Powered By Blogger

Senin, 20 Juni 2011

Selasa, 14 Juni 2011: take data hahaha melanglang buana agar tidak gila haaah! Verbatim... x(

Hahahaha inilah harinya, hari dimana semua konsep yang kemarin kami (gw dan kemlompok kerja wawancara) buat dalam bentuk panduan akan diujikan secara nyata di dalam lapangan hahaha dua orang pertama (kalau sesusai dengan jadwal sih yaa :p hehehe) akan mencobakan panduan wawancara yang telah dibuat semalam suntuk hahaha hari ini waktunya field untuk data analisis ujian akhir mata kuliah wawancara hehehe :p

Pagi ini gw bisa bangun dengan tepat waktu sesuai dengan rencana. Walau kemarin gw tidur di awal hari ini hahaha sekitar jam 2, gw bisa bangun sekitar jam 5 hehe terima kasih untuk sebuah bentuk penemuan yang bernama handphone yang di dalamnya memuat sebuah penemuan yang bernama jam ber-alarm hahahaha karena benda itulah gw bisa bangun tepat waktu hahaha :p dan bisa dengan segera kumpulkan nyawa.

Enggak mau kejadian kemarin terulang lagi untuk yang kedua kalinya. Jadinya gw berikan waktu untuk tubuh ini kumpulkan nyawa sesuai dengan kemauannya. Enggak lagi gw force hahaha karena pada pagi ini gw sangat membutuhkan kesadaran yang prima hahaha :p enggak perlu di force, waktu yang dibutuhkan diri ini untuk kumpulkan nyawa bisa dibilang cukup singkat kok hehe enggak sampai 10 menit. Karena saat lagi kumpul nyawa, gw ingat kalau harus cek komputer. Lihat feedback panduan yang dikirim oleh asisten hahahaha

Ingat hal itu langsung membuat gw sadar secara penuh hahaha enggak pakai lama, dan enggak tahu sekarang jam berapa... Gw langsung keluar kamar, kembali berhadapan dengan komputer yang belum (baca: lupa) gw shut down hahaha gw-nya ketiduran tapi komputernya enggak hehe semoga aja enggak rusak deh hehehe dan begitu gw lihat e-mail, belom ada tuh e-mail masuk satu pun di inbox. Cek di spam juga enggak ada yang menggunakan embel-embel feedback. Jadi gw yakin kalau e-mail feedback belum gw terima hahahaha

Udah enggak ada waktu lagi, enggak peduli dengan apa yang dilakukan oleh asisten dosen yang bersangkutan pada malam ini. Gw langsung ambil Hp dan bilang kalau gw belum terima e-mail feedback. Gw butuh feedback dikirim sekaranf juga, karena gw akan lakukan pengambilan data pada hari ini (hahaha walau pun hasil feedback-nya buruk gw akan tetap ambil data jadi yaa sebenarnya enggak begitu ngaruh juga hehehe :p) tapi gw butuh tahu apa isi feebacknya hahaha biar paling enggak kalau nanti mau (kalau nanti lho yaa) gw perbaiki bisa hahahaha

Begitu terima e-mail feedback-nya... Gw buka dan gw lihat... *sumpah serapah* *di sensor* gw sama sekali enggak ngerti. Apa otak asisten dosen gw ini bukan manusia apa gimana... Yang jelas gw sama sekali enggak dapat koreksi yang membangun. Hanya mepertanyakan ulang ulang dan ulang hahaha pangen banget gw tumbuk orangnya kalau ada di depan gw pada saat ini hahaha akhirnta gw coba buat lihat lagi dengan seksama, kenapa komennya bisa samapai seperti itu, sangat enggak berguna hahaha tapi gw enggak menemukan sebuah indikasi yang crucial dari komen yang enggak jelas banget. Ini. Gw menduga mungkin asisten ini juga sedang stress dengan kontesnya. Sebal! kalau enggak sanggup berlaku dengan profesional yaa jangan jadi asdoslah... Nyusahin aja hahahaha *maaf yaa gw emosi ni hehehe :p*

Ya udah gw enggak ambil pusiang lagi lah dengan semua feedback tadi. Gw harus tetap fokus untuk persiapkan field hahaha dan pada pagi ini gw coba atur janji dengan teman wawancara gw, Lulu via sms. Setelah sms dia bilang supaya gw menjemputnya pada pick point yang sudah disepakati bersama kemarin hahahaha dan setelah berbalas sms selama beberapa saat, akhirnya kami sepakat untuk bertemu pada jam 9 pagi ini hehehe

Kayak enggak ngeh lagi soal jam. Dalam hati gw berucap, "emang sekarang jam berapa sih?" maka dari itu gw coba perhatikan jam yang ada di Hp gw coba lihat dan hahaha ternyata baru jam 7 hahaha yaa sudah itu artinya setidaknya gw punya waktu bebas selama kurang lebih dua jam lamanya hehehe jadinya gw pergunakan waktu luang ini untuk nontob kartun pagi hehehe lumayan bikin fresh otak hehehe apa lagi nanti gw mau take data wawancara jadi yaa okelah hahaha gw rasa gw butuh penyegaran hehehe

Tapi enggak cuma dengan tv, gw juga sempatkan diri untuk menggarap entry me time yang mungkin sudah agak lama terbengkalai hahaha beberapa hari belakangan ini hanya bisa buat draft dan akhirnya baru pada pagi hari ini lah gw masuk ke dalam real me time hehehehe gw mulai dengan kembali mengingat hahaha mengingat semua kejadian yang sudah berlalu hehhe dan sungguh draft itu membantu gw untuk dapat mengingat moment demi moment dengan mudah hehehehe :)

Yaah karena dengan me time gw melalui waktu luang yaa jadinya enggak terasa deh tuh kalau dua jam berlalu dengan sangat cepat hahaha enggak sampai dua jam sih gw me time. Gw lebih fokus sama detik-detik menjelang field hehehe sekitar jam setengah 9 gw mulai sibuk dengan persiapan field hehehe gw coba untuk beli reward ke pasar. Beli sembako, dan setelah ittu mandi hehehe karena sesuai dengan jadwal gw harus jemput Lulu kan yaa hehehe jadinya sebelum jam 9 gw udah harus siap hehehe

Maka enggak pakai lama, begitu gw pulang dari pasar, bawa sembako-sembako tadi... gw langsung pergi ke kamar mandi hehehe langsung mandi enggak pakai lama, karena gw janjinya sama Lulu itu take dia jam 9-an hehehe karena sudah hampir jam 9 gw buru-buru mandi hehe jangankan nyanyi. Bersenandung pun tidak hahaha cuma gebyar-gebyur, sabunan, dan sikat gigi. Habis itu langsung masuk ke kamar untuk berganti pakaian hahahaha

Persiapan gw untuk field yaa santai aja. Baju juga cuma pakai baju rumah aja: celana pendek dan kaos hahaha habis itu gw langsung keluar kamar. Enggak pakai lama, gw cuma berdoa pagi hehe berdoa buat gw, berdoa buat ayang juga hehe yaah biasa lah biar hari ayang si Korea sana juga baik adanya hehe semoga baik, kan yang namanya doa itu memanjatkan harapan dan bersyukur hehehe barulah selesai doa... Gw cabut dengan motut untuk jemput Luli di pick point hehehehe

Gw enggak langsung cabut begitu mandi, karena tadi pagi pas sms Lulu... Dia bilang kalau akan sms gw kalau misalkan nanti dia sudah berangkat. Jadinya yaa selesai doa, gw balik ke dalam kamar buat ngadem hehehe panas bro di luar kamar hehehe sampai akhirnya Lulu sms gw. Dia beritahu gw bahwa dia sudah berangkat dan akhirnya gw pun dengan segera berangkat hehe karena perkiraan gw pick point yang sudah kamis sepakati bersama itu letaknya ada di tengah-tengah. Jadi biar enggak ada pihak yang menunggu lebih lama dibandingkan dengan pihak yang lain. Keputusan berangkat saat Lulu minta berangkat gw rasa menjadi sebuah keputusan yang baik hehehe :p

Akhirnya gw mulai deh tuh tancap gas setelah dapat sms dari Lulu hehehe karena gw bilang letaknya di tengah-tengah dan enggak jauh dari tempat tinggal kami berdua, jadinya hanya memakan waktu beberapa menit sampai akhirnya gw sampai di pick point di bilangan Gudang Peluru. Tapi begitu sampai di sana, gw enggak lihat Lulu sama sekali. Lantas gw sms dia ada dimana, ehh enggak tahunya dia ada di dalam mini market yang terletak di dekat lokasi pick point hahaha

Gw samperin aja dia, ada saat ingin gw samperin tanpa ada pertanda apa pun motut diserempet sama alay hahaha untuk cuma kontak bagian plastiknya aja. Lagi pula alay itu masih di bawah umur. Kalau enggak beeuh bisa ribut gw saat itu di sana hahaha yaa udah lah anggep aja enggak terjadi apa-apa lagi pula itu cuma soft accident kok hehehe enggak lama setelah menunggu di depan mini market yang dimaksud... Lulu pun keluar. Enggak pakai lama, kami langsung jalan bareng menuju ke rumah gw untuk nantinya lakukan persiapan di take data hehehe karena oh iya lupa... Pas berangkat jemput Lulu, subjek wawancara gw itu udah dateng duluan ke rumah gw hehehe

Enggak lama untuk jalan sampai ke rumah gw hahaha dan begitu sampai di rumah, gw langsung ajak Lulu untuk masuk. Untuk dapat dengan segera bertemu dengan subjek. Kenalan sebentar dengan narasumber (subjek) yang berjumlah dua orang hehe sesuai dengan kategorinya yaitu anak-anak dan lansia. Enggak lama sesudah itu, kami langsung memepersiapkan diri. Karena enggak bisa kalau wawancara dilakukan pada satu tempat. Jadinya gw meminjam rumah tetangga untuk wawancara hahaha :p intinya Lulu dengan anak di rumah gw, nah gw dengan lansia di rumah tetangga hehehe

Berpencarlah kami berdua. Gw dengan segera menuju ke rumah tetangga yang dimaksud. Enggak pakai lama langsung masuk dan duduk dengan posisi yang enak. Dengan posisi yang menghilangkan kesan interogasi pada subjek hehe karena gw kan maunya wawancara bukan interogasi tersangka hehehehe :p tapi sebelum mulai, gw lebih dulu mempersiapkan diri. Gw mau mulai dengan rapi. Tapi tetangga gw itu mengacaukan segalanya hahaha jadinya gw enggak bisa memulai wawancara sesuai dengan rencana.

Harusnya ada salam pembuka. Tapi enggak tahu kenapa, tetangga gw yang punya rumah itu berbicara dengan keras, "nanti mau direkam" hahaha yaa jadinya gw enggak perlu bilang lagi. Rencana ice breaking yang ada di dalam kepala mendadak enggak bisa terpakai karena ulah tetangga gw itu hahaha yaa jadinya gw mulai aja wawancaranya dan enggak lama setelah niat gw bulatkan, sebelum memulai wawancara itu gw lebih dulu siapkann instrumen bantuan. Seperti alat perekam dan panduan hehehehe

Gw nyalakan alat perekam... Barulah setelah itu gw mulai wawancaranya hehehehe enggak sulit sih untuk berkomunikasi dengan lansia yang satu ini. Perempuan dengan usia 75 tahun hehehe bertanya-tanya dan sesekali bercanda, tertawa. Take data pada hari ini sungguh menyenangkan. mendengarkan pengalaman hidup seseorang adalah hal yang menarik hehehe walau gw juga agak merasa bingung karena terkadang apa yang gw tanya enggak dijawab dengan sebagaimana mestinya. Tapi gw merasa pagi ini gw sudah lakukan yang terbaik yang gw bisa dan mengenai panduan... Hahaha gw hanya pakai itu sebagai guide line. Selebihnya yang gw lakukan adalah improvisasi pertanyaan.

Take data sampai kurang lebih 20 menit-an dan akhirnya begitu selesai. Enggak lupa gw ucapkan terima kasih kepada subjek. Barulah setelah itu gw pulang kembali ke rumah. Menemui Lulu yang juga hampir selesai take data pada anak hehehe sementara itu gw kembali ke dalam kamar, mengambil reward yang tadi gw beli dari pasar dan segera saja gw berikan reward itu kepada subjek gw sebagai tanda terima kasih.

Enggak lama berselang, gw kembali masuk ke dalam rumah dan akhirnya gw dapati Lulu juga sudah selesai dengan wawancaranya. Tapi masih sempatkan diri untuk ngobrol sama anak yang menjadi subjek. Ngobrol, bukan wawancara hahahaha dan enggak lama setelah itu... Sang anak mulai kelihatan enggak tahu harus ngapain. Jadinya gw pikir lebih baik kalau anak ini diantar pulang saja ke rumahnya hahaha dan akhirnya gw dan Lulu pun pergi keluar dari rumah gw, mengantar anak ini pulang ke rumahnya.

Dengan berjalan kaki. Kami bertiga memulai perjalanan. Karena dekat juga jadinya yaa enggak perlu gunakan kendaraan hehe enggak lama berjalan, akhirnya kami masuk ke dalam sebuah gang sempit, kian sempit di ujungnya, dan akhirnya kami sampai di depan rumah anak ini yang... Yaah mau dibilang enggak layak yaa sangat enggak layak. Mungkin itu hanya beberapa petak tanah yang pada akhirnya dibentuk jadi rumah sangat kecil. Tapi itu dipakai tinggal banyak orang. Sebuah keluarga besar. Yaah inilah salah satu potret kemiskinan yang ada di sekitar hidup gw, yang terkadang luput dari uluran tangan orang sekitar yang seharusnya bisa membantu mereka untuk hidup lebih baik.

Akhirnya begitu antar anak ini dan anak ini sudah sampai di rumahnya, gw dan Lulu segera pamit untuk kembali lagi ke rumah. Akhirnya kami pun cabut. Kembali ke rumah gw dan sesampainya di rumah kami langsung tertawa hahaha membahas gimana take data kami hari ini. Gw ngobrol sama Lulu di ruang tamu dan enggak lama setelah itu.... Gw dan Lulu sempatkan diri untuk bermain bersama dengan Piyo hahaha karena Lulu juga pencinta anjing hehehe lucu! Melihat teman gw ini bercengkrama dengan Piyo. Piyo-nya juga enggak nakal seperti sudah ada keyakinan dalam dirinya bahwa Lulu itu orang yang baik hehehe

Enggak lama setelah itu, kami kembali masuk ke dalam ruang tamu. Hendak membicarakan apa yang sebaiknya kami lakukan pada saat ini. Berpikir berpikir berpikir... Akhirnya Lulu memutuskan untuk pulang saja. Karena dia juga ingin segera merampungkan tugasnya hehe sama kalau gitu dengan gw hehehe yaa akhirnya Lulu pun pulang dan enggak lupa gw mengantarkannya hehehehe sesuai dengan kesepakatan yang sudah terjadi jauh-jauh hari sebelumnya hehehe kalau gw memang akan mengantar Lulu pulang sampai pada sebuah lokasi di dekat rumahnya hehehe

Tapi pada siang hari ini, kesepakatan itu berubah secara mendadak. Gw yang lagi suntuk dengan tugas. Gw yang lagi enggak mau banget ada terus di rumah, pada akhirnya memutuskan untuk mengantarkan Lulu pulang sampai ke rumah. Maka jadilah demikian adanya. Bukan hanya sampai di sebuah tempat ngetem angkot. Tapi memang gw antar Lulu sampai ke rumahnya yang berada di bilangan pondok bambu. Selama perjalanan berangkat gw ngobrol banyak sama Lulu yaa walau enggak jelas arahnya tapi yaa kami berbincang aja hehehe malah sampai hampir enggak perhatikan harus jalan kemana, karena saking asyiknya ngobrol hahahaha :p

Hingga akhirnya gw sampai juga di rumah Lulu. Dengan segera saja begitu sudah sampai Lulu langsung turun. Enggak lupa ucapkan terima kasih sama gw hehehe senang rasanya bisa bertanggung jawab atas keselamatan seorang teman hehehe enggak lama berselang, gw pun langsung tancap gas dan balik pulang ke rumah hahahaha selama perjalanan yang gw bayangkan adalah sebuah pekerjaan yang membosankan sudah menanti gw di rumah hahaha yaah harus siapkan diri sebaik mungkin aja sih hahaha :p enggak lama berjalan, akhirnya gw pun sampai di rumah. Langsung saja gw masuk rumah, dan masuk ke dalam kamar. Menggunakan Hp dan handsfree untuk kemudian mendengarkan record hasil wawancara yang tadi sudah gw lakukan terhadap subjek lansia gw hehehe

Membosankan. Satu kata itu yang langsung muncul di dalam benak pikiran gw saat mulai melakukan kerja untuk hasil wawancara. Tapi pada akhirnya gw lebih masuk lagi ke dalam hal yang menarik saat gw mencoba membuat verbatim dari apa yang gw dengar. Menyalin semua yang gw bicarakan selama wawancara ke dalam kertas hahaha itu butuh waktu sangat lama. Gw mulai menulis itu dari jam 3 dan sampai jam 6, belum ada setengah durasi tercatat ke dalam kertas hahahaha akhirnya gw merasa ini hanya akan membuang waktu. Karena nanti setelah dari tulis tangan di kertas, gw harus salin lagi. Ketik semua hasil wawancara tadi ke dalam komputer hahahaha gilaa males banget kaaan!

Pada akhirnya gw putuskan untuk hentikan pencatatan ke dalam kertas. Langsung saja gw ketik apa yang gw dengar ke dalam komputer hahahaha tapi itu juga enggak berarti singat juga sih. Enggak berarti kalau gw bisa selesai dengan segera. Gw mulai dengan komputer dan jam sembilan malam ini itu belom selesai juga lho hahaha stress banget gak sih gw hahaha :p gw juga baru ingat kalau selain verbatim gw juga harus kerjakan tugas lain yang dateline pengumpulannya adalah besok hahaha dan akhirnya jadilah gw pada malam ini mengerjakan dua buah tugas dalam satu kesempatan hahaha sampai akhirnya sekitar jam 11 semua kerjaan gw itu beres.

Hehe verbatim sudah usai dan ringkasan abnromal juga sudah selesai. Akhirnya gw bisa bernafas agak lega hahaha dan tadinya gw mau coba print ringkasan yang sudah gw buat. Tapi enggak tahu kenapa, gw merasa printer gw enggak bisa diajak kerja sama. Dia ngadat gitu enggak mau nge-print. Jadinya gw putuskan untuk kembali ke dalam kamar dan akhirnya gw putuskan untuk sudahi hari ini. Hari yang melelahkan ini. Enggak lama setelah masuk ke dalam kamar gw pun langsung tertidur. Gw terlampau lelah untuk melakukan hal lain selain kerja tugas pada hari ini (agak ngeri juga yaa kedengarannya hahaha)

Hahaha tugas tugas dan tugas. Itu doang yang pada saat-saat ini harus gw buat tuntas. Buka karena gw enggak suka. Tapi karena seperti yang dulu sekali gw katakan bahwa sebuah tugas adalah beban, harus dengan segera gw selesaikan agar enggak menyusahkan. Tapi tampaknya sekarang gw dibuat susah oleh tugas-tugas ini. Tapi yaa sudahlah setidaknya gw masih semangat untuk semua tugas ini.

Terima kasih Tuhan untuk hari ini, terima kasih untuk hidup, terima kasih untuk segalanya. Terima kasih untuk alarm yang membangunkan gw tepat waktu pada hari ini, terima kasih atas kepanikkan yang membuat gw agak cekatan pada pagi ini, terima kasih untuk pengalaman berharga yang boleh gw dapatkan pada hari ini. Untuk kesempatan berbagi cerita dengan orang yang lebih berpengalaman merasakan asam garam kehidupan hehehe :) terima kasih juga untuk teman-teman dan semua orang saja yang sudah hadir pada hari ini hehehe terutama untuk Lulu yang juga sudah senasib dengan gw hari ini hehehe terima kasih.

Untuk ayang aku juga enggak lupa ucapkan terima kasih. Untuk apa? Aku enggak tahu. Mungkin untuk semangat yang muncul di dalam diri ini setiap kali aku memikirkan kamu. Aku juga enggak tahu kenapa bisa kayak gitu. Tapi mungkin aku bisa anggap itu sebagai sebuah anugerah. Yaa mungkin memang sebuah anugerah. Terima kasih untuk itu, walau itu enggak berlangsung lama... At least aku menyadari kalau hari ini pun pikiran aku itu enggak bisa melupakan kamu. Padahal kamu lihat sendiri kan hari ini aku sibuknya kayak apa hehehe kamu gimana? Semoga hari kamu juga baik dan menyenangkan yaa kalau memang sibuk yaa selamat sibuk. Mungkin hari ini bukan saat yang tepat untuk aku bisa berlama-lama memikirkan kamu. Karena aku juga harus fokus persiapkan ujian hehe sayaang kamu yaang :* kangen? Iya. Tapi karena terlampau sibuk nugas jadinya enggak terasa deh kangennya hehehe ayang baik-baik yaa di sana, belajar yang rajin, jaga diri, jangan lupa berdoa, jangan lupa pulang juga hehe hari ini baik semoga esok lebih baik yaa. Enggak usah esok aku esok kamu. Esok kamu saja juga enggak apa kok hehehe nyuuu nyuuuu :3 overall aku hari ini sibuk. Tapi kesibukkan itu enggak lantas buat aku bisa lupa sama kamu. Enggak sama sekali. Selama otak ini belum cedera, aku enggak akan pernah lupa :) mohon doanya untuk kelancara persiapan ujian dan juga ujian akhirnya nanti yaaa hehehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar