Powered By Blogger

Minggu, 10 Juli 2011

Rabu, 6 Juli 2011: 2nd day of TOT go! go! go! energizer! hahaha :D

Gw enggak percaya, hari ini gw melakukan sesuatu yang sepertinya itu bukan gw. Karena selama ini gw sama sekali enggak identik dengan ciri-ciri demikian hahaha yang namanya Training Of Trainer itu bisa banget membuat gw menjadi macam ini hahaha jadi seperti apa gw hari ini? Kenapa gw begitu tidak percaya dengan semua yang terjadi? Haha dari pada banyak tanya mending disimak saja pengalaman hari ini hehehe tapi sungguh gw tetap enggak bisa dengan iya yakin perubahan ini akan selalu gw alami secara permanen hahaha *enggak yakin gini sama diri sendiri :p hahaha*

Hari ini semua bermula enggak jauh berbeda dengan kemarin. Hari ini gw bangun pagi. Enggak pasang alarm tapi itu sudah naluri pribadi gw sebagai seorang manusia haha lucky me! *padahal dulu gw pernah bilang bisa bangun pagi adalah kutukan yang abadi :p hahaha* begitu bangun, gw sempatkan diri untuk drafting me time. Selesai dengan drafting... Gw langsung keluar dari kamar. Sempatkan diri untuk mengurus rumah. Sempatkan diri untuk membersihkan rumah, meracik dan memberi makan Piyo. Semua itu gw lakukan dengan cepat, karena pagi ini waktu yang gw punya tidaklah banyak. Jam 8 nanti gw sudah harus berada di kampus untuk lanjut mengikuti TOT hari kedua hehe

Selesai dengan urusan rumah, kini tibalah saatnya bagi gw untuk urus diri sendiri. Gw mulai dengan mandi pagi. Begitu Piyo selesai makan, gw ambil piring makannya, mencucinya di dapur. Setelah itu gw masuk ke dalam kamar mandi untuk mandi hehehe gebyar gebyur hari ini enggak terlampau lama. Karena seperti yang sudah gw bilang tadi: gw enggak punya banyak waktu pada pagi hari ini. Semuanya harus gw lakukan dengan cepat maka dari itu gw berusaha menggunakan waktu secara tepat dan hemat hehe sekitar 10 menit gw gebyar gebyur. Begitu selesai gw langsung handukkan dan kembali berjalan ke kamar hehe

Sesampainya di kamar, gw langsung masuk ke dalam agenda persiapan TOT. Dimulai dengan berganti pakaian, kenakan baju alakadarnya seperti saat kuliah hehe cuma kaos dengan celana jeans plus sepatu sandal. Setelah berpakaian... Gw keluarkan motut ke teras untuk kemudian gw panaskan mesinnya; dan sembari menunggu mesin motut panas... Gw kembali masuk ke dalam kamar. Di dalam kamar gw siapkan modul dan tas yang hendak gw bawa, setelah itu enggak lupa untuk cukur jenggot dan kumis hehe :p setelah itu gw keluar dari kamar dan sempatkan diri untuk doa. Berdoa lagi-lagi untuk ayang. Berharap semoga hari yang ayang dapatkan di Busan sana baik dan menyenangkan. Sekitar 5 menit gw berdoa dan begitu selesai gw langsung keluar ke halaman. Ke teras kemudian kunci pintu. Kenakan helm dan dengan segera keluarkan motut ke luar rumah.

Sesampainya di luar rumah gw langsung mengunci gerbang, gw tinggalkan Piyo di teras dan memberinya tugas untuk menjaga rumah. Setelah itu gw langsung tancap gas motut dan mulai berjalan ke kampus hehe karena gw berangkat pagi jadinya lalu lintas pada pagi hari ini bisa dibilang cukup lengang. Pada pagi ini pun gw cukup menikmati perjalanan hehe ditemani iringan musik dari playlist di Hp kesayangan hehe pada pagi hari ini juga gw sempatkan diri untuk memberi makan motut dan mengisi angin pada kedua bannya baru setelah itu gw bisa lanjutkan perjalanan menuju kampus hehe gw habiskan 20 menit-an untuk perjalanan menuju ke kampus dan puji Tuhan gw bisa sampai di kampus dengan selamat hehe dengan segera gw masuk ke dalam parkiran motor di kampus. Seperti biasa gw mulai dengan beberapa prosedur umum dalam parkir hehe yaah begitulah haha

Mulai dari masuk ke dalam parkiran, menebus karcis parkir dan kemudian berkeliling mencari tempat yang strategis untuk parkir. Tentu saja tempat yang kosong yaa hehe semua itu gw lakukan selama kurang lebih 5 menit, karena pada pagi hari ini parkiran motor di kampus masih sangat kosong. Jadinya yaa bisa parkiran motut dimana saja gw mau hehe tapi karena gw punya tempat parkir favorit jadi gw parkirkan saja motut di sana. Setelah parkir, gw juga langsung mengunci semua peralatan keamanan yang bisa dikunci dari motut. Termasuk juga dengan helm. Setelah semua urusan parkir selesai barulah gw pergi tinggalkan motut dan masuk ke dalam bangunan utama kampus untuk bisa dengan segera masuk ke dalam ruang perkumpulan para panitia YPB 2011 di C6 hehe karena sesuai dengan rundown yang dibagikan... Dikatakan memang pertemuan sesi pertama akan di lakukan di dua ruang kelas di C6 yang digabung menjadi satu. Sama seperti apa yang dilakukan pada permulaan TOT kemarin hehe

Gw berjalan, dengan menggunakan bantuan tangga gw menuju ke C6. Selama kurang lebih 3 sampai 5 menit gw menaiki anak tangga demi anak tangga dan akhirnya gw sampai juga di C6. Menunggu sejanak di depan ruang pertemuan. Setelah itu tim inti meminta para panitia yang sudah datang untuk absen dan setelah itu masuk ke dalam ruang pertemuan. Jadinya yaa kami masuk dan dengan segera sekitar jam 8 pagi... TOT hari kedua pun dimulai hehe seperti hari pertama, TOT hari kedua ini pun diisi dengan ice breaking terlebih dahulu hahaha yaah nyanyi-nyanyi nari-nari. Pokoknya have fun bersama dengan 80-an teman yang lain, mencoba mencairkan suasana dan membangun kondisi yang kondusif untuk memulai TOT hari kedua ini. Hal yang dilakukan pertama kali pada TOT hari kedua ini adalah me-review materi yang kami dapatkan pada TOT hari pertama hehe yaah biasalah supaya apa yang sudah berlalu tidak dilupakan begitu saja... Perlu diadakan sebuah pengulangan. Sama dengan me time. Sama dengan cinta eaaa! Hahaha :p

Setelah selesai dengan review materi di hari pertama, kami lanjut dengan sesi pemberian gambaran memganai pelatihan di lapangan nanti. Kami masuk ke dalam sesi YPB dulu dan kini. Di sesi ini kami diperlihatkan sejumlah video slide foto. Dimana di dalam video itu diperlihatkan foto-foto selama pelatihan berlangsung di wisma YPB yang terletak di bilangan Cimacan hahaha melihat banyak foto yang menarik, membuat gw bisa menjadi lebih tahu lagi seperti apakah pelatihan YPB itu hahaha karena banyak foto yang moment capturenya itu kena banget jadi kayaknya gw dapat bayangan yang utuh gitu lho hehe setelah itu kami lanjutkan ke dalam sesi karakterisktik peserta

Di dalam sesi ini... Seorang dosen yang diminta berbicara untuk memberikan gambaran karakteristik peserta mengatakan bahwa dia tidak ingin membatasi pikiran semua panitia tentang karakteristik dengan pertimbangan tidakl ingin memunculkan labelling dalam diri anak-anak. Dosen tersebut mengatakan, biar pengalaman langsung yang menentukan. Karena pada dasarnya setiap orang itu beda. Walau dilihat dalam konteks kelompok sekali pun hehe gw setuju sama ide itu. Buat gw karakteristik itu enggak penting haha ibu Teresa pernah berkata, "jika kamu memutuskan untuk menilai seseorang, maka kamu tidak mempunyai kesempatan untuk mencintai mereka." gw rasa quotes itu sejalan dengan semua pesan yang dosen gw sampaikan barusan. Maka dari itu gw setuju, karena dalam penilaian, cinta tidak berperan. Yang ada hanya logika semata. Mungkin ada, hanya saja cinta tidak dapat menjadi hal yang dominan di sana.

Setelah itu kami memasuki waktu untuk snack pagi. Yaa biasalah makan makanan kecil gitu buat ganjal perut hehe setelah itu kami kembali masuk ke dalam ruang pertemuan kemudian melajutkan satu sesi yang terakhir akan dilakukan dalam ruangan ini. Masuk ke dalam sesi code of conduct. Dimana dalam sesi ini kami semua membuat kesepakatan bersama menganai apa yang baik untuk dilakukan dan apa yang tidak. Buka peraturan, tapi lebih pada kesepakatan bersama. Jadinya yaa gitu sangat terbuka bisa menampung banyak aspirasi dan kemudian juga menyepakati tentang cara berpakaian yang pantas di kala pelatihan di cimacan nanti hehe maka dari itu kami semua menjadi tahu pakaian macam apa yang pantas untuk kami gunakan di kala berhadapan dan habiskan hari bersama para siswa peserta pelatihan hehe jadinya dengan adanya sesi ini... Diharapkan kami semua bisa menempatkan diri dengan layak dan pantas di dalam pelatihan sesuai dengan konteks. Karena hanya seputar kesepakatan bersama, sesi ini tidak membutuhkan banyak waktu hehe

Selesai dengan sesi code of conduct, kami diminta untuk kembali masuk ke dalam ruang peran. Maka dengan segera kami pindah lokasi ke ruang peran masing-masing yang terletak di BKS 2 dari 201a sampai dengan 206. Di dalam ruang peran ini, kami diminta untuk dengan segera menyelasaikan kasus di dalam sesi situasi dan peserta sulit. Kami diminta untuk diskusi. Menjadikan kasus yang ada seperti simulasi hari H hahaha tapi karena tampaknya semua SS di ruang SS cepat tanggap, kami diminta untuk masuk ke dalam sesi presentasi dan pada akhrinya kami memang melakukan presentasi terkait dengan jawban hasil diskusi menanggapi setiap kasus situasi dan peserta sulit yang tadi kami diberikan oleh tim inti; enggak tahu kenapa gw jadi berani untuk berpresntasi dan dengan segera gw memberikan jawaban rangkuman hasil diskusi dan setelah itu kami juga bermain di games kecil di ruang peran SS hehe setelah itu kami break makan siang.

Selesai makan siang, kami masuk ke dalam ruangan. Tapi tidak sama dengan ruangan peran yang tadi. Kami pindah ruangan ke dalam ruangan nama kelompok batch keberangktan pada hari H di ruangan ini kami akan diberikan pembekalan sebagai satu tim keberangkatan yang utuh. Dimana semua peran dalam pelatihan akan berkumpul menjadi satu. Gw sendiri tergabung di dalam kelompok Zeus dan Poseidon. Tapi untuk Zeus kelompoknya tidak dibuat ruangan. Jadinya gw hanya masuk ke dalam ruang Poseideon. Untuk hari ini gw masuk ke dalam ruangan dan berkumpul dengan teman-teman yang baru lagi hehe di ruangan ini kami mulai sesi dengan perkenalan singkat. Bukan perkenalan biasa, tapi perkenalan dengan menggunakan gaya. Untuk gw, gw memperkenalkan diri ala bangsawan hehe seru sih lucu-lucuan aja selama sisa pelatihan pada siang dan sore hari ini

Selesai perkenalan kami masuk ke dalam sesi ice breaking dan energizer. Mau apa kami di sesi ini? Hahaha inilah yang membuat gw tidak percaya di awal tadi. Di sesi ini, masing-masing dari kami diminta untuk memimpin energizer. Tapi saat ingin mulai main... Tiba-tiba saja mati lampu haha tapi enggak seperti yang lain tuh, pada hari ini kami semua yang tergabung dalam tim Poseidon tetap saja melakukan praktek energizer hahaha satu per satu dari teman-teman mencoba menerapkan, setelah sebelumnya kami diberi waktu untuk berpikir mengenai jenis ice beraking atau energizer apa yang hendak kami coba praktekkan. Semua teman sibuk membaca lampiran dalam modul dan akhirnya mereka mengambil salah satu jenis dari sekian banyak jenis energizer dan ice beraking yang ada di sana hahaha

Tapi tidak demikian dengan gw. Gw sama sekali enggak menyentuh modul. Otak ini mencoba berkreasi di dalam jeda waktu yang sempit dan akhirnya untuk pertama kalinya gw membuat sebuah energizer orginal dari gw sendiri. Bersumber pada spontanitas murni haha gw beri nama energizer gw: Shakalaka Cocoa dengan gerakan mirip cheerleader dan ayam yang gw pasukan ke dalam nyanyian sederhana hanya saja tiap kali pengulangan tempo dan oktaf-nya gw tingkatkan hahaha dan gw sendiri saja enggak percaya kalau gw bisa jadi se-all out ini. Baru sekali gw bisa total mengekspresikan diri haha enggak lagi ada kata malu-malu di dalam diri dan akhirnya satu ruangan itu terhibur dengan energizer yang gw buat hahaha

Akhirnya kami semua mencoba memberikan energizer. Tidak ada yang tidak bisa jika dari dalam diri ada usaha untuk mewujudkannya jadi Ignas enggak usah takut kalau ada usaha juga pasti cinta yang diimpikan bisa terwujud kok (lhoo kok malah jadi bahas cinta sih? TOT ini TOT hahaha :p hehe eaaa! *kangen mode: On!*) intinya dalam sesi ini kami semua tertawa habis-habisan. Bersama larut dalam suasana gembira hahaha perut gw saja sampai sakit di ruangan ini hahaha walau mati lampu kami enggak peduli hahah kami akhienya selesai dengan sesi energizer dan ice beraking dan dengan segera membuat kami semua sampai pada agenda atau waktu snack sore hahahaha enggak terasa aja gitu beberapa jam berlalu dengan sangat cepat di kala semuanya penuh dengan canda dan tawa hahaha hingga panasnya udara di kala mati lampu pun tidak menjadi masalah besar pada sesi energizer ini hahaha gw sendiri saja sampai cekikian sendiri hahaha begitu juga dengan semua teman satu tim hahaha

Setelah snack, lanjutlah kami ke dalam sesi terakhir dari TOT ini. Dalam sesi terakhir ini diadakanlah pembahasan modul untuk bagian pengantar dan hari pertama pelatihan haha gw akui pembahasan modul ini agak membosankan sih, tapi karena tadi masih terlampau senang semua gitu jadi yaa sesi terakhir ini pun berlangsung dengan fun hehe enggak lupa juga gw mengisi love's note untuk beberapa teman, dan juga memberitahukan adanya benturan kuliah dengan jadwal keberangkatan hahaha tapi itu enggak lama kok, dan gw pada hari ini adalah kedua kalinya gw utarakan adanya benturan ini. Bukan bermaksid bawel. Tapi hanya ingin mengingatkan secara bekala. Karena kalau gw sampai enggak ikut juga kan ada kosenkuensinya kelak, nah gw enggak mau begitu. Maka dari itu gw lakukan reminder secara berkala hehe kalau sama ayang sudah pasti gw akan di ilang bawel. Uww ayang I miss you... >.<.

Akhirnya setelah TOT hari kedua selesai, gw dan semua SS diminta untuk kembali berkumpul di ruangan yang sama. Oleh ketua kami, Mamat. Kami diminta membuat list barang dari 3 modul yang diberikan. Gw dan putri kebagian untuk membuat list barang SMP. Enggak lama sih, hanya saja karena ditambah dengan rapat jadinya kami pulang sore lagi pada malam ini hahaha dari kemarin selalu begitu. SS (Support System) pulang belakangan hahaha yaa enggak apa deh yang penting pulang hehe toh gw juga di rumah kayaknya enggak bakal berbuat apa-apa selain me time sama mikirin ayang. Sampai akhirnya nanti gw diserang kantuk dan tertidur hehe begitu selesai dengan list barang-barang, kami pun berpisah. Pulang kerumah masing masing dan akhirnya gw masuk parkiran, ambil motut dan jalan pulang hehe

Tapi hari ini gw pulangnya enggak terlampau sore, enggak juga terlampau malam. Gw pulang pas saat semua orang bekerja pulang. Jadi bisa dibayangkan seperti apa macetnya lalu lintas pada saat gw pulang hahaha gw punya feeling untuk tidak mengikuti rute pulang gw yang biasa. Jadinya gw pulang lewat bilangan Casablanca. Setelah itu lewati tebet dan masuk ke dalam bukit duri, melalui daerah Manggarai gw pulang dan akhirnya gw bisa sampai di rumah dengan selamat hahaha tapi sungguh gw akui perjalanan pulang hari ini itu benar-benar ujian hahaha butuh kesabaran. Untung ayang sudah mengajarkan gw bagaimana cara bersabar yang baik eaaa! Uww ayaaang... Btw, puji Tuhan gw sampai di rumah dengan selamat hehe

Hari ini masih home alone, jadi begitu sampai di rumah gw hanya sempatkan diri untuk belai-belai Piyo selama beberapa menit. Setelah itu gw langsung masuk ke dalam rumah. Parkirkan motut di ruang depan. Setelah itu gw masuk ke dalam kamar, meletakkan tas dan sepatu. Setelah itu keluar dan pindah ruang menuju kamar mandi untuk gebyar gebyur malam hehe karena macet jadinya gw habiskan banyak waktu dalam perjalanan pulang tadi. Hal itu membuat gw bisa sampai di rumah saat hari sudah beranjak malam hehe karena hal itu juga gw enggak lama-lama dalam gebyar gebyur takut masuk angin hehe cuma sabunan dan gosok gigi aja hehe yang penting semua debu dan kotoran dari jalan tadi bisa hilang dari badan dan akhirnya badan gw menjadi bersih hehehe :p

Setelah mandi, gw kembali ke dalam kamar dan dengan segera berganti pakaian. Sempatkan diri untuk online. Tapi enggak bisa lama-lama, karena gw kan cuma mau cek update. Bukan membuat update, karena kalau mau jujur gw sedang enggan untuk online. But I'm wondering with my sweetheart headline news. So I'm online then hehehe setelah itu gw masuk ke dalam beberapa jejaring sosial. Cek update dan juga melihat update ayang (malah itu adalah target pertama dan yang terutama kenapa gw online pada malam ini hehe) enggak lama online, gw selesai dan kembali masuk ke dalam kamar. Habiskan sisa hari ini dengan nontin tv sambil me time. Sampai akhirnya sekitar jam 11 gw mulai merasa ngantuk.

Gw putuskan untuk keluar dari kamar, menuju tempat dimana biasanya gw meletakkan kunci master rumah. Setelah itu gw mabil kunci tersebut plus dengan gemboknya. Gw keluar ke teras, mengunci gerbang dan akhirnya melepaskan Piyo dari ikatan rantainya. Setelah itu gw keluarkan kandangnya, gw minta dia untuk masuk ke kandang. Sudah biasa... Dia langsung masuk. Pintu kandang pun gw tutup. Gw ucapkan selamat tidur. Setelah itu gw masuk kembali ke dalam rumah, mengunci pintu utama dan akhirnya gw kembali ke dalam kamar. Langsung rebahkan diri di atas ranjang. Mengambil posisi tidur seperti biasanya gw tengkurap. Sebelum benar-benar pindah alam gw sempatkan diri untuk mengucapkan selamat malam untuk ayang secara vocal; dan akhirnya senyum muncul dalam muka ini, karena gw membayangkan wajah ayang yang sedang tersenyum. Enggak lama setelah itu gw hening dan tidur.

Hahaha iyaa sampai hari ini berakhir pun gw masih enggak sangka kalau gw bisa menjadi periang macam itu seperti saat mencoba lakukan praktek energizer hahaha dan sungguh gw merasa hari ini adalah pertama kalinya gw bisa all out dan cuek enggak peduli lagi sama apa yang dikenal oleh kebanyakan orang dengan nama malu hahaha urat malu gw sudah putus hari ini hahaha :p terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang Kau perpanjang. Terima kasih untuk segalanya yang Kau perkenankan gw rasakan dan alami pada hari ini haha TOT hari kedua ini sangat sangat menyenangkan hahaha enggak sabar untuk ikuti TOT hari ketiga besok haha juga untuk semua orang, teman-teman, dan sahabat yang kembali hadir dan memberikan warna pada hari ini hahaha walau enggak semuanya hadir tapi at least there's others in my ordinary day which is make my day extraordinary hahaha thank's guys! Hahaha :D

Terima kasih juga untuk ayang. Karena walau hari ini kamu enggak ada pun, kamu kembali hadir di dalam pikiran. Hari ini... Di dalam kesibukkan dan kesenangan yang membahana macam ini pun kamu masih bisa aku rasakan hadir dan mengisi hari ini. Bukan khyalan atau imajinasi. Tapi sudah seperti yang aku katakan berulang kali. Kenangan. Hal itulah yang membuat aku bisa terus meraskan kamu tetap ada di hati. Enggak pergi kemana-mana hehe setelah kemarin berbagi beban dengan teman-teman dan sahabat, hari ini aku menjadi lebih siap lagi untuk menunggu, menanti kamu untuk kembali suatu saat nanti. Entah kapan. Tapi aku di sini juga akan tetap melangkah maju untuk wijudkan mimpi aku yang lain hehe hari aku begini yaang hehe lagi-lagi sangat ingin aku berbagi dengan kamu. Menceritakan semua yang aku alami dan rasakan. Karena aku sangat senang menularkan kesenangan sama kamu hehe tapi... Hari ini pun tampaknya belum bisa yaa huhu sedih... Tapi enggak apa. Aku akan tetap ceria di sini, demi ayang aku akan menunggu dengan senang. Doakan aku semoga bisa yaa sayang hehe tentu! Tentu aku akan berusaha total untuk itu :) oh iyaa gimana hari kamu? Enggak ada kabar apa pun yang aku dapat. Hanya sebuah update ramalan cuaca di sana hehe tapi aku harap semoga hari kamu pun tetap baik dan menyenangkan seperti biasa yaa hehe sungguh sebuah anugerah setiap kali aku semangat kamu jatuh karena kamu, kamu juga yang pada akhirnya bisa membangkitkan semangat itu dengan cara yang luar biasa hehe terima kasih ya sayang! :) hari ini aku sangat senang! Sayang kamu yaaang! :* kangen juga pastinya hehe malah kangen banget. Atau ada kata yang bisa menggambarkan sesuatu yang lebih tinggi dari kata 'banget', ada? Hehehe aku di sini tetap doakan kamu di sana... Ayang baik-baik yaa di sana, jaga diri, jaga kesehatan, rajin-rajinlah belajar, jangan nakal, ingat banyak orang kesayangan yang mendoakan perjuangan kamu meraih mimpi di sana dan suatu saat nanti jika mimpi itu sudah kamu raih, atau pun kamu sedang membutuhkan semangat untuk terus berjuang kamu bisa pulang untuk dapatkan semua itu dari orang-orang kesayangan mu. Aku cuma bisa berharap semoga semua yang terbaik Tuhan berikan untuk kamu. Untuk masa depan mu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar