Powered By Blogger

Selasa, 08 Mei 2012

Minggu, 6 Mei 2012: Inilah doa. Inilah cinta. Hati yang berbicara, bukan logika.

Hari ini gw kembali mulai hari dengan bangun pagi. Ini hari Minggu, memang harusnya meruapakan hari libur buat gw. Kalau bisa semua orang pastilah ingin berleha-leha memanjakan diri atau memuaskan pemenuhan akan hobi pada hari ini. Akan tetapi tidak demikian bagi gw. Tidak ada leha-leha, tidak ada manja-manja. Untuk pagi hari ini pun gw tetap bangun pagi seperti biasa. Semua itu terjadi karena adanya dering alarm dari Noega yang memang gw pasang dan berbunyi setiap harinya, mengingatkan gw untuk lari pagi. Ahahaha reminder tinggal reminder. Pada kenyataannya gw memang bangun. Tapi tidak lantas membuat gw langsung tergugah untuk lari pagi.

Apa yang gw lakukan pada hari ini adalah gw memang bangun. Karena dering alarm yang terlampau annoying. Tapi setelah itu, bukannya lari pagi. Gw malah hanya bangun, membuka mata. Akan tetapi posisi tubuh tetap saja rebahan dan tak ada gerakkan apa-apa. Fisik memang tidak ada pergerakkan apa-apa. Tapi otak dan hati, dengan sendirinya mengucapkan syukur. Terima kasih karena masih boleh membuka mata. Segera setelah itu mulai berpikir apa yang hendak gw lakukan selama satu hari ini. Oh iya lupa bilang, gw bangun ini sekitar pukul tiga pagi hehehe.. Segera setelah terdiam dan sejenak merenung, gw pun mulai melakukan tindakan pertama. Kegiatan pertama. Aktivitas perdana pengisi waktu yang Sang Pencipta berikan sama gw ehehehe.. Karena gw pikir kalau hanya diam, nanti jadinya malah ngelantur dan enggak jelas sendiri mau ngapain. Enggak mau gw kayak gitu ehehehe

Dengan segera setelah selama kurang lebih setengah jam melakukan penyadaran dan permenungan singkat akan apa yang gw lakukan pada hari ini, gw lantas bergerak. Mengubah posisi tidur dan dengan segera meraih Hani yang ada di ujung ranjang. Gw nyalakan dan gw sambung dengan internet. Setelah siap untuk digunakan, gw pun langsung masuk ke dalam dunia maya. Gw menjelajah ke dalam e-mail, facebook, dan twitter. Awalnya hanya ingin memeriksa apakah ada update penting atau tidak. Tapi tercetus ide untuk mengubah tampilan facebook dan twitter gw. Ingat foto di papan yang kemarin gw buat? Nah pada hari ini tulisannya akan gw edit. Gw ingin membagikan sesuatu. Mungkin bisa dikatakan sebagai sebuah penyadaran atau mungkin insight. Membantu orang lain untuk bisa lebih mensyukuri hidup mereka.

Dengan segera gw kembali memutar otak. Mencoba mencari kalimat yang catchy. Pada akhirnya selama beberapa menit gw berpikir, tercetuslah ide untuk menulis kalimat ini, "your life is sad? Boring? Empty? Sucks? Keep smiling! And be grateful you're alive". Gw buat tulisan itu, karena memang tidak selamanya hidup itu menyenangkan. Tidak selamanya hidup itu selalu memberikan rasa yang manis. Ada kalanya hidup itu berubah warna dan rasa. Ibarat roda, ada kalanya tepian roda itu bergesekan dengan hembusan angin, ada juga kalanya bergesekkan dengan kasarnya aspal atau tajamnya bebatuan jalanan. Akan tetapi hidup itu itu sendiri harus disyukuri karena ibarat roda.. Itu masih bisa berputar. Masih ada kemungkinan beeganti rasa, masih ada arah dan tujuan yang ingin dicapai tentu saja. Roda berputar kan pasti menggerakkan sesuatu. Membuatnya berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itu gw harap iseng gw pagi ini bisa menjadi semacam insight bagi teman-teman dan orang lain. Siapa pun yang melihat buah pemikiran gw ehehehe enggak lupa gw jadikan itu sebagai cover facebook dan juga profile picture di twitter hehehehe

Dengan segera, gw langsung beralih. Merasa bahwa sepertinya gw sudah enggak ada kepentingan lebih jauh lagi terkait dengan dua jejaring sosial tadi. Akhirnya gw masuk ke dalam 9gag. Sempatkan diri untuk melihat posting terbaru. Enggak cuma satu posting. Ada beberapa posting dan buat gw ini cukup menyenangkan. Melihat banyak bentuk kreativitas dan akhirnya gw langsung dapati bahwa waktu berlalu dengan cepat. Karena semua kegiatan itu tadi.. Gw sama sekali enggak ngeh kalau beberapa jam sudah berlalu. Saat gw selesai dengan semua ini, gw sadari bahwa saat ini sudah pukul lima lewat ahahaha nyaris setengah enam. Karena pada akhirnya gw dapati cahaya dari luar secara perlahan mulai masuk ke dalam kamar melalui ventilasi dan jendela kamar hehehe.. Sudah pagi, hari Minggu pula. Random.. Tiba-tiba gw tercetus ide kalau hari ini sepertinya akan asyik kalau Gereja pada pagi hari ini ehehehe.. Maka dengan segera gw bersiap untuk pergi ke Gereja. Gw mulai dengan mandi pagi heheheh iya dong masak mau bertemu dengan Sang pencipta, gw-nya sama sekali enggak ada persiapan dan niat? Maka langsung saja gw keluar dari dalam kamar. Masuk ke dalam kamar mandi dan langsung saja gebyar gebyur. Membersihkan diri selama kurang lebih lima belas menit. Setelah selesai, gw pun kembali masuk ke dalam kamar untuk berganti pakaian.

Setelah selesai, gw pun dengan segera cabut. Keluar dari rumah. Berjalan kaki menuju ke Gereja. Pagi ini cuacanya sangat baik. Angin yang segar berhembus merasa bahwa hari ini akan jadi hari yang baik hehehe.. Berjalan sebentar dan akhirnya gw sampai di Gereja. Langsung masuk dan mencari tempat untuk duduk. Kalau enggak salah ingat, tadi gw cabut dari rumah pada pukul enam lewat ehehehe.. Dengan segera gw duduk dan langsung saja masuk dalam keheningan. Berdoa semoga di dalam misa pagi ini gw diberikan kelayakan dan kebaikan dalam bersikap. Enggak lantas mengeluh dengam penampilan fisik misa ehehehe.. Menunggu sejenak dan enggak berselang lama misa pada hari Minggu pagi ini pun dimulai ehehehe mulai dari pembukaan, berjalan terus sampai ibadat sabda. Ada satu sih yang gw kesalkan. Lagi-lagi pada tataran musik pengiring liturgi pada misa. Tapi ya sudah.. Gw merasa sepertinya semua ini sudah sangat sulit untuk diubah. Harus merombak dari akar para tetua. Buat gw itu bukan hal yang mudah. Tidak dapat gw lakukan seorang diri. Walau sejujurnya gw ingin mengubah wajah dan rupa musik di Gereja gw ini hehehe.. Abaikan saja. Ini hanya sekedar opini dan keluhan pribadi yang tidak akan pernah ada hentinya ehehehe

Misa terus berlanjut. Awalnya gw merasa sangat bisa menikmati. Setidaknya mencoba untuk menikmati. Akan tetapi, begitu gw sampai di saat dimana gw biasa mengutarakan ujud pribadi... Gw sontak merasa bingung. Ujud apa lagi yang harus gw sampaikan? Untuk siapa? Gw sama sekali sudah tidak punya tujuan dan motivasi utama. Pada akhirnya gw enggak tahu harus berucap apa pada saat gw harus mengutarakan ujud. Sampai pada kesempatan dalam moment doa permohonan.. Gw hanya bisa terdiam. Tak sepatah kata untaian doa permohonan terucap dari dalam hati gw. Akan tetapi, pada saat gw mencoba untuk kembali berdoa setelah menerima komuni, gw kembali hening. Gw merasa sepertinya berbeda jauh. Hanya karena dengan adanya tidak sosok yang bisa gw doakan. Di kesempatan kedua ini pada akhirnya gw hanya diam dan tanpa gw sadari air mata menetes membasahi pipi. Gw enggak tahu kenapa. Harapan gw adalah tidak ada yang melihat. Tapi lebih dari itu, pada akhirnya gw kembali berdoa untuk Virgine.

Gw hanya merasa bingung, tidak tahu harus berdoa apa dan untuk siapa. Tapi pada akhirnya hati. Lubuk hati terdalam gw kembali untaikan doa untuk Virgine. Jauh di dalam, gw menyadari bahwa ternyata rasa cinta dan sayang itu tidak hilang. Masih ada hanya jarang muncul di permukaan. Mungkin sudah harus realistis. Tapi kalau soal hati memang tidak bisa dipungkiri. Gw hanya meyakinkan diri bahwa semua ini terjadi dengan tujuan yang baik. Bukan untuk saat ini. Tapi untuk suatu saat nanti.. Entah kapan. Akhirnya pada misa pagi ini pun gw kembali mencoba menyadari dan menerima semuanya dengan lapang dada. Tanpa perlu harus membuat mood turun, gw merasa beruntung bisa tetap mencintai walau ini berarti melukai diri sendiri. Ini cinta dari hati. Bukan suka, bukan juga aplikasi nyata dari logika.

Tak lama berselang, akhirnya gw sampai juga di akhir misa. Selesai dengan ritus berkat dan perutusan. Segera setelah itu gw cabut dan keluar dari Gereja. Jujur rasa hati ini lebih lega. Semakin bisa menerima fakta hidup yang ada. Semakin bisa menikmati anugerah hidup apa adanya hidup yang Tuhan berikan pada saat ini. Beginilah adanya.. Gw syukuri saja ehehehe.. Dengan segera gw berjalan pulang ke rumah. Dalam hitungan menit gw sampai di rumah. Dengan segera bertemu dengan anggota keluarga. Ada bokap, nyokap, kakak gw dan juga suaminya. Di saat itulah gw sadari bahwa inilah anugerah terindah yang masih Tuhan berikan sama gw setiap harinya. Cinta abadi keluarga yang tak akan pernah bisa hilang sekalipun oleh aliran waktu. Senang sekali bisa melihat semua keindahan ini. Dengan segera gw masuk ke dalam kamar. Gw berganti pakaian dan akhirnya dengan segera keluar dan bergabung di meja makan. Kami semua kebetulan belum sibuk oleh aktivitas masing-masing. Ada waktu untuk gathering maka jadilah kami semua berkumpul. Tidak hanya sekedar kumpul. Kami semua sarapan. Mungkin dengan hidangan yang sangat jauh dari persepsi sarapan lezat. Tapi semua itu terasa begitu nikmat dalam konteks kebersamaan sebuah keluarga

Sekitar dua jam gw habiskan waktu pada pagi hari ini berkumpul bersama semua anggota keluarga. Menyantap hidangan makan pagi bersama. Diselingi dengan perbincangan, tawa, serta ria canda. Ditemani juga dengan tv yang menayangkan banyak sekali acara bagus. Sekilas gw terhanyut dalam apa yang tadi gw alami di Gereja pagi ini. Tapi itu hanya gw jadikan sekilas pemikiran. Tidak lantas gw dalami. Karena gw enggak ingin mood gw turun dan akhirnya merusak kebaikkan yang terjadi pada hari ini. Biarlah Virgine bahagia dengan dunia dan bahkan cinta barunya. Gw disini sekarang sendiri. Tapi gw merasa bahwa memang inilah yang terbaik. Tidak lantas putus dan kemudian mencari cinta yang baru. Karena tidak semudah itu bagi gw. Pemaknaan pribadi, tidak bisa disama ratakan ehehehe.. Selesai dengan makan, gw pun kembali ke dalam kamar. Tapi sebelum itu, gw mencuci semua perlengkapan makan yang gw gunakan. Beberapa menit gw habiskan di dapur untuk lakukan hal itu ehehehe

Pada akhirnya begitu masuk di dalam kamar, gw hanya bisa menarik nafas panjang dan hembuskannya secara perlahan. Mencoba menyadari fakta yang ada sekarang terkait dengan cinta yang mungkin sudah tidak ada lagi. Akhirnya gw pun merebahkan diri di atas ranjang. Gw nyalakan tv untuk mengusir sepi. Tak lama kemudian, gw sempatkan diri untuk meluangkan waktu di siang hari ini untuk me time ehehehe enggak tahu jam berapa gw mulai me time. Tapi sejujurnya mood gw untuk me time belum terbangun sempurna. Pada akhirnya gw pun merasa bahwa sesungguhnya me time ini hanya jadi kesempatan pengabadian kisah semata. Dari segi permenungan yang ada gw merasa bahwa ini kurang dalam. Yaah namanya manusia... Kadang bisa menjadi sangat reflektif. Kadang juga bisa menjadi sangat tentatif dan relatif. Ehehehe tapi gw sadari bahwa me time hari ini memang sangat singkat. Selesai me time, gw langsung saja update. Selesai dengan semua rangkaian penambahan riwayat dan kisah hidup ini.. Gw pun menyempatkan diri untuk melihat jam di layar Noega. Gw dapati saat ini sudah pukul satu siang ehehehe tidak terasa yaa.. Tapi ini tidak seperti me time biasanya yang bisa habiskan berjam-jam hanya untuk mengetik real entri atau pun membayar hutang entri day by day ehehehe selesai dengan me time, gw mencoba untuk memikirkan apa yang harus gw lakukan untuk mengisi waktu. Pada akhirnya sejenak merenung dan ehehehe entah kenapa gw malah merasa ngantuk. Gw turuti dan akhirnya gw putuskan untuk segera tidur saja ehehehe

Tertidur dan akhirnya kembali terbangun. Hehehe puji Tuhan karena masih boleh bangun dan membuka mata. Jika tidak maka selesailah semua hahahaha.. Entah apa yang gw alami selama berada di alam bawah sadar. Pada akhirnya gw langsung dapati sensasi diri yang segar pikiran dan mood yang baik ehehehe akhirnya begitu gw bangun, gw dapati bahwa untuk saat ini hari sudah sore ehehehe dengan segera gw langsung mengambil Noega. Mencari tahu berapa lama gw tertidur sedari siang tadi ehehehe.. Dari Noega tertera angka 17 ahahaha ternyata cukup lama juga gw tidur. Gw dapati hari berlalu dengan cepat dan akhirnya gw sampai di sore hari ini dengan segera ehehehe setelah bangun, gw mencoba untuk melakukan penyadaran. Memikirkan ada berapa jam waktu kosong lagi yang pada akhirnya harus gw manfaatkan. Sampai akhirnya tercetus ide untuk lalui hari dengan penjelajahan dunia maya. Gw lakukan hal itu karena pada akhirnya gw sama sekali enggak tahu harus lakukan apa ehehehe segera saja kembali nyalakan Hani. Menyambungnya dengan internet dan langsung saja melakukan random browsing ehehehe mencari apa saja yang terlintas di dalam benak pikiran gw. Mulai dari lagu, gambar, sampai dengan aplikasi yang bisa menambah fungsi canggih Noega dan Hani ehehehe dengan segera semua itu gw lakukan dan kembali gw kehilangan kesadaran akan fakta mengenai waktu yang berputar pada sore hari ini hehehehe

Hanya melakukan random browsing. Tanpa terasa, sekilas intip sudut kanan desktop Hani, gw dapati fakta bahwa sekarang sudah pukul sembilan malam. Perasaan gw browsing belum lama, hanya sesaat bermain game online. Tapi kok sudah jam segini saja ya? Ahahaha perasaan gw yang rusak atau memang otak gw yang rusak ya? Enggak punya persepsi yang baik soal waktu ahahahaha pada akhirnya gw ingat kalau besok harus masuk kuliah pagi. Tidur sudahi hari ini sepertinya baik. Tapi sebelum akhirnya gw putuskan untuk tidur, gw coba cek twitter. Sepertinya ada hal menarik nih malam ini.. Akhirnya gw buka dan benar saja, gw dapati update dari Dinda. Tampak sepertinya dia sangat membutuhkan semangat. Dari sana, gw coba untuk pindah ke dalam sms. Pada malam ini akhirnya gw urungkan niat untuk tidur. Akhirnya gw sms Dinda. Harapan gw adalah gw bisa berikan semangat sama Dinda. Akhirnya sms gw kirim dan siapa yang sangka ternyata dibalas. Jadilah selama beberapa jam kami sms-an. Tidak intens karena pending selalu menjadi warna dominan setiap kali sms-an sama Dinda hehehehe obrolannya sih tentang tugas Dinda yang membuatnya harus begadang sampai semalam. Tapi jujur memang perbincangan ini sangat seru. Hanya saja karena pending.. Kami pada akhirnya mengakhiri perbincangan pada sekitar pukul setengah dua belas ehehehe lebih tepatnya gw sih ya ketiduran ahahahaha

Selesai juga ya untuk hari ini ehehehe hari yang kalau boleh gw bilang cukup dominan mellownya. Cukup lama juga kan gw enggak mellow. Selama ini gw mencoba untuk tetap tegar. Tapi ternyata ada saatnya semua benteng pertahanan dan penyangkalan tersebut runtuh luluh lantak. Gw sendiri enggak mengerti dengan apa yang terjadi selama misa tadi. Tapi gw bisa pastikan bahwa semua itu adalah gerakan kuat dari hati. Bukan oleh karena akal budi. Ya memang enggak bisa dibohongi kalau selama gw hidup, gw belum pernah temukan sosok yang bisa benar-benar gw sayangi. Gw cintai dengan sepenuh hati. Entah kebetulan atau memang harga mati, tapi sosok itu adalah Virgine. Jika gw tarik mundur ke bekakang, semuanya memang indah. Semuanya memang begitu penuh dengan kesenangan, keceriaan, dan tentu saja cinta itu sendiri. Tapi untuk saat ini, semua itu tidak lagi terjadi. Semua itu hanya menjadi bagian dari perjalanan hidup gw. Sebuah babak indah yang kino menjadi kenangan yang indah pula. Sekarang semuanya harus diterima. Semua yang terjadi harus disikapi dengan lapang dada. Kalau orang Jawa bilang itu legowo hehehehe.. Ya mungkin memang sekarang tidak ada lagi cinta. Tapi gw merasa bahwa sesungguhnya enggak akan menjadi sebuah hal yang salah kalau memang masih ada keinginan untuk mendoakan. Berdoa harapkan yang terbaik untuk Virgine. Kenapa? Karena sesuai dengan caption yang gw gunakan pada hari ini. Ini cinta. Ini hati dan sekarang ini bertransformasi dalam wujud doa ehehehe sekali-sekali enggak apa deh. Toh kalau buat gw ini hanya terjadi seminggu sekali saja. Itu pun kalau gw ke Gereja. Kalau enggak ya kemungkinan besar enggak akan lakukan ini. Dari pada bingung ingin doakan siapa. Ya kembali ke orang yang lama pun tidak apa. Simple saja pemikiran gw. Karena pikir gw selama masih bisa berbuat baik, sekali pun tidak diperbolehkan atau malah menjadi hal yang salah. Logika tidak bekerja dalam cinta. Itulah kenapa untuk saat ini gw enggak ingin jatuh cinta dulu ehehehe masih banyak pertimbangan dan impian pribadi yang harus gw kejar dan raih serta wujudkan. Untuk saat ini gw mengerti. Hidup itu bukan melulu soal cinta. Jadi gw anggap apa yang terjadi pada hari ini adalah sebuah kesempatan gw untuk semakin bisa berdamai dengan masa lalu dan menjadikannya baik. Untuk masa mendatang ehehehe lalu soal menangis... Enggak tahu ya harus bilang apa. Itu semua bahasa kalbu dari hati. Harus diakui memang cinta itu belum pergi. Tertutup oleh kesibukkan iya gw akui. Tapi pergi, itu sama sekali tidak ehehehe ahh ya sudahlah.. Apa yang ada saat ini lebih baik gw syukuri saja. Toh semua ini tetap baik adanya kan ehehehe terima kasih Tuhan untuk hari ini. Terima kasih untuk hidup yang diperpanjang. Terima kasih untuk segalanya. Untuk cerita, canda, tawa, duka, suka, dan mungkin juga air mata. Untuk kesempatan indah dan luar biasa. Kembali mencinta dalam beberapa jam di hari ini ehehehe terima kasih juga untuk semua orang. Untuk keluarga dan teman-teman yang mungkin hadir pada hari ini. Untuk kebersamaan yang boleh gw rasakan dengan adanya kalian, untuk kejutan malam yang menyenangkan. Ya Dinda ahahaha seru amat kayaknya kita bahas tentang tugas kuliah lu. Habis menarik dan kayaknya gw memang ingin membantu. Karena gw suka kok kalau diminta bantu analisis ehehehe tapi tetap yaa pending jadi warna dominan komunkasi kita ahahaha kecuali gw ganti BlackBerry ahahaha tapi enggak tahu juga sih jaminan apa enggak ahahaha yaa intinya untuk semuanya, untuk kalian semua.. Terima kasih! Kebaikan hari ini tercipta juga karena ada kalian. Kembali ada persinggungan roda kehidupan yang membuat hari ini penuh gesekkan indah penuh makna. Kanvas hidup gw hari ini pun kembali jadi tak biasa karena kalian semua. Senang rasanya bisa mendapatkan kesempatan nikmati hari ini. Terima kasih atas anugerah indah pertama: membuka mata. Karena dari sana semua keindahan hari yang luar biasa ini bisa gw dapatkan. Bukan dari segi aktivitas yang wah. Melainkan kesempatan merenungkan semua kesederhanaan di dalam hidup yang jujur gw sendiri enggak pernah tahu kapan selesainya ehehehe terima kasih yaa! Gamsahabnida! Ehehehe semoga jika gw diberikan lagi hari esok.. Harapan gw optimis akan menjadi lebih baik dari hari ini yaa hehehehe :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar