enggak tahu mau buat apa dengan waktu luang ini. Pada akhirnya gw masuk ke dalam saat berbincang dengan Jk. Kembali berbuncang dengan Jk ehehehe ya akhirnya sore ini memang gw kembali berbincang dengan Jk. Tapi topik perbincangan kami tidak banyak. Hanya saling tanya kegiatan apa yang sedang dikerjakan oleh masing-masing dari kami. Tapi memang kami mendadak dekat. Tidak hanya ucapkan aku-kamu. Kami juga sering menambah panggilan mesra. Tapi gw pribadi sih biasa saja. Sepertinya teman-teman di fakultas gw memang sudah biasa dengan hal semacam ini. Tidak berarti kami pacaran. Kami hanya dekat. Kalau urusan cinta ya tetap masih sama pribadi yang sama ya. Siapa lagi kalau bukan Virgine hehehe sekali pun saat ini kami hanya berteman. Tapi tetap saja harus gw akui cinta ini masih ada dihati dan itu untuk dia ehehe

Terus saja berbincang sampai akhirnya pukul setengah lima sore gw coba untuk sudahi perbincangan dengan Jk. At least untuk saat ini. Kenapa? Karena gw mau ke Gereja. Mau misa mingguan. Karena minggu lalu gw enggak Gereja jadinya gw suka gampang murung. Gw rasa tidak lagi untuk minggu ini. Maka dari itu dengan segera gw tinggalkan Noega. Chat terakhir gw dengan Jk itu pending. Jadi ya sudah. Enggak perlu gw tunggu juga. Jadinya langsung saja gw keluar dari kamar. Gw bersiap untuk misa sore pada hari ini. Gw keluar dari dalam kamar dan langsung saja masuk ke dalam kamar mandi. Tidak pakai lama, gw langsung bergebyar-gebyur ria dan pada akhirnya gw mandi selama kurang lebih lima belas menit.

Pada akhirnya setelah selesai, gw pun keringkan badan dan tidak pakai lama langsung balik ke dalam kamar. Dengan segera gw langsung berganti pakaian. Alakadarnya tapi tetap rapi, karena setiap kali Gereja itu gw berhadapan dengan Sang Pencipta. Segera setelah itu, gw pun bergegas untuk berjalan menuju ke Gereja. Gw pamit sama bokap dan nyokap. Setelah itu gw keluar dari rumah dan memulai perjalanan menuju ke Gereja. Cepet aja. Karena kan Gerejanya di dekat rumah. Hanya dalam kira-kira lima menit, gw sampai di Gereja. Langsung masuk danm ternyata masih sepi ada latihan persiapan Baptis. Tapi yang ngajar freak gitu. Pengen banget gw timpuk sendal ahahaha.. Ekstrem banget pemikirannya tentang Tuhan ckckck.. gw pribadi sama seklai enggak habis pikir dengan semua itu. Tapi ya sudahlah... orang macam apa pun ada di dunia ni ya hahaha

Akhirnya karena pada sore ini gw datang sangat lebih awal. Jauh sebelum misa dimulai. Gw hanya bisa masuk ke dalam moment untuk menunggu misa pada sore ini dimulai. Gw mencoba untuk konsentrasi dalam Gereja dengan berdoa. Tapi pada saat mulai berdoa lagi-lagi pengajar laithan Baptis itu berbicara dengan sangat keras. Jelas gw terganggu. Akhirnya ya enggak bisa konsentrasi. Gw hanya bisa menunggu misa dimulai. Tetap menunggu. Sampai pada akhirnya pada sat misa dimulai, gw melihat ada sesuatu yang menurut gw tidak gw ketahui sebelumnya. Banyak umat yang datang masuk dan membawa daun palma. Ternyata misa pada sore ini sudah masuk dalam event minggu palma ahahahahha shit gw sama sekali enggak tahu soal ini. Semua ini karena minggu lalu gw enggak ke Gereja. Kapok ahh ahahaha akhirnya gw enggak bawa palma. Enggak juga ingin mau ikuti prosesi misa dari luar. Enggak bawa palma juga ya, jadi buat apa gw ikut perarakan? Mending gw stay di dalam. Enggak peduli orang mau bilang apa. Gw tetap mantap untuk tidak ikut keluar dengan umat yang lain.

Tapi lepas dari ego gw semata. Tapi pada akhirnya gw masuk ke dalam sebuah pengertian bahwa sepertinya misa pada sore hari ini kembali menjadi sebuah misa yang tidak berkualitas. Hal itu tampak dari persiapan paduan suara. Sangat tidak siap. Bayangkan saat semua umat sudah menanti di depan Gereja, organis dari paduan suara ini belum juga datang. Datang telat dan itu membuat conductor marah. Dari ujung ke ujung dia teriak sama organis “cepat duduk dan miankan organnya.” Enggak habis pikir lah gw itu. Di dalam Gereja, konteksnya sedang mau misa ada saja yang teriak macam itu. Barbar sih kalau menurut gw. Tapi lebih jauh lagi adalah sebuah fakta yang mengatakan bahwa sesungguhnya bentakkan itu membuat organis bermain di bawah tekanan. Gw tahu organis ini tidak qualified. Tapi ditambah dengan adanya tekanan macam itu, bisa dibayangkan akan jadi seperti apa paduan suara ini, conductornya juga bisa gw bilang sampah banget sih. Entah sampai kapan musik di Gereja gw akan terus seperti ini. Keadaan macam ini membuat alami demotivasi untuk ke Gereja. Beruntung saat ini gw ke Gereja karena gw senantiasa bawakan ujud untuk doakan Virgine. Apa yang gw sebut sebagai weekly love wishes, gw lakukan pada setiap kali gw ke Gereja. Setiap minggu dalam satu pekan. Maka dari itu gw katakan sebagai weekly love wishes hehehe

Pada akhirnya memang apa yang gw firasatkan terjadi dalam kenyataan. Sama sekali enggak gw habis pikir entah kenapa misa atau ekaristi hari raya yang harusnya meriah dan bisa sangat dinikmati menjadi sama sekali enggak bisa dinikmati. Rasa-rasanya memang tidak ada bedanya dengan misa mingguan biasa. Jujur kalau gw boleh katakan ya sungguh ini mengecewakan. Gw coba untuk tetap fokus. Karena gw ingat dengan ujud yang gw bawa. Gw ke sini, gw datang ke Gereja dan misa itu bukan semata-mata untuk kepentingan gw pribadi. Gw di sini untuk malam mingguan, gw sebut itu dengan malam mingguan karena apa yang gw tuju dari sini adalah Virgine. Tapi pada kenyataannya gw enggak bisa lakukan itu karena dia jauh di sana. Sangat jauh dari gw. Gw enggak bisa lagi menemui dia. Jadi dengan kata lain gw minta bantuan Sang Mahacinta untuk bisa sampaikan semua yang gw rasakan sama Virgine. Pacaran tapi dengan bentuk yang berbeda. Tidak bertemu fisik, juga tidak memakai kemajuan. Gw pacaran dengan menggunakan media doa hehehe karena ingat Virgine, gw coba tetap khusuk di tengah ekaristi hari raya yang busuk ini, sudah gitu di dalam khotbah pastur menanyakan apa yang sesungguhnya merupakan misteri iman. Tidak layak untuk ditanyakan, dan memang tidak seharusnya ditanyakan.

Andai khotbah itu boleh gw debat. Pada akhirnya gw mencoba untuk tenang. Gw stay pada ujud gw. Tapi semua ritual misa yang gwlakukan ya tidak ada yang bisa gw hayati, karena sungguh sangat tidak berkualitas. Sangat tidak berkualitas karena dalam saat mengutarakan ujud pribadi.. waktu yang diberikan sangatlah tidak manusiawi. Sampah banget deh pokoknya! Gw sama sekali enggak merasakan ada yang layak untuk diapresiasi dalam misa sore ini. Semua ritual hanya gw lakukan sekedarnya kecuali satu: penyambutan hosti. Satu-satunya ritual yang gw lakukan dengan hati bersemangat. Hanya ini yang gw hayati dengan sungguh sepanjang misa sore ini. Setelah terima hosti, gw pun berdoa. Di saat inilah gw pol-polan menyempatkan diri untuk berbincang dengan Yang Mahakuasa. Berbincang via doa gw utarakan betapa kesalnya gw dengan misa pada sore ini, misa hari raya yang sangat jauh dari biasa. Tidak luar biasa juga tapi ini bukanlah misa. Suasana sepanjang misa sangat suram. Musiknya sangat tidak bersemangat. Sampah! Ya kata itu cocok untuk gw utarakan dalam doa hahaha selain itiu gw juga utarakan semua uneg-uneg gw dengan kehidupan. Dengan cinta, dengan kuliah dan dengan segalanya. gw juga enggak lupa doakan Virgine. Gw minta supaya Sang Mahacinta senantiasa menjaga dan menaungi dia yang senantiasa gw cinta hehehe ya karena gw udah enggak bisa lagi. Serahkan saja pada Yang Empunya Cinta hehehe ya weekly love wishes hehehe :’)

Selesai dengan misa, gw enggak pakai buang waktu lebih banyak lagi. Gw langsung saja cabut keluar dari Gereja. Sejujurnya dengan misa sore ini gw muak. Sangat muak. Tapi karena ada dialog langsung dengan doa tadi ya gw merasa lebih lega. Sepertinya gw dapatkan kekuatan untuk kembali bertahan pada tujuh hari ke depan ehehehe setidaknya lega karena apa yang gw rasakan terkait dengan Virgine gw sampaikan kepada sosok yang tepat. Sosok yang bisa dipercaya. Ya Sang Mahacinta itu sendiri hehehe.. setidaknya gw enggak perlu cemas karena gw percaya apa yang gw pinta pasti selalu bisa dikabulkannya dengan cara yang tidak pernah gw duga sebelumnya. Selesai dengan misa, gw langsung cabut pulang ke rumah. Niatnya sih enggak ingin langsung pulang, ingat pada beberapa hari yang lalu gw janji sama Vinta untuk belikan dia permen. Habis selama beberapa hari ini dia minta permen ke gw, gw selalu bilang gw enggak punya permen. Lagi pula gw memang tidak prepare untuk membawa permen ke kampus. Namun pada malam ini gw rasa sempat untuk membeli permen. Akhirnya gw mampir dulu ke sebuah mini market hehehe jadinya sih bukan cuma beli permen. Awalnya hanya ingin beli permen. Tapi lama berada di dalam mini market membuat gw membeli banyak sekali cemilan. Singkat kata, pikiran gw pada saat ini adalah membayangkan sepertinya mengasyikkan kalau bisa nonton tv sambil memakan cemilan hehehehe

Akhirnya memang jadi belanja banyak banget hahaha gw sama sekali enggak sangka akan jadi sebanyak ini belanjaan gw hahaha ya sudahlah. Karena sudah dibeli juga, rasanya enggak etis saja kalau gw kembalikan lagi. Akhirnya memang membayar dan jadilah gw pulang dengan banyak tas belanjaan hahahaha gw berjalan pulang dan begitu sampai di rumah, gw langsung saja masuk ke dalam kamar. Sebelumnya semua belanjaan gw letakkan di meja makan. Terserah siapa yang hendak makan ya silakan makan hehehe.. gw sekarang kembali ke dalam kamar. Setelah itu gw berganti pakaian dan langsung saja mulai renahkan diri di atas ranjang. Tidak pakai lama, gw langsung masuk ke dalam saat pribadi. Gw sempatkan diri untuk me time. Beberapa jam pada malam hari ini gw manfaatkan untuk me time. Tapi tidak hanya itu, gw hanya mengisi waktu luang yang ada. Pada akhirnya gw sambi me time dengan masuk ke dalam dunia maya dan chat. Gw twitteran sesekali dan kembali berbincang dengan Jk. Sempat juga berbincang dengan dek Ayu. Tapi sejujurnya gw sedang tidak ingin berbincang dengan dia. Karena kalau ladenin dek Ayu berbincang pada malam ini yang ada gw hanya merasa disonan secara kognitif. Akhirnya gw hanya berbincang dengan Jk. Sampai kurang lebih pukul sepuluh malam.semakin malam gw juga merasa mulai mengantuk. Pada akhirnya sekitar pukul setengah sebelas malam gw selesai dengan semua aktivitas. Gw bersiap untuk tidur dan sebelum mata ini terpejam. Selamat malam terakhir tak lupa gw ucapkan untuk Virgine. Semoga salam ini jauh terdengar sampai di Korea sana ya hehehe semoga...

Selesai juga akhirnya untuk hari ini. Hari libur yang kalau boleh gw katakan cukup menyenangkan. Bukan karena gw banyak kegiatan. Tapi lebih karena gw mendapatkan banyak sekali perhatian dan kebaikan dari banyak pihak. Enggak banyak juga sih, tapi kebaikan itu gw pandang sebagai sebuah perhatian yang tidak biasa. Entah apa yang sedang gw rasakan. Tapi gw senang sekali Jk begitu perhatian sama gw. Sebagai teman dia sangat perhatian dan entah apa yang membuat kami berdua pada akhirnya sedekat ini hehehehe.. tapi kami tetap akan menjadi teman. Tidak ada iatan yang lebih. Dari gw sendiri sih gw menganggap ini sebagai mungkin sebuah persahabatan hehehe.. tidak hanya itu saja dari segi kegiatan, gw juga senang karena banyak kegiatan yang sifatnya adalah pembunuh waktu kelas kakap. Sebuat saja tugas yang pada pagi hari ini gw buat. Berapa jam tuh berlalu hanya untuk membuat tugas? Hahaha luar biasa ya! Tapi di setiap kesenangan pasti ada juga hal yang tidak menyenangkan. Misa sore hari ini. Misa hari raya minggu palma di paroki gw. No comment bangetlah! Gw juga udah capek ngasih tahunya. Enggak ada perubahan juga dari kapan tahu. Harusnya dalam event hari raya macam ini berikan sebuah semangat yang baru ya! Sudah gw bilang musik itu juga menjadi elemen penting yang bisa membantu seseorang bisa dengan lebih menghayati sebuah ekaristi. Lagu-lagu yang seharusnya dibawakan adalah lagu yang memang mampu membantu setiap umat sampai pada penghayatan misa yang dalam. Kalau seperti misa hari ini sih ya gimana ya? Sudah capek sih gw keluarkan makian. Kalau boleh bertindak ageresif, sudah pasti gw gamparin condutor paduan suaranya. Mending berantem aja sih sama gw dari pada musiknya merusak mood gw untuk misa. Membuat iritasi telinga gw. Sumpah kesal. Tapi untungnya itu hanya sebagian kecil kekesalan di balik kesenangan yang menjadi dominan pada hari ini. Beruntung gw bawa ujud. Senang karena di dalam misa yang busuk gw masih bisa khusuk berpegang teguh pada ujud dan akhirnya kembali bisa doakan Virgine. Berharap segala sesuatu yang terbaik untuk dia yang sekarang jauh di sana hehehe.. terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk cerita, canda, tawa, duka, suka, dan mungkin juga air mata. Terima kasih juga untuk semua orang. Keluarga, teman-teman, sahabat, dan adek-adek angkat gw. Terima kasih untuk Jk yang udah buat hari ini rame hehehe walau hanya chat, aku sangat apresiasi semua itu. Untuk dek Ayu ya kamu udah gede ya, semuanya udah bisa kamu pikirkan dengan matang. Kamu jalani saja yang kamu yakini. Tapi maaf aku enggak ikut karena dalam hal ini prinsip kita berbeda. Untuk Virgine, makasi karena sudah membuka hari ini dengan sekelibat keindahan. Baik-baik ya lu Gin. Semoga di mana pun lu berada, lu selalu dapatkan hari yang baik. Lebih baik dari hari gw. Hari yang terbaiklah pokoknya hehehehe terima kasih untuk kalian semua. Percikan warna kalian membuat hari ini begitu penuh dengan warna. Luar biasa dan tidak ada kata lagi yang bisa mewakilikan apa yang hendak gw ungkapan atas anugerah luar biasa ini. Hanya bisa ucapkan terima kasih. Kebaikan di hari ini terjadi tidak lepas dari kehadiran kalian semua hehehe terima kasih!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar