Powered By Blogger

Jumat, 23 Maret 2012

Selasa, 20 Maret 2012: Ini budaya, itu budaya. Jadi budaya itu apa? Ahahaha

Seperti hari yang sudah-sudah, hari ini pun gw mulai dengan bangun pagi. Begitu bangun langsung kepikiran Virgine. Akhirnya gw sempatkan diri untuk segera ber-daily love wishes hehehe.. Baru setelah itu, gw langsung masuk ke dalam moment pencarian waktu ahahaha.. Saat dimana gw mencari keberadaan Noega untuk mencari tahu tentang waktu yang terjadi pada saat ini. Gw dapati Noega, gw lihat display layarnya. Dari sana lah gw tahu bahwa sekarang ini pukul enam. Enam lewat, tapi juga bukan setengah tujuh. Tapi pastinya gw enggak ingat hehehe.. Ngapain juga yang kayak gitu diingat. Kasihan otaknya, beban memori itu harusnya dikurangi biar enggak stress hehehe karena belajar jadi tahu. Enggak sia-sia kan gw masuk psikologi? Ahahaha :p

Selesai dengan khayalan akan Virgine; yang jujur sampai sekarang gw enggak tahu ini benar atau salah (sepertinya kurang pengalaman hahaha), akhirnya gw lanjutkan hari ini dengan segera bergegas keluar dari kamar. Tidak membuang waktu lagi karena gw ingat pagi ini ada kuliah pagi. Lebih parahnya lagi.. Gw ingat ada tugas pribadi yang belum gw kerjakan ahahaha sungguh tidak biasanya gw seperti ini. Biasanya gw kerjakan tugas jauh sebelum deadline. Tapi ini? Ahahaha seperti faktor penurunan daya ingat berbanding lurus dengan bertambahnya usia yaa hahaha pada akhirnya untuk pagi ini, gw mulai persiapan kuliah dengan membuat tugas yang terlupakan ini. Beruntung hanya diminta untuk mencari definisi. Dari dua buah konsep yang diajukan oleh dosen terkait. Jadinya untuk persiapan kuliah pagi hari ini tidak gw mulai dengan mandi. Tidak seperti biasanya karena ya gw yang lupa tadi itu hehehe

Akhirnya gw keluar dari kamar, dengan segera gw langsung berhadapan dengan komputer PC yang segede gaban yang ada di ruang makan. Gw ada Hani, tapi malas rasanya kalau harus membongkar tas yang sudah rapi. Karena enggak ada buku yang harus dibawa pada kuliah hari ini. Jadinya isi ransel yang kemarin gw bawa lagi hehehe berhadapan dengan PC, segera saja gw nyalakan. Gw sambung dengan koneksi internet via modem dan segera saja gw langsung googling dan mulai mencari definisi konsep yang harus dicari hehehe.. Beruntung gw langsung menemukan. Di bawah tiga puluh menit, gw bisa selesai dengan tugas. Perkara print, yaa nanti saja gw print di kampus hehehe.. Dengan segera gw langsung lanjutkan persiapan kuliah dengan masuk ke dalam kamar mandi. Barulah pada saat ini gw masuk dalam ordinary preparation untuk kuliah ehehehe enggak buang waktu lebih banyak lagi, karena memang gw enggak punya banyak waktu untuk leha-leha pada pagi ini hehehe..

Gw masuk ke dalam kamar mandi, gw gebyar gebyur membersihkan diri selama kurang lebih lima belas menit. Selesai dan akhirnya langsung masuk kembali ke dalam kamar. Gw langsung lanjutkan persiapan dengan berganti pakaian. Berakhir dengan pencukuran jenggot dan kumis hehehe.. Segera setelah itu, gw keluar dari dalam kamar. Di ruang depan, gw sempatkan diri untuk masuk dalam keheningan, setelah hening gw pun mulai untuk berdoa pagi hehehe.. Mengucap syukur untuk hari yang baru. Berdoa semoga hari ini menjadi hari yang baik. Berdoa semoga Virgine hari ini baik-baik saja. Berharap semoga Virgine pun diberikan hari terbaik, di mana pun dia berada. Setelah itu gw langsung kenakan perlengkapan berkendara. Gw pamit sama semua orang rumah. Tidak pakai lama, gw langsung cabut keluar dari rumah. Menemui motut dan dengan segera langsung masuk ke dalam permulaan perjalanan ke kampus. Motut sudah dipanaskan. Jadinya enggak usah dipanaskan lagi, bisa langsung tancap hehehe..

Selama perjalanan, gw dapati jalanan yang bisa dikatakan cukup padat. Hampir tersendat, tapi beruntung masih bisa jalan walau perlahan. Otomatis itu membuat perjalanan menjadi lebih lama. Gw jalan sekitar pukul setengah delapan kurang. Rupanya itu adalah puncak kemacetan ibukota hahaha gw mana tahu? Gw cuma mau cepat sampai kampus karena masih banyak urusannya. Ternyata eh ternyata malah begini adanya ahahaha.. Oh ya sudah sabar. Cuma itu satu-satunya kunci untuk bisa tetap adem begitu sampai di kampus. Memang jadinya lebih lama. Belum lagi hari ini ajaib sekali dapat antrian untuk masuk ke parkiran. Antrian bukan cuma satu dua motor. Tapi ada kali tuh sebelas dua belasan motor hahaha.. Lagi-lagi sabar. Tapi akhirnya gw bisa masuk juga ke parkiran. Sebelumnya puji Tuhan karena gw bisa sampai kampus dengan selamat hehehe.. Gw langsung parkir dan enggak pakai lama cabut dari parkiran ehehehe

Untuk hari ini, helm dan jaket gw titipkan di senat fakultas. Kebetulan gw punya kuncinya. Jadi santai saja hehehe.. Berjalan masuk ke dalam bangunan utama kampus, menuju ke senat fakultas. Ternyata di sana ada beberapa teman. Ada Amink, Vicco, Harmoko, dan Sabi. Pada akhirnya gw langsung masuk ke senat. Gw titipkan helm di sana. Gw yakin aman. Lagi pula sekarang gw di kampus bukan lagi seorang junior hehehe.. Akhirnya gw langsung nitip tas sama Amink ehehe.. Pada akhirnya gw langsung masuk ke dalam warnet kampus. Karena gw belum print tugas yang tadi gw buat. Pas pagi-pagi tadi itu lho ehehehe.. Cuma sebentar. Akhirnya gw langsung balik ke senat. Menunggu kelas dimulai. Karena gw enggak punya ide juga untuk lakukan hal lain. Gw duduk dan berkumpul. Gw coba untuk me time, tapi penuh dengan distraksi ehehe.. Gw me time dan sesekali berbincang dengan yang ngajak gw berbincang. Tidak ada aktivitas yang dominan. Dua-duanya seimbang. Terus seperti itu sampai akhirnya pukul sembilan, gw dan beberapa teman yang sekelas pada kelas pertama di pagi hari ini.. Bergegas untuk segera cabut ke dari senat, masuk ke dalam kelas.

Akhirnya sampai sudah di kelas pertama ini. Kelas kasab. Hari ini berkutat dengan definisi budaya. Harusnya sih masuk ke dalam presentasi masing-masing kelompok. Tapi dosennya malah sedikit bahas yang lain. Akhirnya kelas berjalan dengan cara yang cukup unik ehehehe.. Akhirnya kelas pada pagi ini berlangsung dengan cukup ramai. Enggak semuanya antusias sih. Tapi gw termasuk dalam yang antusias. Masalahnya topik bahasannya menarik. Simple sih cuma ditanya, "budaya itu apa sih?" hanya dengan pertanyaan itu, bahasa kelas menjadi sangat beragam. Awalnya agak kaku karena dosen menuntut mahasiswa yang lain untuk memperhatikan presentasi. Tapi pada akhirnya kelas bisa kembali baik dan menyenangkan. Bahkan bisa dibilang cukup interaktif. Aktif juga karena interaksi dua arah yang terjadi selama terbilang baik. Jadinya enggak semua kelompok presentasi. Hanya beberapa saja. Sampai akhirnya kelas pertama ini selesai dan gw masih enggak dapatkan sebenarnya apa itu budaya. Karena di kelas itu tadi bilang ini budaya? Iya! Itu budaya? Iya! Semua budaya ahahaha suka-suka budayawan dan ahli-ahlinya aja deh ahahaha *stress* pada akhirnya sekitar pukul dua belas lewat dua puluh menit (sesuai dengan jadwal KRS) kelas kasab di pagi ini pun selesai hehehe.. Segera saja gw keluar dari kelas. Bersiap untuk kelas yang berikutnya hehehe..

Tapi saat ini kelas kedua akan baru dimulai pada pukul satu. Masih ada empat puluh menit waktu luang. Gw sempatkan diri untuk duduk di koridor gedung bks 2. Di depan kelas dan gw sempatkan diri untuk lanjutkan me time. Entah kenapa, Noega siang ini sedang error ahahaha tiba-tiba saja dia mati sendiri. Alhasil entri me time yang baru saja gw update, belum sempat gw save pun hilang ahahaha harus buat lagi. Tapi enggak apa. Meski tidak akan sama, intinya tetap sama kok. Toh ini baru mulai. Ibarat sedang mendirikan rumah, terus sudah selesai dengan tahap pemasangan fondasi. Mau ditutup dengan layer bawah. Tapi ternyata ada masalah pada fondasinya. Harus bongkar lagi. Tapi tidak rumit karena layer bawah rumah penutup fondasi itu belum dipasang hehehe.. Me time dan akhirnya saat kelas sudah kosong, gw masuk. Gw duduk dan kembali gw lanjut me time. Me time di luar kelas itu gw lakukan hanya karena ruang kelas terkait masih digunakan untuk kelas yang lain yang bukan kelas gw. Jadi yaa me time sambil menunggu kelas ready gitu deh ehehehe yaa dari pada sayang waktunya kebuang dengan percuma. Lebih baik me time saja. Toh memang itu fungsi me time. Membuat waktu luang menjadi sesuatu yang benar-benar berharga ehehehe..

Akhirnya gw berhenti me time. Pause maksud gw.. Pada saat dosen masuk ke dalam kelas dan segera setelah itu kelas kedua dan terakhir untuk hari ini pun dimulai. Kelas konseling. Diawali dengan pemilihan ketua kelas. Awalnya masih sama seperti minggu kemarin. Masih tidak jelas siapa yang menjadi koordinator dalam kelas, yang membantu dosen sampaikan informasi kepada para mahasiswa. Tapi pada akhirnya didapatilah dua orang. Setelah itu kelas pun dimulai. Materi hari ini adalah tambahn micro skill dalam melakukan konseling. Ada reframing, ada konfrontasi, dan normalisasi. Tidak hanya dijelaskan mengenai apa itu. Tapi kami juga diberikan kesempatan untuk berlatih. Mengerjakan sendiri latihan kecil tentang itu. Awalnya memang dikerjakan sendiri. Tapi pada akhirnya perkerjaan itu dicompare dengan pekerjaan teman-teman. Bergabung dalam sebuah kelompok kecil dan terjadilah proses sharing di sana hehehe.. Segera setelah itu, gw dan kelompok langsung memulai sharing. Sebagian besar anggota adalah perempuan. Tapi gw biasa aja. Memang psikologi kan identik dengan kaum hawa sebagai mayoritas populasi hehehe.. Ayo yang jomblo, yang mau cari pacar boleh kakak mampir lihat-lihat ahahaha padahal sendirinya juga jomblo. Eits! Siapa bilang? Jangan sok tahu ya! Ahahaha gw ini bukan jomblo biasa ahahaha jomblo dengan cinta khayalan ahahaha mati ngayal mati ngayal deh gw. Bodo amat ahahaha

Akhirnya diskusi kelompok, tidak lama setelah itu.. Gw pun selesai dengan kelas konseling. Langsung pulang? Biasanya iya. Tapi terkait dengan peran sebagai asdos dalam mata kuliah psikologi eksperimen, sore ini gw punya janji untuk menemui atasan gw mas Darma. Bersama dengan Kara yang kebetulan juga sekelas dalam kelas konseling ini. Selesai dengan kelas, gw bersama dengan Kara pun langsung saja berjalan bersama. Hubungan yang ada hanya sebatas rekan kerja ahahaha profesional banget ya gw! Wkwkwk padahal kalau mau dibilang Kara itu cantik, baik, perhatian juga kalau sama yang udah kenal. Tapi enggak bisa buat gw menganggap lebih lho ahahaha puji Tuhan, masih terjaga. Masih setia ehehehe.. Akhirnya kami berdua berjalan bersama menuju ke ruang dosen fakultas di c5. Sampai dan langsung menuju ke cubicle-nya mas Darma. Karena sudah janji dan deal mau bertemu, maka kami pun dengan mudah untuk masuk. Dipersilakan malah sama mas Darmanya. Pada akhirnya fenomena para mahasiswa pun kami ajukan. Terus kami ajukan satu persatu. Ternyata yang didapat itu banyak. Tidak hanya pada nasib para mahasiswa didik, tapi buat gw dan dan Kara juga. Kami mendapatkan sesuatu. Transfer of knowledge kalau mau dibilang sih yaa seperti itu ehehehe.. Dapat tambahan pengetahuan. Seperti refresh kuliah tentang eksperimen. Tapi konteksnya tidak mengulang, melainkan menambah pemahaman ehehe..

Sebentar sih kami diskusikan tema tentang eksperimen para mahasiswa didik. Segera setelah itu kami bertiga pun cabut. Pas juga dengan saat mas Darma mau pulang. Ternyata gw dan Kara adalah kerjaan terakhir beliau di hari ini ahahaha.. Akhirnya kami turun ke lantai dasar bersama-sama. Tapi setelah sampai di lantai dasar, gw berpisah dengan mereka semua. Kalau enggak salah ingat itu sudah pukul empat sore. Langsung saja kembali ke senat untuk ambil helm dan jaket. Setelah itu, gw kembali ke dalam parkiran motor. Sejenak bersiap untuk pulang. Begitu siap, langsung gw keluarkan motut dari area kampus dan gw pun memulai perjalanan pulang ke rumah ehehehe.. Karena memang sudah tidak ada kerjaan lagi. Jadi buat apa gw lebih lama di kampus, di rumah gw juga masih bisa lakukan hal lain. Sekali pun itu hanya bermellow ria dengan aneka lagu dan rasa hati, tapi gw suka yang seperti itu. Merasakan dengan sungguh setiap gejolak emosi yang terjadi di dalam diri ehehe.. Gw pun cabut dan aneh banget! Saat sampai di jalan gw dapati jalanan yang sangat sangat padat. Benar-benar enggak lazim. Awalnya gw bertanya-tanya, ini kenapa. Tapi pertanyaan gw itu terjawab begitu ada lebih dari tiga unit mobil panser yang dikawal oleh mobil polisi menuju ke arah bunderan HI. Segera ngeh ternyata something shit happend today in this city.

Tapi tidak sepanjang rute jalan pulang gw macet. Macet gila itu hanya di protokol kota ini. Masuk jalan kampung tidak ada pemandangan macam itu. Memang jadinya lebih lama untuk sampai di rumah. Tapi syukur banget karena enggak perlu macet seperti itu sepanjang perjalanan. Puji Tuhan juga karena bisa sampai di rumah dengan selamat. Gw masuk, gw parkirkan motut dan gw pun masuk ke dalam kamar. Gw ganti pakaian dan niatnya sih ingin rebahan dulu di atas ranjang. Tapi mendadak nyokap minta gw untuk antarkan dia ke Gereja. Gw bilang capek, terus gw bercanda. Gw bilang "wani piro?" Ahahaha terus nyokap malah janjikan gw ayam goreng ahahaha gw belum makan seharian dan ditawari ayam goreng. Pas banget! Gw oke saja dengan tawaran itu. Gw antarkan nyokap dan benar di perjalanan nyokap belikan gw ayam goreng ahahaha luar biasa. Akhirnya setelah drop nyokap di Gereja, gw pun berjalan pulang kembali ke rumah. Sesampainya di rumah, barulah gw masuk ke dalam saat dimana gw harus mengisi tenaga. Maka dari itu gw makan dulu ehehehe makan sambil nonton tv.

Sekitar satu jam gw makan dan menunggu makanan turun. Pada akhirnya, sekitar pukul setengah lime lewat hampir pukul lima sore hari ini gw selesai dengan makan. Gw kembali ke dalam kamar. Setelah sempat mencuci semua perlengkapan makan yang gw gunakan. Jadinya setelah selesai dengan itu, gw kembali ke dalam kamar. Buat apa di dalam kamar? Gw mulai dengan me time ehehehe.. Gw langsung saja rebahan ke atas kasur. Lanjutkan entri day by day yang telah dibuat sedari pagi tadi. Dengan segera saja gw mulai ketak ketik Noega. Ditemani dengan kartun sore di tv. Dengan segera gw langsung melalui waktu pada sore ini dengan lebih cepat. Otomatis pasti seperti itu hehehe dan memang betul. Pada akhirnya gw lalui sore hari ini dengan cepat. Saking cepatnya sama sekali enggak gw rasakan. Ada kali tuh gw me time selama tiga jam. Karena begitu selesai, gw dapati bahwa sekarang ini sudah pukul delapan malam. Akhirnya gw langsung selesai dengan me time. Gw putuskan untuk break dulu. Longgarkan semua urat syaraf yang sudah tegang karena berkutat dengan me time. Akhir-akhir ini gw merasa memang me time itu melelahkan hehehe.. Tapi lagi-lagi komitmen yang ada membuat gw enggak bisa berkata tidak. Mau enggak mau, suka enggak suka. Lagi pula ini sejarah hidup gw. Apresiasi tertinggi terhadap anugerah kehidupan ehehe.. Dari segala yang ada tidak ada yang lebih berharga dari pada hidup itu sendiri. Tanpa hidup, semua yang berharga itu tidak akan pernah ada. Tidak akan pernah jadi sesuatu yang nyata hehehe..

Sampai akhirnya sekitar pukul setengah sembilan gw selesai dengan me time. Satu entri telah selesai. Tidak ada lagi hutang entri day by day untuk hari ini. Tadinya gw pikir gw masih bisa nikmati sisa hari ini dan akhirnya gw merasa bahwa malam ini akan menjadi satu lagi malam yang panjang. Sayangnya semua itu hanya harapan dan angan-angan. Pada akhirnya badan yang berbicara. Dia katakan kalau sudah lelah. Terasa sekali keinginan untuk langsung tidur menyudahi hari. Maka dari dengan segera gw turuti saja. Karena dengam sadar gw rasakan kantuk tersebut. Akhirnya gw putuskan untuk tutup hari ini. Semua gadget gw matikan. Gw charge semuanya dan segera setelah itu, gw pun bersiap untuk tidur. Mematikan semua lampu di kamar. Di dalam kegelapan gw mencoba untuk mencari posisi tidur yang PeWe. Tidak lupa untuk mengucapkan selamat malam kepada dunia via twitter dan di dalam hati ucapkan selamat malam juga kepada Virgine. Barulah setelah itu gw tertidur hehehe karena memang sudah capek dan ngantuk pula jadi yaa apa mau dikata. Sudahi saja semuanya di hari ini ehehehe..

Selesai juga akhirnya untuk hari ini. Sebenarnya gw bingung mau komentari hari ini seperti apa. Karena memang seperti itu adanya. Tapi satu hal yang gw dapatkan dari hari ini, bila gw coba pasangkan dengan caption yang gw gunakan untuk menggambarkan hari ini adalah fakta bahwa budaya memang tidak bisa disama ratakan begitu saja. Memang tidak ada definisinya. Tapi terkadang jika melihat banyak definisi yang ada, budaya itu sangatlah abstrak. Kesepakatan tentang definisinya saja belum ada ahahaha seperti sedang dalam masa pencarian jati diri. Intinya adalah yaa sebaiknya memiliki definisi sendiri hehehe *enggak penting sih ini sebenarnya* tapi, kalau mau dilihat secara keseluruhan.. Hari ini terasa sangat fun kok. Apa lagi pada saat di kampus. Gw kalau di rumah memang enggak atau jarang sekali fun. Biasanya semua yang fun itu gw temukan di luar rumah. Kalau di rumah kerjaan gw hanya bermellow ria dan kadang gw suka terpuruk sendiri dengan itu ahahaha tapi setidaknya semua itu membuat satu hari gw balance. Jika ada aktivitas di luar rumah dan aktivitas di rumah. Jika dipadukan itu akan balance ehehehe.. Terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk cerita, canda, cinta, tawa, duka, suka, dan mungkin juga air mata. Terima kasih juga untuk semua orang. Keluarga, teman-teman, sahabat, adek-adek angkat, dan satu cinta di hati yang gw enggak tahu sampai kapan akan terus gw pertahankan. Semoga saja gw enggak lelah hehehe terima kasih untuk kalian semua. Untuk Virgine (mungkin ini terakhir kalinya gw sebut nama lu. Gw enggak ingin terbuai dalam khayalan. Tapi sebagai teman gw berdoa semoga lu baik-baik saja. Lu dapatkan hari terbaik di mana pun lu berada. Hari ini baik. Tapi ini bukan jaminan untuk esok yang baik pula. Semua itu harus diusahakan. Perlu daya juang lebih dan gw tahu ini tidak mudah hehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar