Powered By Blogger

Minggu, 15 April 2012

Sabtu, 14 April 2012: Asesmen yuuk hehe enggak pakai nyasar :p

Hari ini bangun pagi. Sesuai dengan waktu alarm yang gw set pada malam kemarin sebelum gw larut dalam buai alam bawah sadar. Alarm berdering, nadanya yang begitu annoying membuat gw enggak bisa menghindar. Gw akhirnya terbangun dan sekitar pukul empat pagi hari ini gw memulai kisah di hari ini hehehehe

Memulai hidup di hari yang boleh dikatakan adalah hari libur bagi kebanyakkan orang. Tapi tidak dengan gw. Harusnya hari ini gw kuliah, tapi dengan berat hati semua itu harus gw korbankan demi adanya progress dalam tim asesmen YPB yang kebetulan gw ketuai. Tim asesmen SMK 4 hehehe maka dari itulah pada pagi hari ini gw bangun pagi. Karena biar kata tidak kuliah, gw tetap dituntut untuk bangun pagi. Bahkan bisa gw katakan lebih pagi dari saat kalau hari ini gw kuliah hehehe ya namanya juga tanggung jawab ya.. Harus ditunaikan ehehehe

Dengan segera gw bangun. Sekilas gw dapati sosok Virgine terlintas dalam pikiran. Hehehe sudah gw katakan apa yang baik akan tetap baik adanya walau hanya dalam pikiran sekali pun hehehe.. Tapi tidak gw sikapi apa-apa. Segera setelah itu, gw mulai duduk di pojok ranjang mencoba mengamati dan menyadari kondisi sekitar gw. Kondisi kamar gw.. Sambil mencoba dapatkan kesadaran secara perlahan hehehe enggak ada ngulet untuk pagi ini. Yang ada hanyalah duduk diam menunduk, sambil mencoba membuat planning di dalam pikiran.

Planning apa? Tentu saja apa yang akan gw lakukan untuk mengisi waktu pada hari ini ehehehe akhirnya dengan segera setelah merasa cukup sadar, gw pun memutuskan untuk memulai aktivitas dengan cek arsip dan kelengkapan asesmen. Karena hari ini adalah harinya bagi gw dan tim untuk bertolak ke bilangan Jakarta Utara. Untuk melakukan asesmen terhadap siswa dan guru peserta program pelatihan YPB pada tahun ini ehehehe jadinya semua arsip gw rapikan. Gw siapkan dan gw coba untuk kategorikan guna mempermudah proses pelaksanaan asesmen saat nanti gw berada di lapangan ehehe sampai kurang lebih pukul setengah enam kurang. Gw selesai dengan urusan cek arsip asesmen.

Kalau mau dikatakan jujur ya kalau bisa memilih, gw lebih pilih untuk libur. Akan tetapi sepertinya hal itu tidak mungkin. Suka tidak suka, sekarang gw harus beranjak dari dalam kamar. Memulai segala macam bentuk persiapan diri untuk asesmen. Gw keluar dari kamar. Sempatkan diri untuk masuk ke dalam kamar mandi. Gebyar gebyur selama kurang lebih lima belas menit. Segera setelah itu, gw kembali ke dalam kamar untuk berganti pakaian dan persiapkan isi reansel. Isi ransel pada hari ini agak berbebeda. Karena kepentingannya bukan kuliah, jadi ya bye binder dan bye tempat pensil ahahaha gw hanya bawa map arsip dan beberapa alat tulis ehehehe.. Gw mulai persiapkan isi ransel dulu sih, baru setelah itu gw berganti pakaian hehehehe

Dalam saat berganti pakaian, gw alami sedikit masalah. Karena kurang matang dalam segi persiapan, gw pagi ini bingung mencari di mana kemeja gw berada. Jadinya ngacak-ngacak kamar dulu, sampai akhirnya kemeja yang gw cari itu ditemukan ahahaha setelah siap, gw pun sempatkan diri untuk hening dan berdoa. Mengucap syukur untuk hari yang baru, berharap semoga hari ini baik. Tak lupa juga doakan semua orang baik yang dekat mau pun yang jauh. Semoga mereka semua baik-baik saja pada hari ini. Semoga mereka juga dapatkan hari yang baik. Setelah selesai, gw pun cabut dari kamar. Pamit sama bokap dan kebetulan nyokap ada di mobil. Tadi waktu mandi, gw minta tolong supaya nyokap panaskan dulu mesin mobil hehehe maka dengan segera gw keluar dari dalam rumah. Menuju mobil temui nyokap dan pamit. Segera setelah itu gw pun langsung saja tancap gas mobil memulai perjalanan untuk asesmen pada pagi hari ini hehehe

Dengan segera tancap gas. Tapi belum juga keluar dari komplek rumah. Sudah dipancing emosi oleh supir bajaj. Kejadiannya hampir sama dengan truk yang tidak mau mengalah pada beberapa waktu lalu. Tapi ini bajaj. Enggak tahu diri banget! Kalau saja ini mobil gw, gw tabrak pasti tuh bajaj. Biar tahu rasa! Di lingkungan orang tapi belagu macam itu. Kalau punya granat tangan, sudah gw lempar ke dalam bajaj itu dari tadi hahaha tapi untungnya lepas dari itu perjalanan menuju destinasi pertama yaitu kampus.. Berjalan dengan lancar. Sempat singgah di SPBU untuk mengisi bensin. Baru lanjut jalan lagi sampai di kampus. Begitu sampai di kampus, gw langsung masuk ke dalam gedung parkir mobil. Di gedung y lantai 6 gw parkirkan mobil. Setelah itu gw coba cek Noega. Karena kalau enggak salah dengar, tadi itu ada yang sms. Gw lihat dari siapa. Ternyata dari Dinda, teman satu tim gw.

Dari sms itu gw tahu bahwa dia sudah berada di kampus. Di sms itu menjelaskan bahwa Dinda ada di hall c. Maka dari itu, segera saja gw keluar dari mobil. Menuju ke lantai dasar gedung Y dengan bantuan lift. Setelah itu, gw langsung cabut menuju ke hall c dengan segera hehehehe.. Sampai di hall c, gw sempatkan diri untuk clingak clinguk mencari di mana Dinda berada. Ternyata ada di belakang gw hahaha konyol banget ini. Akhirnya gw duduk satu bangku panjang bermeja dengan Dinda. Masih harus menunggu satu teman lagi, William namanya. Tapi pada saat ini, gw dan Dinda lebih dulu berbincang seputar teknis praktis asesemen hari ini. Sempat Dinda gw tinggal sendiri, karena gw mau ke sekre untuk ambil meteran. Di sekre ternyata gw tidak sengaja bertemu dengan Kara hahahaha ya berbincang sejenak dan langsung balik ke hall c lagi hehehe

Sesampainya di hall c, masih saja Dinda seorang diri. Gw malah akhirnya banyak ngobrol sama dia. Jadinya telat dari waktu yang telah disepakati tim untuk berkumpul. Itu juga William belum datang. Gw telepon sama sekali tidak ada jawaban. Gw bilang sama Dinda, kalau dalam lima menit dia tidak kunjung muncul juga.. Tidak ada kata kasihan. Kita akan berjalan asemsen tanpa dia. Gw bukan orang yang suka dibuat menunggu untuk sebuah kesepakatan yang telah ada dengan pasti sebelumnya. Pada akhirnya tidak berselang lama setelah berkata itu ke Dinda, eh William datang. Huuftt puji Tuhan karena dengan begini tim gw sudah lengkap dan bisa dengan segera melakukan perjalanan menuju sebuah SMK di bilangan Tanjung Priuk Jakarta Utara. Tidak pakai lama, begitu William datang, gw dan Dinda langsung cabut dan William mengikuti.

Kembali ke parkiran.. Dan langsung saja kami semua masuk ke dalam mobil. Dinda di depan dan William di belakang. Sementara gw dengan kemudi hahaha segera saja kami bertolak cabut dari kampus. Menuju ke bilangan Tanjung Priok via toll. Semua urusan keuangan diurus oleh Dinda. Itulah kenapa gw meminta Dinda untuk duduk di depan hehehehe.. Bisa jadi pengelola dan admin keuangan yang mempermudah kerja gw dalam berkendara hehehe.. Segera setelah itu, gw langsung cabut dari kampus. Langsung saja tancap gas menuju ke SMK tujuan di bilangan Tanjung Priuk hahahaha Tanjung Priuknya sendiri adalah sebuah daerah yang tidak asing bagi gw. Tapi, lokasi tempat SMK ini berada adalah sebuah keasingan yang sifatnya spesifik. Beberapa hari yang lalu sudah sempat cek dengan gunakan googlemap. Jadi lebih punya bayangan. Perihal lokasi. Akhirnya memang tidak salah. Gw bisa dapati lokasi SMK tersebut tanpa perlu alami nyasar. Tidak seperti asesmen tahun lalu yang muter-muter kampung enggak jelas hahahaha

Begitu sudah sampai di lokasi, gw langsung parkir. Setelah parkir, semua orang di dalam mobil pun akhirnya turun. Gw kunci pintu mobil secara central dan kemudian secara bersama-sama berjalan masuk. Sambil memperhatikan dengan seksama seperti apa keadaan fisik sekolah. Ternyata sekolah ini sedang berada di dalam tahap renovasi. Akan tetapi yang belum direnovasi memang sangat tampak mengenaskan sih. Dibanding sekolah yang gw ases pada tahun lalu, sekolah ini lebih dengan jelas menandakan kemiskinan. Kami masuk dan dengan segera kami ditanyai oleh seorang bapak, sepertinya guru. Ditanya ya gw menjawab. Gw jelaskan dari mana. Setelah ada informasi yang jelas, akhirnya gw dan tim dipersilakan untuk menunggu orang yang kami cari. Orang yang kami cari ternyata belum datang. Maka dari itu kami diminta menunggu di sebuah ruang rapat yang bersebelahan dengan bengkel praktek. Ya enggak heran sih, karena ini kan SMK. Tapi yang enggak gw habis pikir adalah kondisinya yang ya Tuhan... Sangat tidak layak. Gudang di rumah gw saja masih jauh lebih bagus. Ya itu sih kalau gw boleh jujur komentar tentang kondisi fisik sekolah ini ehehehehe

Tadinya kami bertiga anteng-anteng saja di sana. Sampai saatnya gw ingat kalau ada sejumlah surat yang harus ditanda tangani dan dicap oleh kepala sekolah yang bersangkutan. Jadinya gw keluar. Gw mencari tahu siapakah kepala sekolah dari sekolah ini. Ternyata selidik punya selidik, orangnya belum datang. Adanya wakil kepala sekolah. Ya tidak apa. Toh memang wakil kepala sekolah itu ada untuk menggantikan peran kepala sekolah di saat beliau berhalangan. Memang seperti itu kan fungsinya? Jadi ya sudah wakasek pun jadi. Gw minta tanda tangan dan cap di ruangannya. Kalau dibandingkan dengan ruang menunggu kami, ruangan ini jauh lebih baik. Lebih nyaman dan sudah menggunakan AC hahahaha akhirnya tanda tangan dan cap diberikan. Setelah itu gw diajak ngobrol sama wakasek tersebut. Ya gw ladeni saja. Tapi lama-lama bosan gw. Gw putuskan untuk ajak kedua teman gw untuk bergabung. Jadilah sekarang kami bertiga berbincang santai dengan wakasek sambil sesekali memperhatikan sekitar. Memperhatikan para guru dan pegawai tata usaha yang kalau boleh jujur dari segi penampilang itu.. Umm.. Agak kurang layak ya. Tidak selayaknya sopan seperti guru kebanyakkan. Tapi justru itu menjadi fakta yang menarik sih buat gw. Ternyata ada juga ya yang seperti ini ahahaha lumayan juga skill kualitatif gw diasah di sini ahahahaha

Menunggu dan yang banyak berbincang dengan wakasek adalah William ahahaha kalau lihat yang kayak gini, asyik sendiri gw jadi bayangin meme di 9gag yang identik dengan kata 'now kiss' ahahaha tapi tidak berselang lama, kami akhirnya mendapati pihak yang berwenang terhadap kedatangan kami. Seorang guru pembina OSIS. Namanya pak Aji. Siapa yang lebih kenal dengan dia? Ya gw lah! Ahahaha karena yang foolow up dia kan gw ahahaha akhirnya kami bertemu semua dengan dia. Sekarang tiba saatnya bagi gw untuk lakukan asemsen terhadap guru ini karena dialah guru yang ditunjuk sebagai guru pendamping murid dari sekolahnya hehehe langsung saja gw dan pak Aji masuk ke dalam ruang rapat yang tadi menjadi ruang tunggu kami. Tidak pakai lama, gw langsung mulai wawancara. Dimulai dengan pengisian inform consent dan lanjut dengan kuesioner. Setelah itu wawancara. Tidak ada yang sulit. Tapi sepertinya guru ini sulit untuk mendeteksi sebuah kekurangan. Entah kenapa, untuk asemen ini gw rasakan itu sebagai sebuah masalah. Sebagai contoh saja, saat ditanya apakah dalam mengajar dia mengalami masalah. Dia bilang tidak. Padahal yang namanya orang hidup itu tidak pernah lepas dari masalah. Gw takut kalau guru ini adalah guru yang ibarat gelas, dia sudah penuh. Tidak bisa diisi lagi. Ya tapi itu bukan wewenang gw sih. Tugas gw ke sini adalah mengambil data. Maka tugas itu pun gw lakukan dengan sebaik mungkin hehehehe

Setelah selesai dari wawancara, kami masih saja berbincang santai. Gw coba tanya kapan sekiranya tim gw bisa memulai asesmen terhadap para siswa. Tapi ternyata gw dapati fakta bahwa siswa-siswa terpilih tersebut sedang libur. Karena kelas tiga berada dalam masa persiapan ujian nasional. Enggak tahu kenapa, sekilas di saat itu gw pikirkan Neva; sepupu Virgine. Enggak tahu kenapa, tapi itu random banget hahahaha.. Setelah dapati fakta seperti itu, gw merasa sepertinya kedatangan tim gw sia-sia. Tapi ternyata tidak se-sia-sia yang gw bayangkan. Tidak semua murid terpilih berhalangan hadir. Rupa-rupanya, beberapa murid yang berkumpul di ruang ini adalah murid-murid terpilih itu. Ada sekitar empat orang. Dari sana lah muncul ide untuk membuat kunjungan ini menjadi tidak sia-sia. Gw lantas temui tim gw yang masih duduk nyaman di ruang wakasek. Gw minta supaya mereka bersiap untuk ases para siswa. Maka dengan segera diases lah para siswa tersebut. Kondisi ruang asesmen sangat jauh dari ideal. Berisik dan bukan dalam kondisi kelas. Tapi ya memang lapangan tidak boleh dijadikan hambatan. Asesmen tetap berjalan. Selesai pada saat semua murid telah mengikuti proses pengukuran jaket celana dan sepatu hehehehe selama asesmen siswa ini, kami diberikan minuman. Diberikan minum kopi hitam untuk gw dan William. Teh manis untuk Dinda. Pas lah sama wajahnya yang juga manis ahahaha apaan?! Ahahaha

Dengan segera setelah selesai dengan asesmen beberapa siswa, gw berikan kekurangan arsip yang gw harap dilengkapi sebelum kunjungan kedua nanti. Kami kembali atur janji untuk kunjungan berikutnya pada tanggal 20 April mendatang ehehehe segera setelah semua kepentingan asesmen disampaikan, berbagai macam urusan asesmen dilaksanakan. Tibalah saatnya bagi kami untuk pamit pulang. Kami ucapkan terima kasih dan segera meninggalkan sekolah. Masuk ke dalam mobil dan berjalan kembali ke kampus. Tadinya gw mau antar mereka sampai ke rumah masing-masing. Mereka tidak mau ya sudah, jadinya ke kampus saja hahaha akhirnya selama perjalanan pulang kami berbincang seputar asesmen tadi. Ya ternyata bukan hanya gw yang memperhatikan konteks sekolah. Tapi komentar kami paling ramai adalah saat kami membahas pakaian pegawai tata usaha yang ahahaha enggak usah diulang lagi ya! Trio macan iwak peyek kalah hot ahahahaha kami berjalan kembali ke kampus. Melalui setengah rute toll. Kembali Dinda yang urus masalah keuangan hehehe.. Karena gw sudah pengalaman dengan lalu lintas toll, jadinya gw putuskan tidak secara penuh gunakan toll. Lewat jalan biasa saja dan akhirnya bisa sampai di kampus dengan segera. Tidak ada macet atau hambatan yang berarti. Puji Tuhan bisa antarkan mereka semua dengan selamat sampai di tujuan hehehehe.. Enggak masuk ke dalam kampus. Tapi hanya drop mereka di depan gerbang. Setelah itu gw berjalan lagi untuk pulang ke rumah. Sudah tidak pakai mampir-mampir lagi berjalan pulang ehehehe kalau sendirian di mobil jadinya agak garing. Tapi ya enggak apa kalau memang adanya harus seperti itu ya sudah. Terima saja. Sendiri juga terkadang memberikan banyak kesempatan untuk bisa semakin lebih baik mengenal diri kok hehehe

Berjalan dan akhirnya gw bisa sampai di rumah. Puji Tuhan karena sampai dengan selamat. Gw langsung parkirkan mobil. Gw matikan mesinnya dan tidak pakai lama, gw keluar dari mobil. Gw kunci pintunya secara central dan segera setelah itu gw berjalan kembali ke dalam rumah. Gw buka gerbang dan sempat menyapa dan membelai lembut Odiele yang tampak begitu senang melihat kedatangan gw hehehehe dengan segera, gw langsung bermain sejenak bersama dengan dia. Tapi tidak lama.. Akhirnya gw masuk ke dalam rumah. Masuk ke dalam kamar, lepaskan semua perlengkapan dan tak lupa gw berganti pakaian ehehehe.. Segera setelah itu, gw langsung keluar dari dalam kamar. Sempatkan diri untuk makan siang. Karena memang hari ini sudah siang hehehe kalau enggak salah ingat sudah pukul setengah satu lewat. Hampir jam satu hehehehe selama kurang lebih satu jam gw habiskan waktu di ruang makan. Makan sambil nikmati acara tv. Sesekali memperhatikan nyokap yang masih tampak begitu sibuk dengan urusan penataan ulang ruang makan dan ruang tamu. Belum selesai juga. Ya mungkin karena sudah tidak punya cukup tenaga untuk menjadi ibu yang perkasa. Tapi biar begitu, sampai kapan pun nyokap akan jadi satu-satunya wanita perkasa di dalam hidup gw. Bukan karena tenaga yang dimilikinya. Melainkan karena cinta yang ada mampu membuatnya melakukan banyak hal di luar batas kemampuannya hehehe iya perkasa dan sangat luar biasa. Itulah nyokap hehehehe

Selesai makan, gw langsung balik ke dalam kamar. Sudah sore kan! Sudah sekitar pukul dua hehehe dengan segera langsung balik ke kamar. Tadinya sih mau input data. Tapi pada akhirnya enggak jadi. Gw malah ingat kalau ada tugas kuliah yang harus gw kerjakan. Tugas dari mata kuliah yang mana pada hari ini sudah bolos hahaha dengan segera langsung saja gw buka Hani. Niat awalnya sih ingin langsung bekerja. Tapi pada daya ternyata begitu menunggu Hani ready to use, gw sudah lebih dulu di tarik oleh alam bawah sadar ahahaha dengan kata lain gw keriduran. Baru setelah gw bangun, gw sadari kalau hari sudah mulai gelap. Masih ada cahaya tapi tidak seterang tadi. Gw melihat Hani menyala dan ternyata dayanya tinggal 50% hahaha padahal tadi saat gw nyalakan harusnya sih masih 100% ahahaha efek dari ketiduran memang suka begini. Akhirnya gw langsung saja buat tugas. Kirain gw gampang. Enggak tahunya ampun-ampunan. Untuk bisa mengerjakannya, gw harus ngacak-ngacak web dulu. Hal itu memang memakan banyak waktu. Tapi demi selesainya tugas ini. Gw rasa waktu yang teralokasikan setimpal. Akhirnya gw hanya habiskan sisa hari ini dengan tugas.

Sampai pada sekitar pukul sepuluh, gw selesai dengan tugas. Capek. Enggak mau ngapa-ngapain lagi. Pada akhirnya gw putuskan untuk sudahi saja semua ini. Enggak ada rencana atau kegiatan lain lagi yang harus dilakukan. Maka ya sudah, dari pada melamun enggak jelas karena enggak ada kerjaan, ya sudah.. Selesaikan saja hari ini. Selesai buat tugas, gw pun memutuskan untuk kembali tidur saja. Toh harus gw akui bahwa memang tugas ini menguras banyak sekali tenaga. Terutama tenaga otak ahahaha selesai. Gw matikan Hani dan langsung saja gw bersiap untuk tidur. Ucapkan selamat malam dan dengan segera gw langsung saja mencari posisi tidur yang PeWe dan tidak lama berselang, gw pejamkan mata dan tidur ehehehe maka berakhirlah perjalanan hidup gw pada hari ini ehehehe

Huaaaaaah selesai juga ya hari ini. Kalau mau dilihat lagi ya sebenarnya kegiatan gw hari ini sama sekali tidak dapat dikatakan beragam ya. Hanya pergi asesmen. Selesai dan pulang kemudian menghabiskan waktu dengan nugas. Enggak sempat me time untuk hari ini hahaha semoga apa yang terjadi di hari ini bisa terbadikan dengan baik ya hahaha semoga masih ada kualitas daya ingat yang baik ahahahaha terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk cerita, canda, tawa, duka, suka dan mungkin juga air mata. Terima kasih juga untuk semua orang. Untuk keluarga. Teman-teman jauh, teman teman dekat, sahabat, dan adek-adek angkat gw yang mungkin hadir pada hari ini hehehe terima kasih tim asesmen SMK 4. Menyenangkan sekali bisa dapatkan warna baru dari orang yang baru. Jangan kapok ya corat coret kanvas kehidupan gw yang sederhana ini. Terima kasih hehehe dan Virgine yang jauh di sana, semoga hari ini lu dapatkan hari yang baik ya hehehe baik-baik lu! Jadilah perantauan yang membanggakan! Ahahahaha terima kasih! Terima kasih untuk semuanya. Untuk kalian semua. Kebaikan di hari ini tak lepas dari peran serta, campur tangan dan persinggungan dunia serta kehidupan gw dan kalian hehehehe terima kasih! Luar biasa masih bisa rasakan indahnya anugerah kehidupan hehehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar